By PAYFAZZ - December 20, 2020

10 Jenis Barang Jualan yang Wajib Tersedia di Toko Kelontong Kamu

10 Jenis Barang Jualan yang Wajib Tersedia di Toko Kelontong Kamu
  • Share

Toko kelontong biasanya menjajakan barang jualan apa saja alias serba ada untuk kebutuhan sehari-hari. Toko kelontong pun biasanya berada di lokasi yang mudah dijangkau seperti di pinggir jalan raya, area pasar, bahkan di perumahan padat penduduk.

Mengingat barang yang dijual biasanya kebutuhan sehari-hari, tak heran jika membuka usaha toko kelontong masih menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang populer hingga kini.

Selain itu, membuka toko kelontong memang lebih sederhana jika dibandingkan membuka warung makan dan usaha rumahan lainnya. Usaha jenis ini tidak mengharuskan Sobat PAYFAZZ untuk melakukan proses pengolahan terlebih dahulu, namun cukup menjual barang dari produk yang sudah ada.

10 Jenis Barang yang Wajib Ada di Toko Kelontong

Sobat PAYFAZZ ingin membuka toko kelontong di rumah? Tetapi masih bingung barang apa saja yang perlu disediakan? Berikut 10 jenis barang jualan yang wajib tersedia di toko kelontongmu.

  1. Beras

Beras, salah satu barang yang wajib ada di toko kelontong kamu!

Sumber: freepik.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi terutama yang terbuat dari beras. Jualan beras akan berpeluang lebih laku karena untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Bahkan tak jarang masyarakat akan membeli beras dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan dalam beberapa hari atau beberapa minggu ke depan.

Agar jualan beras bisa tambah laris, Sobat bisa siasati dengan menyediakan beberapa jenis beras. Jika sudah mengenal karakter pembeli beras di toko kelontongmu, Sobat bisa menyesuaikan persediaan beras di toko.

  1. Gula

Toko Kelontong kamu juga wajib jual gula lho!

Sumber: freepik.com

Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan sebuah komoditas perdagangan utama. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan guna menyeimbangkan rasa makanan atau minuman.

Oleh karena itu, gula wajib tersedia  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan.

  1. Minyak Goreng

Minyak juga harus ada di toko kelontong kamu Sob!

Sumber: freepik.com

Makanan digoreng atau ditumis masih menjadi salah satu penganan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dinilai lebih sederhana dan hanya memerlukan waktu yang singkat untuk dimasak.

Selain itu, makanan yang digoreng akan terasa lebih renyah dan gurih ketika dimakan sehingga memiliki sensasi makan yang berbeda. Ditambah lagi, budaya memasak di Indonesia masih terbiasa dengan cara digoreng. Meski memasak makanan dengan cara dibakar dan direbus masih umum ditemui.

  1. Bumbu Penyedap Rasa & Tepung Bumbu

Bumbu Dapur, Penyedap Rasa, dan Tepung Bumbu Instan harus ada juga lho!

Sumber: freepik.com

Memasuki era yang serba mudah, penggunaan bumbu penyedap rasa atau tepung bumbu semakin populer. Mengingat jika memasak menggunakan bumbu penyedap rasa, tidak perlu mengupas bumbu dapur, mengulek atau blender untuk kebutuhan masak sehari.

Pun dengan tepung bumbu, tidak perlu lagi mengukur takaran untuk mendapatkan rasa lezat dari penganan gorengan yang sempurna. Maka dari itu, bumbu penyedap rasa dan tepung bumbu menjadi salah satu barang yang wajib tersedia di toko kelontongmu setelah beras, gula, dan minyak goreng.

  1. Perlengkapan Mandi dan Mencuci

Perlengkapan Mandi dan Mencuci harus ada juga Sob.

Sumber: freepik.com

Mandi dan mencuci adalah kegiatan sehari-hari yang membutuhkan perlengkapan tersendiri. Itu sebabnya perlengkapan mandi dan mencuci akan lebih cepat habis karena digunakan setiap hari.

Perlengkapan mandi yang wajib Sobat sediakan adalah sabun, sampo, kondisioner, sikat gigi, pasta gigi, sabun muka, hingga deodoran. Sementara untuk perlengkapan mencuci kamu bisa sediakan sabun cuci piring, sabun cuci baju, pewangi pakaian hingga pembersih pakaian jenis lainnya.

  1. Makanan Ringan

Makanan Ringan, anak-anak pasti datang ke toko kelontongmu!

Sumber: freepik.com

Menyediakan makanan ringan di toko kelontong tentu akan menjadi tempat persinggahan yang sering dikunjungi anak-anak. Nah, kamu bisa sediakan berbagai jenis makanan ringan yang sering dibeli anak-anak seperti permen, wafer, coklat, biskuit, dan makanan ringan lainnya dengan harga terjangkau.

  1. Minuman Ringan

Minuman ringan pasti bikin pembeli datang ke tokomu!

Sumber: freepik.com

Menjual minuman ringan menjadi salah satu alternatif bagi calon pembeli yang ingin minum minuman berasa dengan cara lebih cepat dan sederhana. Sebab, jika mereka harus memasak atau menyeduh terlebih dahulu tentunya akan memerlukan waktu.

Maka menjual minuman ringan seperti teh dalam kemasan, kopi, hingga susu tak hanya memenuhi kebutuhan pembeli tapi juga meramaikan barang daganganmu Sob.

Tak kalah penting, Sobat juga wajib menyediakan air mineral di toko selain minuman berasa. Untuk air mineral, jual dalam berbagai ukuran mulai dari air mineral dalam gelas, botol hingga ukuran galon ya sebab air mineral paling banyak dicari oleh pembeli.

  1. Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga seperti sapu juga harus ada lho

Sumber: freepik.com

Menyediakan perlengkapan rumah tangga seperti sapu ijuk, sapu lidi, pel, ember, sikat cuci, dan barang-barang lainnya dapat  menjadikan toko kelontongmu sebagai toko serba ada.

Menjual perlengkapan rumah tangga sangat berguna terutama bagi pembeli  yang malas pergi ke pasar, terlebih jika pasarnya jauh dari tempat tinggal. 

  1. Keperluan Bayi

Keperluan Bayi juga wajib ada lho!

Sumber: freepik.com

Dalam suatu keluarga di suatu lingkungan biasanya terdapat seorang bayi sehingga toko kelontongmu perlu menyediakan keperluan bayi. Keperluan bayi yang dimaksud adalah popok, sampo bayi, sabun bayi, hingga minyak telon. Selain itu, kamu juga bisa sediakan susu formula mulai dari bayi, balita, hingga anak-anak lho. 

  1. Obat-obatan Ringan

Obat-Obatan generik, harus ada juga di toko kamu!

Sumber: freepik.com

Menyediakan obat-obatan ringan di toko kelontong sangat membantu orang yang membutuhkan pertolongan pertama ketika sakit. Obat-obatan ringan yang bisa kamu sediakan adalah minyak kayu putih, minyak angin, obat penurun demam, obat batuk, obat sakit kepala, obat influenza, koyo, salep atau bedak gatal, dan sebagainya. 

Kenapa obat-obatan ringan wajib tersedia di toko kelontongmu? Karena tidak ada yang tahu kapan seseorang akan menderita sakit sehingga siapapun harus selalu waspada.

Sobat PAYFAZZ ingin membuka toko kelontong di rumah? Yuk mulai dari sekarang dan belanja keperluan toko kelontong di PAYFAZZ Grosir!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *