4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Info dan Tips

Zaman kita SD dulu saat pelajaran kesenian atau PPKN, kita pasti diwajibkan menghafal lagu pahlawan oleh guru. Biasanya, para murid akan disuruh bernyanyi secara individu ataupun berkelompok di depan kelas menggunakan pianika. Kadang-kadang, lagu pahlawan ini juga dipakai lho untuk Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) di sabtu pagi.

Lagu itu diibaratkan sebagai “mesin waktu”, yang bisa membawa suasana seperti saat kita masih kecil. Masa kecil memang masa paling indah dan bikin kita senyum-senyum sendiri kalau mengingatnya kembali, apalagi masa kecil belum memiliki fikiran berat layaknya orang dewasa, sehingga membuat kita akan lebih menikmati hidup dengan teman-teman setiap harinya.

Nah coba deh kamu perhatiin beberapa lagu dibawah ini, siapatau kamu jadi kangen sama masa kecilmu. Penasaran kan lagunya apa aja? Yuk langsung cek artikel dibawah ini ya Sob

Check this Out!

 

Indonesia Raya

4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Nilai sejarah yang dimiliki lagu indonesia raya dapat menjadi panduanmu untuk lebih menghormati lagu pahlawan dari negara sendiri, karena lagu dari Indonesia Raya ini memiliki makna yang cukup dalam atau dengan kata lain menceritakan tentang perjalanan bangsa Indonesia pada zaman dahulu. Nah untuk penciptanya sendiri adalah Wage Rudofl Soepratman, Beliau merupakan seorang sersan dari Batalyon VIII. Dulunya, ia adalah seorang karyawan yang menekuni bidang pergerakan nasional.

 

Bagimu Negeri

4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Sebagai salah satu pencipta lagu bersejarah, Kusbini merupakan sosok dibalik lantunan lagu bagimu negeri ini. Beliau merupakan seorang tokoh musik keroncong yang tenar di zamannya (1930 – 1955). Di awal kariernya, Ia bergabung dengan sebuah grup musik keroncong kenamaan di Surabaya bernama Jitso, sampai akhirnya beliau tampil di suatu acara dan mendapat julukan “buaya keroncong”. Setelah beberapa tahun menjalani karirnya sebagai vokalis, ia pun yakin dan berhasil menciptakan lagu bertema kebangsaan dinamakan bagimu negeri, lagu ini pun fenomenal dan mampu membangkitkan semangat masyarakat Indonesia pada zamannya. “Keren sekali sepertinya sosok Kusbini ini ya Sob?

 

Satu Nusa Satu Bangsa

4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Satu nusa satu bangsa atau yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu ini, memiliki cerita sejarah yang cukup menarik. Isi kandungan dari lagu Ciptaan L. Manik ini sangat kental dengan peristiwa Sumpah Pemuda, dimana ikrar sumpah pemuda saat itu menyatakan, bahwa para pemuda dahulu kala tidak hanya hidup dengan satu bangsa saja, melainkan satu nungsa dan satu bahasa. Menurut beliau (L. Manik), alasan lagu ini diciptakan guna mempersatu semangat kesatuan masyarakat Indonesia pada zaman dahulu.

 

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (Hymne Guru)

4 Lagu Kemerdekaan ini Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Hayo siapa disini yang masih ingat dengan lagu yang satu ini? Lagu yang cukup populer ini sering banget dinyanyikan saat upacara sekolahan. Setuju gak Sob? Oh iya, pencipta lagu ini atau yang lebih dikenal sebagai bapak Sartono juga merupakan seorang tokoh pendongeng dari karakter pak Raden “Si Unyil” lho. Beliau merupakan penduduk asli asal Madiun yang memiliki keahlian sebagai pengajar dalam bidang seni dan musik, karena bakat inilah beliau menciptakan lagu hymne guru yang kepopulerannya terus bertahan sampai saat ini.

Nah itulah beberapa lagu bersejarah yang bisa menyemangati kamu di hari Kemerdekaan. Semua lagu ini harus terus dijaga keberadaannya, agar nanti adik-adik kita kelak bisa terus menyanyikannya dan tentunya jangan sampai tergerus usia. Oh ya, supaya bisa sambil kangen-kangenan, kamu coba browsing deh beberapa lagu di atas lewat hape-mu. Selamat hari Kemerdekaan Sob!

 

Shares
Share This