5 Manfaat Penanaman Pohon di Lingkungan Sekitar

5 Manfaat Penanaman Pohon di Lingkungan Sekitar

Info dan Tips

Hi Sobat!

Bagaimana nih dengan program dan promo yang ada di #SuperNovember? Seru-seru banget kan?!

Nah buat kamu yang udah ikutan, semoga keuntungan bisa berakhir di kamu ya.

Oh ya, karena di bulan November ini banyak hari penting, salah satunya Hari Pohon Sedunia, maka dari itu Mimin mau membahas sedikit nih tentang pentingnya menanam pohon.

Buat kamu yang tinggal di perkotaan, seperti di Ibukota, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya polusi.

Penyebab timbulnya polusi sendiri dikarenakan banyaknya gas karbon monoksida yang terbuang dari kendaraan bermotor.

Bayangkan saja, setiap satu kendaraan bermotor yang menyala itu menghasilkan zat adiktif (emisi gas buang) sekitar 9 ml atau setara dengan 2 bungkus asap rokok. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi manusia yang menghirupnya.

Sayangnya, demi kelancaran pembangunan infrastruktur di Ibukota, pepohonan yang di pinggir jalan pun perlahan ditebang oleh pihak kontraktor. Sebenarnya penanaman pohon itu termasuk hal yang penting dilakukan, selain memperlancar penyerapan air ke dalam tanah, juga bisa mencegah tersumbatnya saluran air/selokan.

Namun, bukan berarti menanam itu langsung dengan pohon yang besar. Cukup bibitnya saja dulu, supaya bisa berkembang dengan sendirinya. Oke yuk saatnya kita bahas manfaat dari penanaman pohon ini. Cek artikel sampai bawah ya.

 

Menghasilkan Oksigen untuk Bernafas

Hayo ada yang tahu gak fungsi utama dari pohon itu apa? Yap, benar sekali. Pohon berfungsi menghasilkan oksigen yang membantu kelancaran pernafasan pada manusia. Kamu pernah gak kalau lagi jalan kaki, terus cuaca lagi terik banget dan kamu berteduh sementara di bawah pohon? Hmm, kalau Mimin sih sudah pasti pernah dong. Rasanya itu adem dan kadang bikin ngantuk, karena angin sejuk akan berhembus di sekitar pepohonan.

 

Menyerap Karbon Monoksida

Selain menghasilkan oksigen untuk membantu manusia bernafas, manfaat dari pohon juga membantu menyerap zat karbon monoksida atau lebih tepatnya asap kendaraan bermotor. Menurut data dari peneliti Indonesia Palm Oil Association, untuk menyerap zat CO (karbon monoksida) dibutuhkan 96 batang pohon yang bisa dihasilkan oleh satu orang dalam kurun waktu satu tahun. Tak cuma itu, pohon juga membantu menyerap gas polutan (pabrik) serta menyaring udara kotor.

 

Melindungi Tempat Tinggal Satwa

Kamu pasti pernah dong mendengar berita hewan yang kabur hingga ke perumahan tanpa disengaja? Nah hal tersebut bisa terjadi karena para hewan kehilangan tempat tinggalnya (di hutan). Sehingga menyebabkan mereka mencari makan sampai ke pemukiman warga.

Menurut data dari Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), sebanyak 732 spesies satwa telah punah. Untuk itu, dengan kamu menanam pohon, secara perlahan kamu sudah ikut membantu mengembalikan ekosistem untuk para hewan satwa yang tinggal di lingkungan sekitar.

 

Sumber Makanan

Berbagai macam pohon seperti buah-buahan dan sayur-sayuran tidak dapat hanya tumbuh di pekarangan hutan saja, namun bisa juga di lingkungan rumah (perkotaan). Untuk membuktikannya, cukup taburkan saja bibit tanaman ke dalam tanah yang sudah dilubangi minimal 1 meter, kemudian siramlah dengan air dan berilah pupuk.

Hal ini sudah cukup membantu menumbuhkan akar dalam bibit pohon tersebut. Berani untuk mencoba?

Selain membuat halaman rumah menjadi asri, jika saja kamu berhasil menumbuhkan pohon tersebut sampai terlihat buahnya, maka kamu tak perlu repot-repot lagi deh untuk mencari buah di pasar buah. Cukup petik saja deh di depan rumah, pasti lebih nikmat.

 

Tempat Menyimpan Air

Kamu tahu gak kenapa pohon bisa menjadi tempat penyimpanan air? Karena saat hujan turun, air pasti akan masuk ke dalam tanah. Dalam proses ini, pohon akan menyerap air tersebut, kemudian menyimpan air-nya melalui akar-akar pohon.

Jika tidak ada pohon di sekitar lingkunganmu, maka sumber penyerapan pun akan terhambat. Sehingga air akan terbuang begitu saja ke selokan dan tanah di rumah kamu tidak akan mempunyai stok cadangan air. Sayang sekali kan?

 

Nah sekarang kamu sudah paham kan dengan manfaat penanaman pohon yang sebenarnya? Untuk itu yuk kita bantu lestarikan lingkungan dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya.

Oh ya jangan lupa, supaya kamu bisa mahir dalam menanam pohon. Kamu bisa browsing caranya di Internet. Tetapi sebelum itu beli dulu paket datanya, biar browsingnya semakin lancar.

Shares
Share This