5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Info dan Tips

Hi Sob. Apakah kamu tahu batik itu apa?

Batik merupakan suatu kain yang dibuat secara khusus dengan membentuk suatu pola (motif) tertentu dan memiliki arti didalamnya. Nah pada proses pengolahannya nanti, motif batik akan dibuat sesuai dengan khas dari masing-masing daerah, sebut saja batik Sidomukti berasal dari kota Solo.

Batik yang dikenal sebagai warisan budaya khas Indonesia telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Bentuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangiable Heritage of Humanity) semenjak tanggal 2 Oktober 2009 silam.

Mungkin selama ini kamu menganggap batik itu hanya dari Jawa saja, benar nggak Sob? Tetapi sebetulnya tidak, karena batik juga banyak dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan hingga Papua.

Agar pemahaman kamu tentang batik lebih luas, yuk langsung saja perhatikan 5 motif batik Indonesia yang sudah mendunia dibawah ini ya.

 

Motif Batik Bengkulu

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Ternyata daerah Sumatera memiliki banyak keberagaman banget nih Sob dari soal Batik. Ada salah satu motif batik yang cukup indah motifnya, yakni asal Bengkulu. Batik ini dinamakan Besurek yang memiliki arti keislaman pada adat istiadat budaya Bengkulu. Motif yang ditanamkan pada kain ini memiliki dominan huruf arab serta dipadupadankan dengan bunga Raflesia Arnoldi. Menarik sekali kan Sob?

 

Motif Batik Aceh

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Daerah yang sempat menjadi saksi sejarah dalam peradaban negara Islam di tahun 1530 SM ini ternyata memiliki batik yang tak kalah menariknya lho Sob. Motif batik dari Aceh terkenal akan unsur alam dan budaya pada perpaduan warna cerah yang dominan seperti merah, kuning, merah muda, hijau, serta oranye. Sebab itulah mengapa batik dari bumi Serambi Mekah ini menjadi unik dan terkesan glamor. Beberapa motif batik Aceh yang masih bisa ditemukan saat ini diantaranya: bunga jeumpa, awan meucanek, serta gayo. Tertarik untuk membelinya Sob?

 

Motif Batik Solo

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Kota yang berada di jawa tengah dan terkenal akan destinasi menariknya ini ternyata mempunyai batik yang khas dengan kearifan lokalnya juga lho. Bila kamu berkunjung ke kota Surakarta Hadiningrat (Solo), kamu bisa membeli sekaligus mengenali batik yang terkenal di kota tersebut. Beberapa batik terkenal diantaranya: Solo jenis Parang, Barong hingga Kawung. Masing-masing dari motif batik tersebut juga memiliki makna yang berbeda. Contohnya batik Parang mempunyai makna yang menggambarkan garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Rata-rata batik dari kota Solo ini memberikan arti semangat yang tidak akan pernah padam.

 

Motif Batik Bali

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Siapa yang pernah liburan ke Bali?

Apa hal pertama yang terlintas di benakmu setelah mendengar kata Bali? Sudah pasti pariwisatanya. Setuju nggak?

Tahukah kalian jika di kota Bali juga memiliki kain batik dengan motif yang cukup terkenal. Kain batik asal Bali seringkali digunakan untuk aktivitas yang berbau upacara adat serta ritual keagamaan masyarakat Bali.

Ciri khas yang dimiliki pada kain batik ini ada pada motifnya yang tradisional dan bercampur dengan motif modern seperti lambang rusa, burung bangau, kura-kura sampai naga.

Jika kalian berkunjung atau mempunyai rencana untuk berlibur ke Bali, tidak ada salahnya membeli batik khas daerah untuk dijadikan oleh-oleh keluarga tercinta di rumah.  

 

Motif Batik Pekalongan

5 Motif Batik Mendunia Milik Indonesia ini Bisa Bikin Kamu Tampil Lebih Keren!

Yeay, akhirnya kita sampai ke motif batik yang terakhir. Kalau dilihat dari judul diatas, pasti kalian sudah mengenalnya dong, betul tidak?

Nah di barisan terakhir ini, kita akan bahas batik khas Pekalongan. Batik yang juga berasal dari daerah Jawa Tengah ini juga terkenal akan motifnya yang indah dan menarik dipandang. Salah satunya yang terkenal adalah Batik Jlamprang.

Batik Jlamprang mempunyai motif yang persis dengan batik nitik khas Yogyakarta, hanya saja motifnya terinspirasi dari motif batik uang yang dipakai oleh para pedagang dari Gujarat, India.

Oh ya, batik uang ini merupakan tenunan sutra yang dibuat menjadi kain dengan teknik dobel (patola). Berkat kehadiran batik uang inilah batik pekalongan tercipta, hingga saat ini banyak masyarakat pekalongan yang sudah mengadopsi teknik dobel (patola) ini untuk pembuatan batik khas daerah mereka.

Jadi begitulah sedikit ulasan mengenai motif batik Indonesia yang sudah mendunia. Apakah kamu tertarik untuk membeli salah satunya?

Yah, kalau mimin sih sudah pasti tertarik untuk membelinya nih Sobat. Kalau kamu masih kepo dengan batik yang lainnya, jangan lupa di browsing dulu, biar nanti kamu nggak bingung deh milihnya. Selamat hari Batik!

 

Shares
Share This