5 Trik Membuat Hidup Jadi Lebih Hemat di Hari Pelanggan

5 Tips Hemat untuk Pengeluaran Bulanan

Info dan Tips

Kecanggihan teknologi yang kerap menjadi media alternatif untuk sebagian orang dalam menjalankan bisnis tentu tidak akan pernah berhenti prosesnya. Seiring dengan kebutuhan hidup yang terus berjalan akan memacu diri sendiri untuk tetap berfikir kreatif, sehingga kamu dapat terus produktif.

Kemudahan teknologi yang diberikan bukan berarti sepenuhnya menguntungkan, baik itu untuk produsen ataupun calon konsumennya. Adanya ketidakmampuan ekonomi dari setiap konsumen, tentu akan menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan saat harga kebutuhan pokok semakin naik setiap tahunnya.

Untuk itu, perlu adanya pengendalian pengeluaran dari masing-masing orang nih Sob. Pengendalian pengeluaran dapat dimulai dari diri kita sendiri. Pengendalian diri ini tidak hanya bertujuan untuk mengatur nafsu lapar mata, namun juga mengatur masa depan yang sebetulnya sangat penting untuk masing-masing orang.

Lalu, bagaimana cara melakukan pengendalian diri tersebut? Hidup berhemat menjadi solusi yang dapat kamu jalani. Mau tahu kelanjutannya? Yuk simak artikel ini sampai bawah ya.

 

Utamakan Prioritas

Hal ini merupakan salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaranmu setiap bulan. Pastikan kamu mendahulukan kebutuhan di atas keinginan. Jadwalkan agenda belanja dengan daftar yang pasti setiap bulan. Suatu keinginan pribadi pasti akan timbul, apalagi ketika tanggal muda (tanggal gajian) seolah mata tak akan tahan dengan barang bagus yang terpajang di setiap sisi mall. Adanya prioritas untuk pengeluaran maka akan memberikan kendali diri atas lapar mata. Lupakan sejenak kebutuhan yang sifatnya hanya sementara ya Sob!

 

Pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan

Apakah kamu merasa pengeluaranmu dalam sebulan tergolong kecil? Kalau begitu, maka bersyukurlah. Dalam sebulan pasti ada saja kebutuhan mendesak, dan saat inilah kamu akan membutuhkan dana yang mungkin tidak sedikit jumlahnya, maka dari itu pastikan juga pengeluaran kamu sebisa mungkin lebih kecil daripada pemasukan agar bisa mengantisipasi hal yang tidak terduga.

Menurut Rudiyanto Zh, selaku direktur Panin Asset Management mengungkapkan bahwa pengeluaran hidup dapat dibagi dalam 4 aspek besar seperti 10% untuk kebaikan (beramal), 20% tabungan (masa depan), 40% kehidupan (sehari-hari) dan sisanya 30% untuk cicilan (jika mencicil suatu barang). Alasan mengapa kamu harus menyisakan lebih besar untuk kehidupan sehari hari adalah untuk menjaga jika ada kebutuhan mendesak yang kita tidak akan tahu kapan datangnya. Jadi, intinya lebih baik dipersiapkan saja sejak dini ya Sobat.

 

Jagalah Kesehatan Anda

Hal lain yang tak kalah lebih penting dalam hidup hemat adalah dengan menjaga kesehatan. Mengapa? Karena orang yang sakit tentu saja akan membutuhkan pengeluaran yang lebih untuk biaya pengobatan, belum lagi kalau sampai dirawat di rumah sakit tanpa BPJS, tentu dana yang dibutuhkan pasti akan lebih besar. Lalu, apakah kamu siap dengan hal ini? Cara termudah untuk mengantisipasinya adalah dengan menjaga kesehatan, seperti rajin berolahraga ataupun makan yang teratur, dapat menjadi solusi cepat yang bisa dipilih.

 

Bijaklah dalam Berbelanja

Berbelanja, menjadi kegiatan yang mungkin sangat menarik bagi kita apalagi ketika akhir bulan, dimana stok barang pokok di rumah sudah semakin menipis. Nah dalam hal ini tentu kita juga harus ambil langkah yang bijak, guna mencegah pengeluaran yang terjadi diluar kendali kita (boros). Langkah terbaik yang mesti dilakukan adalah dengan memangkas biaya pengeluaran belanjamu setiap bulan (belanja yang penting saja) sehingga dana yang kita miliki pun tak akan terbuang begitu saja. Setuju gak Sob?

 

Membawa bekal sendiri jika kamu kerja kantoran

Hal yang terakhir ini mungkin saja dilakukan oleh sebagian orang, namun tidak semuanya, khususnya para pekerja atau anak sekolah yang mungkin sedang menjalani aktivitas sehari-harinya dan membutuhkan asupan untuk menjaga kondisi badan agar tetap terjaga. Contohnya seperti saat jam makan siang, jika kamu berniat untuk lebih berhemat, maka ada baiknya kamu bisa membawa bekal dari rumah atau dengan kata lain, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk makan siang. Tentu hal ini akan jauh lebih hemat bukan?

Nah jadi itulah beberapa tips hidup berhemat yang mungkin dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan menjalani hidup hemat tentu akan membuat pengeluaran hidup kita tetap terkontrol dan mewujudkan bisnis impian bukan lagi sekedar mimpi belaka. Menarik sekali kan? Yuk segera tingkatkan penghasilanmu dengan jadi Agen PAYFAZZ!

 

Shares
Share This