By Ihsan Ihsan - July 21, 2021

Begini Cara Agar Kuota Internet Tidak Boros

Begini Cara Agar Kuota Internet Tidak Boros
  • Share

Semakin canggih hp, biasanya akan semakin boros juga data yang digunakan. Hal itu karena banyaknya aplikasi yang diinstal, durasi pakai juga mempengaruhi. Belum lagi bermain di media sosial sudah jadi kebiasaan yang tak bisa dilepaskan dalam keseharian.

Hal itu membuat kita harus menghabiskan puluhan giga kuota. Meski banyak sekali paket internet murah yang ditawarkan operator, tapi bukan berarti kamu harus terus-terusan boros pemakaian data. Sebaiknya kalian mulai menyiasati agar pengeluaran untuk membeli kuota tidak membludak tiap bulannya. Berikut ini adalah beberapa cara agar kuota internet kamu tidak boros.

Jangan menyalakan data 24 jam sehari

Kalian punya kebiasaan terus menyalakan data selama 24 jam? Sebaiknya mulai sekarang kalian ubah kebiasaan tersebut. Saat kalian tidak perlu menggunakan hp, misalnya saat jam tidur, sebaiknya kalian matikan data. Hal itu karena beberapa aplikasi ada yang masih aktif dan berjalan tanpa kamu sadari. Itulah salah satu yang bikin kuota kamu jadi boros, meski kamu sedang tidak menggunakan hp.

Aktifkan penggunaan data

Kadang menggunakan hp memang membuat kita lupa diri. Apalagi jika kalian menggunakan Paket Telkomsel yang sudah mendukung 5G. Saking asiknya, kita tidak sadar jika sudah menggunakan kuota secara berlebihan. Nah, sebagai pengingat, kamu bisa mengaktifkan usage warning dan limit system yang built-in, sehingga kamu akan dapat pemberitahuan jika pemakaian data sudah kelewat batas. Cara mengaktifkannya sendiri adalah dengan masuk ke pengaturan, kemudian pilih data usage, lanjutkan ke cellular data dan set cellular data limit.

Jangan update aplikasi kecuali terhubung dengan wifi

Terkadang ada aplikasi yang selalu update tanpa kita sadari. Sebaiknya kamu pastikan jika setting update otomatis sudah off ya. Karena update aplikasi merupakan salah satu yang membutuhkan banyak data, terlebih jika tak hanya satu dua aplikasi yang butuh diupdate. Berapa banyak kuota yang kamu butuhkan?

Gunakan browser yang hemat data

Aplikasi browser adalah salah satu yang wajib di install pada hp. Kalian juga harus cermat dalam memilih aplikasi, sebaiknya gunakan browser yang lebih efisien. Menggunakan browser yang tepat juga terbukti bisa menghemat kuota. Beberapa contoh browser yang dapat menghemat data kamu adalah Opera Mini.

Itulah beberapa tips agar kuota kalian tidak boros. Jangan lupa sering cek sisa kuota yang kalian miliki ya, kalian juga bisa menggunakan Payfazz untuk pembelian pulsa dan paket data anti ribet.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *