Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Info dan Tips

Sebagian orang biasanya akan berlibur ke kampung halaman menjelang libur Lebaran tiba. Hal ini menjadi tradisi unik masyarakat Tanah Air setiap tahunnya. Ada juga sebagian orang yang tidak melakukan mudik, sebab mereka tidak memiliki kampung halaman.

Sebenarnya tradisi mudik sudah ada sejak zaman dahulu lho. Namun istilah mudik Lebaran baru berkembang sekitar tahun 1970-an. Saat itu Jakarta sebagai ibukota Indonesia tampil sebagai satu-satunya kota yang mengalami perkembangan signifikan.

Lebih dari 80 persen para urbanis (penduduk daerah) datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Bagi mereka yang sudah bekerja, biasanya hanya mendapat libur panjang saat Lebaran saja. Momentum inilah yang dimanfaatkan banyak orang untuk hilir mudik ke kampung halaman tercinta.

Namun, bagaimana jadinya jika mudik batal dilakukan? Berikut adalah 5 aktivitas yang bisa kamu lakukan saat batal mudik. Yuk simak selengkapnya dibawah ini ya.

 

Berburu perang Great Sale

Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Mungkin sebagian dari kalian pasti telah mulai berburu diskon sejak awal bulan Ramadan, atau semenjak THR turun ke tangan. Mengingat beberapa great sale (diskon besar-besaran) ini terjadi hanya di bulan Ramadan, banyak sekali orang yang memanfaatkannya untuk berbelanja dalam jumlah yang besar. Kebutuhan akan item fashion terbilang meningkat setiap tahunnya, terlebih saat Ramadan tiba. Diskon great sale sudah bisa dijangkau di 2 tempat, yakni toko online dan toko offline (retailer).

 

Nongkrong asyik di cafe

Sekedar nongkrong atau ngopi di cafe mungkin sudah jadi hal yang biasa dilakukan saat weekend. Tapi pasti dong ada beberapa cafe yang sudah lama ingin kamu kunjungi namun tak kunjung kesampaian karena selalu penuh dan waiting list terlebih dahulu. Nah, saat libur Lebaran seperti sekarang ini bisa jadi momentum yang tepat untuk bisa cobain cafe yang sudah sedari dulu kamu incar tersebut.

Bagi kamu yang di Jakarta, ada rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi yaitu Pingoo Restaurant yang letaknya di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Selain nyaman tempatnya, kamu juga bisa makan sambil dikelilingi penguin yang sedang bermain. Cukup asyik kan..

 

Menikmati udara segar dengan berolahraga

Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Berolahraga bersama tetangga sekitar yang tidak mudik bisa jadi suatu hal positif yang bisa dilakukan. Selain bisa bersenda gurau bersama, udara segar pun bisa kamu rasakan, mengingat pengguna kendaraan banyak yang pulang kampung jadi terbebas dari polusi. Dengan melakukan jogging atau bersepeda di perkotaan tentu akan memberikan pengalaman tersendiri yang akan membuat libur Lebaran kamu semakin lengkap dan menyenangkan.

 

Staycation bersama keluarga yang tidak mudik

Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Staycation (berlibur di wilayah tempat kamu tinggal) merupakan salah satu alternatif menikmati libur Lebaran bersama keluarga, contohnya menginap di hotel yang terdapat di pusat kota. Selain bisa memboyong sanak keluarga dan menjadi turis di kota sendiri tidak kalah serunya dengan mudik. Kamu bisa memilih hotel yang terletak di pusat kota, agar bisa menikmati kuliner khas dan jalan-jalan sambil menikmati kota yang damai dan lenggang. Eits, tapi jangan lupa pilih hotel yang ada promonya ya! Jangan sampai dompet kamu yang menipis nanti.. xixi

 

Membersihkan Lingkungan Rumah

Batal Mudik? Berikut 5 Hal yang bisa dilakukan di Tanah Rantau

Kegiatan yang satu ini juga tak kalah menariknya Sobat. Membersihkan rumah menjadi momentum yang tepat jika kamu ingin sejenak bermalas-malasan untuk keluar rumah. Sebelum kamu memulai bersih-bersih rumah, ada baiknya membuat list pekerjaan terlebih dahulu, agar tugas rumah jadi terarah dan mendetail.

Namun jika kamu tak punya banyak waktu, kamu bisa membaginya per-hari dengan menuliskan kegiatannya secara rinci. Kemudian, setelah selesai mengerjakan, kamu bisa memberikan check list agar menambah semangat dalam mengerjakan tugas rumah tersebut.

Mudik ke kampung halaman memang menjadi kenangan tersendiri bagi yang melakukannya, selain bertemu dengan keluarga yang jauh disana, kamu juga bisa menikmati pemandangan pedesaan yang cukup indah di pandang mata.

Bagi kamu yang belum diberi kesempatan untuk kembali ke kampung halaman, kamu bisa telepon keluarga kamu dengan mengisi pulsanya dahulu, agar komunikasi jarak jauh jadi makin lancar dengan aplikasi keuangan PAYFAZZ.

Shares
Share This