Bersatu Membangun Banten dan Pesisir Lampung Kembali

Bersatu Membangun Banten dan Pesisir Lampung Kembali

Masih kuat di ingatan kita peristiwa gempa pada 28 September 2018 yang meluluhlantakkan Palu dan Donggala. Gempa berkekuatan 5 – 7,4 SR menggoyangkan bumi kota Palu dan Donggala, Sulawesi Selatan.

Tak lama dari peristiwa tersebut, Gempa dan Tsunami melanda Banten dan Pesisir Lampung.

Tsunami menyerang Pantai Anyer, Banten pada Sabtu malam 22 Desember 2018 pukul 21.15 WIB. Menurut data dari Kumparan.com, di beberapa daerah yang juga berdekatan dengan Selat Sunda terkena imbas dari fenomena tsunami.

Diantaranya adalah berikut,

Serang tercatat terkena dampak pukul 21.27 WIB ketinggian 0.9 m.

Banten tercatat pukul 21.33 WIB ketinggian 0.35 m.

Kota Agung Lampung tercatat pukul 21.35 WIB ketinggian 0.36 m.

Pelabuhan Panjang Lampung tercatat pukul 21.53 WIB ketinggian 0.28 m.

Berbeda dengan bencana Tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2014 silam, bencana tsunami yang terjadi di Banten dan pesisir Lampung kali ini tidak diawali dengan gempa. Tsunami yang terjadi muncul akibat erupsi gunung Anak Krakatau.

Ibarat air kolam yang tenang lalu dituang dengan cairan kental secara cepat, maka akan menimbulkan gelombang sehingga mencapai pinggiran kolam.

Lelehan erupsi gunung Anak Krakatau tersebut diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan pemicu timbulnya gelombang tinggi yang mencapai daratan / pesisir pantai.

—-

Bencana tersebut menelan korban sebanyak 437 jiwa (data dari CNBC Indonesia), sementara itu menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 4.075 orang mengalami luka-luka, 10 orang dinyatakan masih hilang, kemudian 36.923 masih berada dalam pengungsian.

Berbagai macam bantuan berdatangan untuk meringankan beban saudara – saudara kita yang berada di Banten dan Pesisir Lampung. Bencana ini terus mengajak banyak pihak untuk mengulurkan tangan sebagai bentuk solidaritas bangsa.

Bersatu Membangun Banten dan Pesisir Lampung Kembali

PAYFAZZ pun turut memberikan bantuan untuk meringankan beban mereka. PAYFAZZ turut memberikan 100 buah alas tidur dan 100 selimut. Melalui bantuan Aksi Cepat Tanggap (ACT), PAYFAZZ menyalurkan bantuan tersebut.

PAYFAZZ berharap dengan bantuan yang telah disalurkan dapat berguna dan membantu meringankan beban para korban tsunami Banten dan Pesisir Lampung.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

Related Article

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!