By PAYFAZZ - October 20, 2020

Simak Cara Bedakan Antara Penipuan Atau Bukan Agar Tak Tertipu Berikut Ini!

Bedakan Penipuan dengan Ketahui Ciri-Cirinya Berikut Ini!
  • Share

Sobat PAYFAZZ, penipuan bisa menimpa siapa saja terutama saat kita sedang lengah dan tidak waspada. Apalagi saat ini banyak kasus penipuan secara online oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang marak terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, kemampuan untuk bedakan penipuan atau bukan itu sangat penting Sob.

Untuk dapat membedakan kasus penipuan atau bukan, kamu harus mengetahui dan mengenali ciri-ciri dari jenis penipuan tersebut. Yuk simak ciri-cirinya berikut ini!

Ciri-Ciri Penipuan Online lewat Media Sosial

Salah satu jalur yang paling sering digunakan oleh penipu adalah melalui media sosial terutama Instagram. Dan sayangnya, masih banyak juga masyarakat yang tertipu oleh akun media sosial palsu Sob.

Nah, tindakan utama sekaligus paling penting yaitu kamu harus bisa bedakan penipuan dari media sosial dengan tahu mana akun yang resmi dan mana akun yang tidak resmi dan palsu.

Begini ciri-ciri akun medsos palsu:

  • Tidak ada centang biru pada akun. Centang biru artinya akun tersebut asli dan sudah terverifikasi oleh pihak media sosial itu sendiri.
  • Memiliki embel-embel lain pada username akun. Contoh: payfazzindonesiah, officialpayfazz, payfazzjabar, payfazzid, cspayfazz, dst. (padahal akun resmi PAYFAZZ cuma @payfazz saja tanpa ada embel-embel lain).
  • Mem-folllow akun lain yang tidak resmi atau akun pengguna lainnya.
  • Mengunggah ulang semua postingan dari akun resmi supaya terlihat “asli” padahal tetap palsu.

Gambar 1. Contoh akun palsu yang mengatasnamakan PAYFAZZ dan mengunggah kembali semua informasi yang ada di akun resmi @payfazz.
  • Mengirim Direct Message ke akun lain dan memberikan nomor WhatsApp untuk menawarkan penanganan kendala.

Gambar 2. Akun palsu yang secara sukarela menawarkan bantuan untuk mengatasi kendala melalui DM Instagram. 

Bedakan Penipuan dengan Ketahui Ciri-Cirinya Berikut Ini!

Gambar 3. Contoh percakapan dengan akun palsu yang meminta password akun dengan alasan validasi data.
  • Meminta untuk dikirimkan sejumlah uang dengan alasan tertentu, contohnya melakukan isi deposit melalui akun tersebut. Jalur resmi untuk isi deposit PAYFAZZ adalah melalui metode yang tersedia di dalam aplikasi saja.
  • Mengancam akan membekukan/menonaktifkan akun jika permintaan tidak dituruti.

Akun media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube) milik PAYFAZZ yang resmi yaitu hanya @payfazz saja Sob. Jika kamu menemukan akun lain, maka perlu kamu waspadai dan kenali ciri-ciri dari akun palsu di atas ya. 

Baca juga: Lindungi Akun PAYFAZZmu dengan Tips Berikut!

Ciri-Ciri Penipuan dengan Mengaku Sebagai Customer Service

Terkadang saat bertransaksi di aplikasi kamu mengalami kendala yang ingin segera ditangani. Segala cara dilakukan, termasuk menghubungi akun dan jalur palsu yang mengaku sebagai CS PAYFAZZ agar kendala dapat segera ditangani. Berikut adalah contoh yang mengaku sebagai CS PAYFAZZ:

Bedakan Penipuan dengan Ketahui Ciri-Cirinya Berikut Ini! Bedakan Penipuan dengan Ketahui Ciri-Cirinya Berikut Ini!

Gambar 4, 5, 6. Contoh akun Instagram dan nomor telepon yang mengaku sebagai Customer Service PAYFAZZ.

Ciri pertama dari bentuk penipuan ini adalah pelaku secara sukarela menghubungi korban melalui jalur di luar jalur resmi dari Customer Service yang ditiru.

Jalur Customer Service di manapun pada umumnya tidak menawarkan bantuan jika pengguna tidak mengalami kendala. Customer Service yang resmi juga tidak akan menghubungi pengguna melalui jalur lain, misalnya melalui:

  • WhatsApp/SMS dengan nomor telepon biasa;
  • e-mail dengan akhiran gmail.com, yahoo.com, dan sebagainya; serta
  • akun media sosial palsu.

Ciri kedua, CS palsu akan meminta kamu untuk melakukan instruksi yang diberikan. Hal ini sangat berbahaya karena CS palsu bisa menghipnotis kamu dikarenakan sedang lengah, panik, dan tergesa-gesa ingin kendala segera ditangani.

Contohnya meminta kamu untuk memberikan password, Kode OTP, bahkan menuntun kamu pergi ke mesin ATM untuk mengirimkan sejumlah uang agar kendala dapat ditangani.

Agar hal mengerikan tersebut tidak terjadi, kamu WAJIB lakukan langkah berikut:

  • Tidak panik dan tergesa-gesa. Kepanikan akan membuat kamu tidak berpikir jernih dan mengingat bahwa terdapat jalur CS Resmi untuk mengatasi kendala.
  • Sebisa mungkin tidak melaporkan kendala melalui media sosial. Hal ini untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh pihak yang mengaku sebagai CS kami.
  • Gunakan Fitur Hubungi Kami/Kontak CS di dalam aplikasi sebagai pertolongan pertama dan juga yang aman untuk atasi kendala apapun.
  • Jika tidak dapat membuka aplikasi, laporkan kendala yang dialami langsung ke e-mail resmi yaitu cs@payfazz.com atau call centre resmi yaitu 021 5011 2000 setiap harinya mulai pukul 6.00 – 24.00 WIB.
  • Harap hargai staf Customer Service kami dengan bersabar dan menunggu hingga kendala selesai ditangani.

PENTING! PAYFAZZ tidak bertanggung jawab atas segala tindak kejahatan yang terjadi akibat dari pelaporan melalui jalur PAYFAZZ yang tidak resmi/palsu (atau jalur lain selain jalur yang dicantumkan di atas).

Ciri-Ciri Penipuan dengan Modus Hadiah

Siapa yang tidak senang jika mendapat kabar bahwa kamu mendapatkan hadiah uang Rp100 juta? Tapi, cek dulu ya apakah kamu sudah mengikuti lomba atau program undian atau belum Sob. Kalau belum, berarti itu adalah penipuan dan juga terlalu indah untuk menjadi kenyataan!

Bedakan Penipuan dengan Ketahui Ciri-Cirinya Berikut Ini!Gambar 7. Contoh penipuan bermodus hadiah melalui SMS.

Ciri-ciri dari penipuan bermodus hadiah ini adalah mengiming-imingi korban dengan hadiah yang menggiurkan lalu meminta korban mengirimkan uang untuk menebusnya. Biasanya karena tergiur hadiah, korban secara sukarela mengirimkan uang tebusan tersebut. Aduh!

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi pada kamu dan bisa bedakan penipuan bemodus hadiah, lakukan langkah berikut:

  • Waspada yang utama, senang nanti dulu.

Segera cek dan ingat apakah baru-baru ini Sobat mengikuti giveaway, kuis, dan program undian atau tidak. Jika iya, segera cek ke pihak penyedia melalui jalur resmi dan jika tidak, abaikan!

  • Selalu cek kebenaran informasinya di media sosial atau CS resmi.

Biasanya, pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dari program kuis, giveaway, atau program undian akan diinformasikan secara serentak melalui akun media sosial, situs, dan jalur CS yang resmi. Jika kamu belum yakin, segera hubungi pihak terkait melalui jalur yang resmi ya! 

  • Pemenang resmi akan dikenakan pajak hadiah.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pihak penyedia kuis akan memberikan pernyataan bahwa pajak hadiah ditanggung pemenang. Pada tahap ini, pastikan bahwa kamu telah berkoordinasi dengan CS Resmi untuk menanggung pajak hadiahnya ya!

Intinya Sob, jangan mudah percaya dan senang jika kamu mendapat pengumuman telah memenangkan hadiah ya. Jika tidak mengecek kebenaran informasinya, bukannya hadiah malah apes yang didapat!

Kemampuan untuk bedakan penipuan dengan yang bukan memang dapat mencegah segala tindak penipuan Sob. Kami juga berharap Sobat PAYFAZZ bisa selalu waspada, berhati-hati, tidak lengah, dan sadar terhadap semua hal yang dilakukan dalam kondisi apapun ya.

Karena pencegahan penipuan itu dimulai dari diri kamu sendiri.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *