PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Begini Caranya Memakai Rice Cooker Agar Hemat Listrik

By Ihsan Ihsan - July 31, 2021
Begini Caranya Memakai Rice Cooker Agar Hemat Listrik

Zaman sekarang sepertinya sudah jarang memasak nasi menggunakan panci. Hal itu berkat keberadaan Rice Cooker. Selain harganya cukup terjangkau, memasak menggunakan penanak nasi memang terbilang sangat praktis. Kita bahkan tidak perlu repot menunggui hingga nasi matang dan memindahkannya ke tempat lain.

Yang jadi masalah adalah, kenyataan bahwa rice cooker adalah salah satu alat elektronik yang sangat boros energi. Jika kalian selalu menggunakan penanak saat masak, kalian juga harus ikhlas menerima kenyataan bahwa tagihan listrik bulanan akan meningkat. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu dengan beberapa tips di bawah ini.

Pilihlah rice cooker sesuai kebutuhan

Harus dibedakan saat kalian akan membeli rice cooker untuk dipakai sendiri, atau bersama keluarga. Jika kalian anak kos, lebih baik menggunakan penanak nasi yang kecil, jangan menggunakan ukuran besar. Hal itu karena semakin besar ukuran rice cooker, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Biasakan merendam beras sebelum dimasak

Cara sederhana ini ternyata memberikan pengaruh loh. Coba biasanya setelah mencuci beras, sisihkan sedikit waktu untuk merendamnya, setidaknya 30 menit sebelum memasukkan ke dalam rice cooker. Dengan melakukan hal itu, kalian bisa membuat beras lebih lunak, dan memasak pun akan lebih cepat. Dan itu berarti, rice cooker pun akan lebih cepat menyelesaikan tugasnya mematangkan nasi, daya yang digunakan pun lebih sedikit.

Gunakan air panas saat memasak

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghemat listrik saat memasak menggunakan rice cooker, yaitu memakai air panas. Dengan menggunakan air panas, rice cooker tidak perlu bekerja keras dan menggunakan waktu berlebihan untuk membuat air mendidih. Jika kalian sudah menggunakan air panas, nasi kalian akan cepat matang. Caranya sederhana ya, tapi percayalah ini sangat membantu.

Jangan menyalakan rice cooker 24 jam

Kebanyakan dari kalian pasti tetap menyalakan rice cooker selama 24 jam. Hal itu karena kalian ingin nasi tetap hangat saat makan, iya kan? Jika demikian, cobalah ubah kebiasaan yang bisa membuat listrik boros itu. Kalian tetap bisa menikmati nasi hangat meski tak menyalakan rice cooker 24 jam, yaitu dengan menyalakan rice cooker beberapa menit sebelum jam makan. Kebiasaan itu pasti memberikan dampak positif, kalian bisa mencobanya dulu, lalu coba cek tagihan listrik setelah sebulan melakukan kebiasaan tersebut.

Itulah beberapa tips sederhana untuk bisa menghemat listrik meski tiap hari menggunakan rice cooker. Dengan cara gampang ini, tentu kalian bisa melakukan perubahan tagihan listrik bulanan. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi Payfazz untuk membantu mempermudah pembayaran listrik kalian. Akhir kata, selamat berhemat!

tips hemat listrik

Artikel Terkait