PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Begini Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Hemat Listrik

By Ihsan Ihsan - July 31, 2021
cara menggunakan mesin cuci

Keberadaan mesin cuci memang sangat membantu meringankan beban pekerjaan kita, terlebih bagi kalian yang sibuk. Namun yang jadi masalah, keberadaan mesin cuci sangat berpengaruh pada tagihan listrik. Iya, mesin cuci memang salah satu barang elektronik yang membutuhkan banyak daya.

Tiap bulan, saat cek tagihan listrik, mungkin kamu akan dibuat menggerutu kesal. Lantas, mau memutuskan berhenti pakai mesin cuci? Tidak harus demikian, karena ada beberapa cara yang akan membantu kamu untuk berhemat listrik, namun tetap bisa menggunakan mesin cuci. Berikut ini adalah beberapa caranya.

Gunakan deterjen khusus mesin cuci

Sering kita jumpai di toko-toko, deterjen yang dikhususkan untuk pengguna mesin cuci. Kenapa demikian? Berbeda kah? Ternyata memang berbeda. Deterjen yang dikhususkan untuk mesin cuci, biasanya tidak menghasilkan banyak busa, hingga mesin cuci pun bekerja tidak terlalu lama untuk membersihkan sisa-sisa busa, dengan demikian proses mencuci pun bisa lebih bersih. Oh iya, hati-hati jika kalian masih sering menggunakan deterjen biasa pada mesin cuci, karena hal itu akan cepat merusak mesinnya. Siapa sangka cara menggunakan mesin cuci seperti ini bisa membuat listrik hemat.

Kalau bisa, jangan mencuci baju setiap hari

Karena risih melihat pakaian kotor menumpuk, lantas kalian memilih untuk mencuci setiap hari? Padahal kebiasaan tersebut sangat berpengaruh pada pemakaian listrik. Sangat membuang-buang daya jika harus mencuci setiap hari. Sebaiknya, kalian mengumpulkan pakaian kotor di rumah di keranjang terlebih dahulu, setelah beberapa hari dan pakaian cukup banyak, kalian bisa mulai mencuci menggunakan mesin. Karena sangat disayangkan kalau daya listrik terbuang-buang hanya untuk mencuci beberapa helai pakaian saja.

Tak perlu menyalakan pemanas air

Pada mesin cuci, kita biasa menemukan fitur untuk mengatur suhu air yang digunakan untuk mencuci. Meski sebenarnya mencuci pakaian tidak memerlukan air panas, tapi sebagian orang memang suka menggunakannya. Padahal hal itu bisa membuat listrik makin boros, karena mesin bekerja ganda dengan mencuci dan juga memanaskan air. Alhasil, tagihan listrik pasti akan membengkak.

Tak perlu menggunakan pengering

Salah satu keunggulan mesin cuci adalah memiliki pengering, sehingga kamu tidak perlu banyak waktu untuk menjemur hingga pakaianmu kering sempurna. Namun yang perlu diingat, mesin cuci menghabiskan energi cukup banyak saat harus memanaskan temperatur di dalam tabung. Jadi, ketika pakaian yang dicuci mulai tiris, sebaiknya memanfaatkan terik matahari saja untuk menjemur pakaian.

Itulah beberapa cara menggunakan mesin cuci yang bisa membuat listrik lebih hemat. Coba terapkan selama satu bulan ini, coba cek tagihan listrik berikutnya dan rasakan perbedaannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Payfazz untuk mempermudah mengecek tagihan dan melakukan pembayaran.

tips hemat listrik

Artikel Terkait