By PAYFAZZ - October 20, 2020

Listrik di Rumah Melonjak? Ini Cara Menghematnya!

Salah satu akibat dari masa pandemi adalah melonjaknya pemakaian listrik di rumah. Yuk cek di sini cara menghemat listrik yang mudah!
  • Share

Cara Menghemat Listrik Berikut Terbukti Menurunkan Pemakaian Listrik Sob!

Sobat PAYFAZZ, tahukah kamu bahwa meningkatnya pemakaian listrik di rumah merupakan salah satu permasalahan akibat dari masa pandemi Covid-19? Meningkatnya pemakaian listrik juga akan mengakibatkan tagihan serta konsumsi token listrik menjadi lebih tinggi. Lantas, bagaimana cara menghemat listrik di rumah agar tagihan dan konsumsi token tidak terus melonjak?

Beraktivitas di rumah memang mengharuskan kita untuk menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, AC, TV, dan lain-lain secara terus menerus. Itulah faktor utama penyumbang besarnya tagihan dan konsumsi token listrik kamu Sob.

Jangan khawatir Sob, kami punya solusi sederhana yakni dengan sedikit mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan listrik dan mengikuti sejumlah tips mudah berikut ini.

Penasaran? Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita lihat tips dan trik berikut ini ya Sob!

Cabut Perangkat Elektronik Setelah Selesai Digunakan

Terkadang kita kerap lupa untuk mencabut colokan dari beberapa perangkat elektronik yang sudah selesai kita gunakan. Misalnya, tidak mencabut charger smartphone atau laptop, kipas angin, bahkan televisi yang dibiarkan terus menyala agar rumah menjadi “ramai”. 

Padahal selama kamu mencolok perangkat tersebut ke listrik, maka daya listrik pun akan terus mengalir ke perangkat tersebut Sob. Nah, inilah yang membuat listrik di rumah kamu menjadi lebih boros lho.

Jadi, yuk segera cabut perangkat elektronik dari colokan begitu selesai kamu gunakan untuk menghemat penggunaan listrik!

Gunakan Lampu LED

Pasti pernah dengar kan tentang lampu LED? Kebanyakan orang pasti mengganggap lampu ini lebih mahal harganya dibandingkan dengan lampu biasa.

Namun, lampu LED memiliki segudang keunggulan seperti hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakainya pun lebih panjang lho. Lampu LED terbukti mampu menghemat energi hingga 80-90% jika dibanding bola lampu biasa dengan kapasitas watt yang sama Sob.

Lampu LED juga bisa mencapai 20.000 jam pemakaian ketimbang bola lampu biasa. Hal ini tentu membuat lampu LED lebih awet dan tidak cepat rusak. Yuk coba beralih ke lampu LED Sob! 

Cermat dan Bijak dalam Menggunakan AC

Pemakaian AC (Air Conditioner) merupakan salah satu penyebab borosnya pemakaian listrik di rumah. Memang, hidup di negara beriklim tropis bisa menyebabkan cuaca panas hampir 24 jam.

Meski begitu, kamu juga harus cermat dan bijak dalam menggunakan AC Sob. Misalnya saja hanya menyalakan AC di waktu malam hari menjelang tidur. Agar lebih efektif, kamu juga bisa mengatur penanda waktu 6 – 8 jam pemakaian selama tidur agar AC kamu tidak terus menyala sepanjang waktu Sob.

Bagaimana untuk pemakaian AC jika sedang panas di siang hari? Untuk pemakaian AC di siang hari, sebaiknya atur suhu di kisaran 22-25 derajat Celcius ya. Semakin rendah kamu mengatur suhunya, maka mesin AC akan bekerja lebih keras dan membutuhkan daya lebih besar lho. Hingga akhirnya, akan menyebabkan pemakaian listrik menjadi lebih besar Sob.

Hindari Mengisi Ulang Daya Smartphone Sepanjang Malam

Apakah kamu salah satu yang lebih memilih mengisi ulang daya smartphone sepanjang malam? Nah, mulai saat ini yuk hindari cara tersebut Sob!

Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai mengubah kebiasaan satu ini karena mengisi ulang daya smartphone sepanjang malam akan membuat listrik terbuang sia-sia.

Terlebih jika kabel dan konektor charger kamu tidak dilengkapi sistem penghentian otomatis saat baterai sudah diisi penuh. Karena pada dasarnya mengisi ulang daya smartphone hanya memakan waktu 2 – 3 jam saja Sob.

Jadi, yuk mulai ubah cara kamu mengisi ulang daya smartphone dan jangan lupa cabut charger jika baterai sudah penuh ya!

Perbanyak Tanaman di Rumah 

Mengoptimalkan potensi alam juga bisa jadi siasat dalam menghemat pemakaian listrik di rumah kamu lho. Keberadaan tanaman hijau akan membuat di lingkungan sekitarnya lebih segar dan sejuk sehingga penggunaan AC dapat dikurangi atau bahkan tidak dipakai sama sekali Sob. 

Apalagi bercocok tanam di masa pandemi seperti ini sedang menjadi tren lho, jadi jangan ragu untuk memulainya! Jangan lupa pilih tanaman yang sesuai dengan penempatannya ya, terutama untuk tanaman yang akan ditaruh di dalam rumah Sob.

Gabungkan Cara Menghemat Listrik di Atas dengan Bayar Tagihan/Beli Token di PAYFAZZ

Cara Menghemat Listrik Berikut Terbukti Menurunkan Pemakaian Listrik Sob!

Salah satu tips menghemat listrik yang paling efektif adalah beralih ke listrik prabayar. Tidak perlu khawatir akan pemakaian berlebih karena kamu yang menentukan seberapa besar pengeluaran listrik sesuai dengan jumlah token yang dibeli. Nah untungnya lagi, kamu bisa membeli token listrik kapanpun kamu mau melalui aplikasi PAYFAZZ Sob!

Begini cara membeli token listrik di aplikasi PAYFAZZ:

  1. Instal aplikasi dan lakukan pendaftaran akun PAYFAZZ.
  2. Klik fitur Token PLN di bagian menu Prabayar.
  3. Masukkan Nomor Meter/ID Pelanggan (nomor token).
  4. Tersedia produk Token PLN mulai dari nominal 20.000 hingga 1.000.000. Pilih nominal yang diinginkan.
  5. Cek Detail Pembelian. Jika sudah benar, klik Lanjut.
  6. Pilih Metode Pembayaran yang tersedia yaitu Deposit PAYFAZZ dan Kredit Agen.
  7. Pakai kupon potongan harga (jika ada).
  8. Klik Bayar Sekarang dan masukkan PIN transaksi kamu.
  9. Transaksi berhasil. Cek Nomor Token/Kode Voucher di detail transaksi yang terdapat di menu Pesanan.

Selain produk token PLN dengan harga yang terjangkau, kamu juga bisa membayar tagihan listrik pascabayar dengan potongan biaya admin 50%* kalau pakai kupon DISKONADMIN50 Sob. Cek selengkapnya di sini ya!

Cara Menghemat Listrik Berikut Terbukti Menurunkan Pemakaian Listrik Sob!

Demikianlah cara menghemat listrik yang dapat kamu terapkan di rumah selama masa pandemi ini. Nah, untuk kamu yang ingin membayar tagihan listrik PLN pascabayar atau membeli token PLN prabayar, kamu bisa melakukan pembayaran dan pembelian melalui aplikasi PAYFAZZ dengan cara di atas ya!

Dapatkan info terbaru dari PAYFAZZ hanya di Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Blog, dan aplikasi kami ya! 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *