Fakta Unik Pembuatan Bendera Merah Putih

Fakta Unik Pembuatan Bendera Merah Putih

Info dan Tips

Bendera merah putih merupakan lambang negara yang merupakan identitas bangsa. Warna merah yang melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian, menjadi penyemangat dalam menjunjung tinggi martabat bangsa.

Pada proses pembuatan bendera Merah Putih, terdapat banyak sejarah yang mungkin kamu perlu tahu, sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah, yuk kita sama – sama baca beberapa fakta unik di balik pembuatan bendera Merah Putih.

Fakta #1 Bendera Merah Putih Pertama Berbahan Tidak Biasa

Bahan dasar pembuatan bendera Merah Putih pertama adalah katun Jepang. Bahan ini dipercaya menjadi bahan paling awet di masanya saat itu, karena telah dipakai oleh banyak bendera di negara – negara lain.

Katun Jepang juga dipercaya mempunyai kualitas premium, tekstur lembut, dan warna yang mengkilap (glossy) sehingga tidak mudah pudar. Maka dari itu, karena sifat kain katun Jepang yang terbaik, dipilihlah katun Jepang menjadi bahan dasar pembuatan bendera Merah Putih.

Fakta #2 Dijahit oleh Tangan Perempuan Indonesia

Siapa yang tak tahu Ibu Fatmawati, salah satu perempuan Indonesia yang bersejarah dalam pembuatan bendera Merah Putih. Beliau merupakan istri dari Bapak Proklamator kita yaitu Ir. Soekarno. Saat itu, iBU Fatmawati menjahit Bendera Merah Putih dengan ukuran 276 x 200 cm. Warna yang dipakai adalah Merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah, kedua bagian mempunyai ukuran yang sama.

Fakta #3 Ada hal – hal yang tidak boleh dilakukan terhadap Bendera Merah Putih

Beberapa hal – hal yang tidak boleh dilakukan terhadap Bendera Merah Putih diantaranya seperti mengolok – olok, menginjak, merobek atau bahkan membakar. Hal ini lantaran dianggap melecehkan simbol bangsa yang melambangkan identitas negara. Bahkan semua negara juga pasti akan melakukan hal yang sama untuk melindungi bendera bangsanya.

Fakta #4 Bendera Merah Putih punya 3 Nama Sebutan

Bendera Merah Putih mempunyai 3 sebutan yang berbeda, yaitu Bendera Pusaka, Sang Saka Merah Putih dan Sang Merah Putih/Sang Dwiwarna.

Bendera Pusaka adalah bendera Merah Putih yang pertama kali dijahit oleh Ibu Fatmawati. Sebutan lain untuk bendera Pusaka adalah Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Sang Saka Merah Putih merupakan julukan yang diberikan kepada bendera Merah Putih sebagai bendera negara Indonesia.

Terakhir, Sang  Merah Putih / Sang Dwiwarna, yaitu sebutan untuk setiap bendera Republik Indonesia yang berkibar di setiap upacara bendera.

Fakta #5 Aturan Pengibaran dan Pembuatan Gambar Bendera Merah Putih

Mengibarkan atau membuat desain Bendera Merah Putih harus mengikuti aturan – aturan yang berlaku berikut. Untuk mengibarkan bendera peraturan pertama adalah, bendera Merah Putih dikibarkan pada tanggal 17 Agustus, oleh setiap warga negara Indonesia di rumah, sekolah, kantor dan gedung.

Bahkan bendera Merah Putih juga diatur oleh Pasal 7 (3) UU Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pengibaran Bendera dikibarkan antara Matahari terbit dan terbenam yang diatur pada Pasal 7 (1) U Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Sementara jika membuat design bendera, juga perlu memperhatikan hal – hal berikut, ramuan warna berikut Merah 255 (R), 0 (G), 0 (B), sementara untuk warna Putih 255 (R), 255 (G), 255 (B).

Nah, ternyata bendera Merah Putih punya banyak fakta unik ya. Kalau kamu apakah sudah pernah tahu fakta – fakta unik di atas? Yuk coba browsing di Internet soal fakta Bendera Merah Putih. Jangan lupa isi paket data Internet yuk untuk bisa browsing lebih lancar, ada paket data Indosat Yellow lho yang murah abis dan pas di kantong mu!

Ayo transaksi paket data mu di PAYFAZZ sekarang!

Shares
Share This