By PAYFAZZ - November 24, 2020

Ganti Password Berkala Bisa Melindungimu dari Kebocoran Data

Ganti Password Berkala Bisa Melindungimu dari Kebocoran Data
  • Share

Sobat tentunya memiliki segudang aplikasi di dalam ponsel Sobat yang sebagian besar mengharuskanmu untuk membuat akun berisi data pribadi. Namun, dengan banyaknya data pribadi yang ada di dalam aplikasi bukankah membuat kita rentan akan kebocoran data? Tentu tidak jika kamu ganti password akun secara berkala Sob.

Portal berita CNN Indonesia menyebutkan bahwa sejak awal 2020 marak terjadi kebocoran data baik yang dialami pemerintah RI dan perusahaan swasta. Peristiwa tersebut juga tentunya melibatkan data-data pribadi milik masyarakat yang dimanfaatkan oleh peretas untuk dijual ke forum peretas.

Hal ini membuat kita khawatir akan keamanan data pribadi yang kita input atau yang kita gunakan saat melakukan pendaftaran akun. Setiap aplikasi pun menyediakan keamanan tingkat tinggi serta berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data para penggunanya. Namun, apakah itu cukup untuk menghilangkan rasa khawatir kita?

Tenang, jangan khawatir Sob. Pihak aplikasi tentu sudah menjamin keamanan serta kerahasiaan data pribadi sejak kita membuka aplikasi dan setuju untuk membuat akun. Hal yang perlu kamu lakukan cukup dengan mengganti password akun secara berkala saja kok.

Password Sebagai Perlindungan Akun yang Terluar

Password atau kata sandi merupakan perlindungan pada akun paling luar di setiap aplikasi. Dengan menggunakan password yang kuat dan terdiri dari gabungan huruf besar, kecil, dan angka akan membuat kombinasi yang sulit dipecahkan oleh peretas.

Memang, mengingat banyak password yang berbeda di setiap akun terasa menyulitkan, belum lagi jika lupa. Tenang, kamu bisa menyimpan password ke dalam catatan atau tempat yang sudah kamu pastikan aman dari jangkauan orang lain.

Selain itu, JANGAN PERNAH berikan password akun kamu ke SIAPAPUN, bahkan tidak ke pihak yang mengatasnamakan aplikasi akun kamu. Sekalinya kamu memberikan password ke pihak lain, maka runtuh sudah benteng pelindung terluar dari akunmu Sob.

Baca juga: Fitur Keamanan Ini Bisa Melindungi Akun PAYFAZZ mu dari Segala Bentuk Penipuan!

Cara Ganti Password Akun PAYFAZZ

Sebagai Agen PAYFAZZ, kami juga mengimbau Sobat sekalian untuk selalu mengganti password akun secara berkala. Kami sarankan agar Sobat mengganti password tiap 2-3 bulan sekali ya.

Yuk simak panduan berikut untuk mengganti password akun PAYFAZZ kamu!

  • Klik menu Akun,
  • Klik tombol “Atur Akun”,
  • Pilih bagian Password Akun untuk ubah password,
  • Aplikasi akan mengirimkan Kode OTP ke nomor telepon yang kamu gunakan via SMS,
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan lalu klik “Lanjut”. INGAT! JANGAN PERNAH berikan Kode OTP ke siapapun!
  • Buat password baru dengan kombinasi berupa huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca. Jika sudah klik “Lanjut”,
  • Lakukan konfirmasi password baru dengan ketik ulang password yang sudah kamu buat lalu klik “Lanjut”,
  • Selamat! Password berhasil diubah. Silakan klik “Kembali ke Beranda”.

Baca juga: Kelola Akun PAYFAZZ Kamu di Menu Akun Yuk!

Bagaimana jika lupa password akun? Tenang, kamu cukup klik Lupa Password di halaman Masuk Akun lalu masukkan nomor telepon untuk dikirimkan kode OTP. Jika kamu mengalami kendala saat ubah password, segera hubungi CS Resmi kami melalui:

    • E-mail Customer Service: cs@payfazz.com
    • Call Center Customer Service: 021-5011-2000
    • Fitur “Hubungi Kami” pada aplikasi PAYFAZZ
    • Akun media sosial resmi bercentang biru di Instagram, Facebook, Twitter, YouTube.
    • PENTING! PAYFAZZ tidak bertanggung jawab atas segala tindak kejahatan yang terjadi akibat dari pelaporan melalui jalur PAYFAZZ yang tidak resmi/palsu (atau jalur lain selain jalur di atas).

Kita dapat melindungi data pribadi kita dari kebocoran data dengan melakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan. Karena sejatinya, langkah pencegahan dari segala jenis penipuan dimulai dari kewaspadaan diri kita masing-masing.

Yuk selalu jaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi kamu dimulai dari ganti password secara berkala Sob!

Ganti Password Berkala Bisa Melindungimu dari Kebocoran Data

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *