Hari Angkutan Nasional, Ini 5 Kiat Aman Naik Transportasi Umum!

Hari Angkutan Nasional, Ini 5 Kiat Aman Naik Transportasi Umum!

Hi, Sobat PAYFAZZ!

Selamat Hari Angkutan Nasional kepada Sobat PAYFAZZ di seluruh Nusantara!

Ya, setiap tanggal 24 April masyarakat Indonesia memperingati Hari Angkutan Nasional yang bersejarah.

Angkutan adalah sarana yang sangat penting bagi mobilitas manusia sehari-hari dalam menjalankan aktivitas dan menghubungkan wilayah berbeda.

Sejak dahulu, angkutan telah berevolusi sedemikian rupa mulai dari gerobak yang ditarik oleh hewan hingga transportasi umum modern seperti kereta Mass Rapid Transit (MRT).

Hari Angkutan Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk lebih sering menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Namun, masih banyak masyarakat yang merasa bahwa naik transportasi umum tidak aman. Hal tersebut didukung juga dengan maraknya tindak kejahatan dan bahkan kecelakaan yang terjadi saat menaiki transportasi umum.

Tenang, Sob. PAYFAZZ punya kiat-kiat aman saat naik transportasi umum nih khusus buat kamu. Yuk simak kiat-kiatnya berikut ini!

 

Cari Tahu Rute Termudah dan Tercepat

Terkadang, untuk mencapai tujuan kamu harus berganti transportasi umum. Misalnya untuk mencapai stasiun KRL, kamu harus naik bus Transjakarta atau ojek terlebih dahulu atau sebaliknya.

Kamu dapat mencari tahu rute perjalanan yang termudah, tercepat, dan termurah. Namun jangan hanya mengetahui rute yang akan dilalui saja, tetapi juga rute lainnya juga ya Sob.

Hal tersebut akan membantumu jika tersesat akibat salah naik atau turun di halte / stasiun.

 

Bertanya Kepada Petugas

Kiat aman berikutnya adalah bertanya kepada pihak di transportasi umum baik petugas yang berjaga maupun pengemudi kendaraan.

Kamu bisa menanyakan biaya ongkos per rute, rute apa saja yang dilalui, dan bagaimana mencapai tempat tujuan dari titik angkutan berhenti.

Jangan sampai kamu salah tujuan atau bahkan tersesat di jalan akibat tidak mau bertanya ya Sob!

 

Patuhi Peraturan di Transportasi Umum

Setiap transportasi umum memiliki peraturannya masing-masing. Sebagai masyarakat Indonesia yang beradab, sudah menjadi kewajiban untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Pada saat kamu menjejakkan kaki di halte, stasiun, dan terminal luangkanlah sedikit waktu untuk membaca peraturan yang ada.

Mematuhi peraturan saat naik transportasi umum akan membuatmu aman dan juga selamat Sob.

 

Tidak Memakai Barang Berharga dan Membawa Barang Terlalu Banyak

Salah satu penyebab terjadinya tindak kejahatan di transportasi umum adalah penumpang yang memakai barang berharga.

Transportasi umum selalu ramai pada saat jam pergi maupun pulang kantor. Suasana yang ramai dan padat menyebabkan penjahat dapat beraksi.

Membawa barang yang terlalu banyak pun akan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Belum lagi pengawasan terhadap barang yang dibawa akan berkurang.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memakai barang berharga yang mencolok dan bawa barang secukupnya ya Sob.

 

Pastikan Saldo Uang dan Kartu Elektronik Selalu Tercukupi

Saat ini, transportasi umum telah dilengkapi dengan metode pembayaran pakai uang atau kartu elektronik. Metode pembayaran tersebut akan memudahkan kamu saat menaiki transportasi umum.

Agar tidak menghambat penumpang lain saat akan membayar, usahakan saldo uang dan kartu elektronik selalu tercukupi.

Cek saldo segera di halte atau stasiun terdekat. Jika saldo ternyata kurang, kamu bisa membuka aplikasi PAYFAZZ dan mengisi saldo uang elektronik (Go-Pay dan UnikQu) dan kartu elektronik (TapCash BNI) dengan mudah.

 

Itulah 5 kiat aman bagi Sobat PAYFAZZ saat naik transportasi umum. Utamakan selalu keselamatan dan keamanan dimana pun kamu berada ya Sob!

Terus update aplikasi PAYFAZZ untuk dapatkan promo dan info terbaru dari kami!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

Related Article

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!