PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

BLOGINI5HALZAKAT

Inilah 5 Fakta Zakat Fitrah yang perlu diketahui

Info dan Tips

Secara bahasa, zakat dapat diartikan sebagai pengembangan barokah (mensucikan). Sedangkan menurut syariat islam, zakat berarti suatu pemberian yang berasal dari jenis harta atau ukuran tertentu yang wajib disedekahkan.

Dengan demikian zakat bisa didefinisikan sebagai suatu harta yang dimiliki seseorang kemudian disedekahkan kepada mereka yang berhak mendapatkannya (orang kurang mampu). Zakat ini merupakan rukun islam ke 4 yang wajib dijalankan bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Menunaikan zakat juga dianggap sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh sang Pencipta.

Zakat fitrah biasanya hanya dibayarkan saat bulan Ramadan saja. Nah sebelum menunaikan zakat ada baiknya kamu bisa mengetahui terlebih dahulu tentang fakta-fakta apa saja yang ada ketika kita telah menunaikannya. Ingin tahu seperti apa detailnya mengenai fakta zakat? Yuk simak artikel ini sampai bawah ya.

 

Syarat Wajib Untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Syarat Wajib Untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Memang tidak semua orang harus membayar Zakat di bulan Ramadan, hanya saja Zakat ini sering diperuntukan untuk orang yang mampu (berhak membayar), sifat dari zakat ini sendiri fleksibel, alias tidak memaksakan tetapi wajib dilaksanakan. Namun, diluar itu ada syarat lainnya yang wajib kamu ketahui sebelum menunaikan Zakat, apa saja?

  • Kamu harus beragama Islam
  • Kamu telah memiliki harta yang (lebih) untuk diri sendiri dan keluarga
  • Yang wajib dibayarkan zakatnya adalah seluruh anggota keluargamu (yang belum bekerja/menghasilkan uang)
  • Bayi yang lahir sebelum maghrib tanggal 1 syawal dan istri yang dinikahi sebelum maghrib tanggal 1 syawal yang wajib dibayarkan zakatnya

 

Berapa Besar Zakat yang Harus Dikeluarkan?

Berapa Besar Zakat yang Harus Dikeluarkan?

Dalam menunaikan Zakat Fitrah, kamu bisa memberikan makanan pokok berupa beras, kurma, dan gandum. Besarnya zakat yang wajib diberikan adalah sebesar 2,5 kg atau setara dengan 3,1 liter dari masing-masing barang tersebut. Beda halnya dengan memberi zakat berupa harta, seperti contoh adalah emas, yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim adalah 2,5 persennya dari 85 gram emas yang dimiliki.

 

Golongan Yang Berhak Menerima Zakat

Golongan Yang Berhak Menerima Zakat

Saat pembagian zakat tentu ada suatu ketetapan yang telah diwajibkan dalam islam, adapun telah dijelaskan pada surat At-Taubah ayat 60. Ayat tersebut menyatakan bahwa terdapat 8 golongan umat yang berhak mendapatkan Zakat.

Adapun 5 dari 8 golongan tersebut diantaranya:

  • Seorang Fakir atau yang berarti adalah orang yang tidak memiliki harta dan juga pekerjaan, dengan kata lain orang yang memiliki tingkat ekonomi paling terendah (tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka)
  • Seorang Miskin, yaitu mereka yang memiliki pekerjaan namun belum mampu untuk mencukupi kebutuhan hidupnya
  • Fii Sabilillah atau orang-orang yang sedang berjuang di jalan islam tanpa menerima imbalan apapun, contohnya dalam pembangunan Masjid dan sarana Pendidikan.
  • Muallaf, yang berarti orang-orang baru masuk islam
  • Ibnu Sabil, sebutan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan kemudian habis dalam perbekalannya, sekalipun mereka adalah orang kaya. Ibnu sabil juga berlaku bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan agar mendapatkan beasiswa.

 

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat?

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat?

Ada waktu tertentu yang telah ditetapkan dalam islam untuk menunaikan zakat fitrah, salah satunya kamu hanya bisa melakukan zakat saat bulan suci Ramadan saja. Namun, bagaimana jadinya jika zakat dilakukan selain bulan Ramadan? Zakat tersebut akan terhitung sebagai amalan biasa (bukan zakat fitrah). Bahwa dalam menunaikan zakat ada beberapa ketentuan seperti dibawah ini:

  • Kamu bisa memberi zakat dalam rentang waktu 30 hari selama Ramadan berlangsung
  • Kamu juga bisa membayar zakat setelah salat subuh atau sebelum salat idul Fitri, tetapi hukumnya adalah sunnah
  • Makruh hukumnya jika membayar zakat setelah salat idul Fitri (zakat fitrah sudah tidak bisa diterima)
  • Haram hukumnya bila membayar zakat pada hari raya idul Fitri sesaat matahari telah terbenam

 

Akibat Jika Kamu Tidak Membayar Zakat

Sebagai umat muslim, zakat fitrah sangatlah diwajibkan, terlebih hukumnya adalah wajib. Jika kamu adalah orang yang mampu, maka bayarlah zakat fitrah tersebut, hitung-hitung bisa menghapus dosa kamu juga Sob. Lalu, bagaimana hukumnya jika orang yang secara sengaja tidak membayar zakat?

  • Pintu rezeki akan ditutup dari kamu
  • Terbentuknya sifat kikir (pelit) yang bisa berefek jangka panjang pada diri sendiri
  • Puasa yang kamu jalankan selama sebulan penuh jadi tidak sempurna amalannya. Sayang sekali bukan?
  • Pastinya kamu akan mendapat dosa, apalagi kamu adalah orang yang mampu membayar, namun secara sengaja melupakannya
  • Sulit mendapat ridho dari sang pencipta, maka dari itu setiap orang selalu diingatkan untuk berzakat

Nah jadi gimana Sobat? Ternyata zakat fitrah ini begitu penting untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia. Terlebih dari ganjaran yang didapat juga begitu besar, tak hanya pahala kelak yang didapat, namun pintu rezeki juga terbuka lebar. Hayo diingat, puasa sudah tinggal seminggu lagi lho, so.. jangan lupa untuk segera tunaikan zakatnya ya!

Shares
Share This