Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Info dan Tips

Meski masih beberapa hari lagi, suasana Idul Adha sudah mulai terasa. Hal ini bisa terlihat seperti di pelataran masjid-masjid atau beberapa sudut jalan yang sudah mulai terpasang atribut (pedagang) yang menjual hewan kurban seperti kambing dan sapi. Hampir setiap hari ada saja pengunjung yang membelinya, lucunya anak-anak kecil seringkali berkumpul ke pelataran guna melihat hewan kurban dari dekat.

Tak sedikit hewan kurban yang memiliki badan gemuk, bahkan hingga yang kurus sekalipun, sudah membuat kita gemas melihatnya, terlebih saat mengeluarkan bunyi ‘khas’ dari hewan tersebut. Hanya setahun sekali bisa kita rasakan momentum tersebut, dan teryata dibalik semua kegiatan Idul Adha ini tersimpan makna-makna menarik lho. Ingin tahu apa saja? Yuk cek info lengkapnya dibawah ini ya Sobat.

Cekidot!

 

Mengajarkan Sifat Berbagi

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Salah satu sifat yang bisa diambil dari kegiatan Idul Adha adalah berbagi, hal ini bisa kamu terapkan secara langsung ke orang sekitar, seperti misal: membagikan daging kurban ke warga yang tidak mampu. Selain itu kita juga dapat belajar untuk lebih peka terhadap lingkungan (memperhatikan orang lain yang ekonominya kurang), serta menjauhi dari sifat kikir (pelit). Karena itu kurban tidak cukup dilakukan sekali seumur hidup atau dalam artian setiap tanggal 10 Dzulhijjah, maka kita wajib melaksanakan idul qurban ini.

 

Memupuk Rasa Empati

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Ini adalah salah satu manfaat berkurban yang mungkin bisa sebagai pengingat untuk siapapun yang menunaikan ibadah idul qurban, berqurban menjadi amalan yang dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, apabila kita termasuk orang yang cukup dalam harta, maka wajib bagi kita untuk menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk berkurban. Nah kemudian kurban tersebut dibagikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

 

Meningkatkan Ketaqwaan

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

 

Berkurban menjadi salah satu perintah yang jelas tertera di dalam kita suci Al-qur’an dan dapat menjadi suatu amalan yang baik dan wajib dijalankan bagi umat muslim. Oleh karena itu, ibadan berkurban bermaksud untuk mengajak para umat muslim agar menjalankan perintah-Nya guna meningkatkan keimanan serta menghindarkan diri kita dari nafsu dunia.

 

Rezeki Berlimpah

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Menyedekahkan rezeki kita untuk berkurban tentu akan jauh lebih bermanfaat dan bisa menjadi contoh penting untuk umat muslim yang lainnya, terlebih untuk kaum golongan atas (mampu) wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah ini. Namun, apakah kamu tahu manfaat dari idul kurban ini? Nah salah satu manfaat yang akan kamu rasakan kelak adalah lancarnya rezeki yang kamu miliki. Belum percaya? Silahkan langsung dicoba saja Sob.

 

Dapat Pahala, Sudah Pasti~

Inilah 5 Makna Berkurban saat Idul Adha

Berkurban menjadi salah satu aktivitas yang mengajakmu untuk mendapatkan imbalan berupa pahala di dalamnya. Untuk itu, disaat hari raya idul adha tiba setiap tahunnya, menjadi kesempatan untuk terus melatih diri kamu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan taat agama. Jadi, tidak ada salahnya bukan jikalau kita membeli hewan kurban untuk disumbangkan kepada orang yang tidak mampu, dan kita sebagai penyumbang juga tentu akan mendapatkan pahala yang setimpal. So, Jangan lupa untuk berkurban ya Sobat!

Nah gimana, sekarang kamu udah ngerti kan makna apa aja yang sebenarnya ada dalam idul adha? Selain banyaknya manfaat yang didapat, kamu juga dapat meng-capture moment penyembelihan kurban dan menguploadnya ke youtube deh, Seru kan?! Eits sebelum itu pastikan paket data internet kamu mencukupi ya.

Shares
Share This