PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

istilah pinjaman

Mau Mengajukan Pinjaman? Baca dulu Istilah Pinjam Meminjam yang Perlu Kamu Pahami

Fitur

Pinjaman uang adalah bentuk transaksi yang sudah populer di kalangan masyarakat. Hadirnya internet di zaman sekarang membuat pinjaman uang online semakin mudah dilakukan, sehingga kamu tak perlu repot datang ke bank untuk mengajukan pinjaman. Kini, kegiatan pinjaman online pun dapat dengan mudah diakses lewat aplikasi perbankan yang sudah banyak tersedia di smartphone.

Memberikan pelayanan dan penawaran dengan adanya pinjaman uang cepat cair juga menjadi cara alternative yang dilakukan oleh beberapa instansi dan lembaga keuangan terkait. Oleh karena itu, untuk mendapatakan pinjaman kita juga perlu memperhatikan istilah-istilahnya, sehingga, saat akan mengajukan pinjaman, kamu tak perlu khawatir dan bingung lagi.

Berikut ini ada beberapa istilah yang sering muncul di dalam transaksi pinjam – meminjam. Yuk, perhatikan penjelasan berikut ini,

Kredit

Kredit adalah dana yang dipinjamkan oleh lembaga keuangan kepada debitur. Pinjaman ini dikembalikan dalam jangka waktu tertentu yang disertai dengan bunga pinjaman (tagihan yang dibebankan kepada nasabah sebagai bentuk balas jasa). Untuk menggunakan kredit, dibutuhkan kesepakatan antara peminjam dengan pihak layanan yang akan digunakan.

Kreditur

Kreditur (pihak yang memberikan pinjaman uang) kepada nasabah. Seorang kreditur biasanya memberikan pinjaman yang besarannya disesuaikan dengan kualitas pinjaman (skema kelancaran dalam pembayaran) sebelumnya.

Debitur

Debitur adalah seorang yang melakukan pinjaman ke lembaga keuangan. Pemberian pinjaman yang diberikan kepada debitur biasanya memerlukan jaminan. Jika debitur tidak mengembalikan pinjaman dalam batas waktu yang ditentukan, pihak kreditur dapat melakukan penyitaan berupa barang kepada debitur.

Limit Kredit

Limit kredit (batas nilai maksimal) yang didapat oleh peminjam saat akan melakukan pinjaman. Batas limit kredit ditentukan oleh lembaga keuangan terkait. Limit kredit memiliki beberapa faktor penting seperti pendapatan bulanan, status kepemilikan rumah, serta jumlah kredit yang diajukan.

Tenor

Tenor merupakan (jangka waktu) yang diberikan saat peminjaman dana. Lamanya tenor biasanya tergantung dari jenis pinjaman, atau kebijakan dari lembaga yang memberikan pinjaman. Semakin panjang waktu yang diberikan, semakin besar juga tagihan yang akan ditangguhkan kepada nasabah.

Angsuran

Angsuran (sistem pembayaran yang dicicil) merupakan program yang disediakan oleh lembaga keuangan guna meringankan pembayaran yang jumlahnya besar. Biasanya angsuran memiliki jangka waktu 3 sampai 24 bulan tergantung pada layanan yang digunakan.

Bunga

Bunga adalah bentuk balas jasa (dana tambahan) yang ditangguhkan kepada nasabah saat menyimpan uangnya di lembaga keuangan. Bunga ini diberikan kepada nasabah yang sedang mencicil tagihannya.

Jatuh tempo

Jatuh tempo (batas waktu) yang diberikan kepada peminjam saat akan melakukan pengembalian dana. Setiap lembaga keuangan akan memberikan batasan waktu yang berbeda-beda.

Sekian istilah yang patut kamu ketahui sebelum melakukan pinjaman online. Hal ini berguna untuk mengatasi kesulitan saat akan melakukan pinjaman. Dengan begitu kamu tidak perlu ragu, karena PAYFAZZ dapat memberikan Pinjaman Cepat yang mudah dan aman.

Shares
Share This