By PAYFAZZ - January 2, 2021

Jenis-Jenis Kemasan untuk Usaha Rumahanmu

Jenis Kemasan yang Cocok untuk Usaha Rumahan
  • Share

Dalam memasarkan sebuah produk, jenis kemasan atau packaging merupakan unsur penting karena berguna untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik. Selain itu, packaging juga digunakan untuk menarik minat pembeli dan memunculkan efek “eye catchy” (menarik perhatian mata).

Tak heran, kini pembuat produk berlomba berinovasi membuat kemasan untuk memenuhi unsur minat beli calon konsumennya sekaligus meningkatkan branding produknya.

5 Jenis Kemasan yang Cocok untuk Usaha Rumahan 

Sobat PAYFAZZ, agar usahamu banyak diminati pembeli, yuk kenali jenis-jenis kemasan untuk usaha rumahanmu berikut ini:

Kemasan Logam

Jenis kemasan logam sering dijadikan kemasan produk, khususnya pangan

Sumber: freepik.com

Kemasan berbahan dasar logam memiliki fungsi sebagai pelindung khususnya produk pangan agar penganan tetap aman dan tahan lama. Contoh bentuk kemasan logam adalah kaleng dan lembaran aluminium foil.

Kemasan logam dinilai lebih tahan terhadap kondisi ekstrim seperti sinar matahari, udara, atau uap air. Sayangnya, harga bahan baku logam yang mahal serta proses pengemasan yang rumit menjadi sebuah kekurangan dari kemasan logam ini.

Kemasan Gelas atau Kaca

Jenis kemasan kaca, aman namun rawan.

Sumber: freepik.com

Kemasan gelas sebenarnya sudah populer digunakan sejak bangsa Mesir Kuno. Kemasan gelas atau kaca dinilai lebih aman digunakan karena tidak bereaksi terhadap bahan yang dikemas. Kemasan gelas atau kaca juga bisa digunakan kembali setelah dibersihkan.

Sama seperti logam, untuk usaha rumahan kemasan gelas atau kaca ini tergolong mahal. Selain itu, material gelas atau kaca juga mudah pecah jika terkena benturan dan berukuran lebih berat dibanding bahan logam atau kertas.

Kemasan Plastik

Bahan plastik paling umum digunakan oleh usaha rumahan

Sumber: freepik.com

Penggunaan plastik sebagai bahan pengemas dinilai lebih menguntungkan karena:

  • bentuknya yang fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk produk yang dikemas,
  • berbobot ringan,
  • tidak mudah pecah,
  • mudah diberi label dan dibuat dalam aneka warna,
  • dapat diproduksi secara massal,
  • harga relatif murah, dan
  • tersedia berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik. 

Meski demikian, kemasan plastik pun memiliki kelemahan contohnya plastik jenis PE (Polietilena), PP (Polypropylene), dan PVC (Polyvinyl Chloride) yang tidak tahan panas sehingga berpotensi melepaskan migran berbahaya yang berasal dari sisa monomer dari polimer. Selain itu, plastik merupakan bahan yang sulit terurai sehingga dapat mencemari lingkungan.

Kemasan Kertas

Kertas merupakan bahan yang ramah lingkungan dan cocok untuk usaha rumahan.

Sumber: freepik.com

Kemasan kertas terdapat dua jenis, yakni kemasan kertas fleksibel atau kemasan kertas kaku. Beberapa jenis kertas yang dapat digunakan untuk usaha rumahan adalah kemasan kertas fleksibel jenis kertas kraft dan kertas tahan lemak (grease proof).

Jenis bahan kertas, karton, atau kotak kemasan kardus sering digunakan berperan sebagai kemasan tersier, yaitu kemasan untuk distribusi produk. Biasanya, dibalik kemasan kertas masih terdapat packaging lain yang membungkus produk secara langsung.

Kelebihan packaging kertas adalah lebih murah dibandingkan plastik, lebih ramah lingkungan, mudah didesain, dan lebih praktis digunakan untuk pengemasan sementara. Sementara kurangannya adalah mudah rusak, terutama jika terkena air. 

Kemasan Alami

Daun pisang, rotan, kertas adalah jenis kemasan yang paling ramah lingkungan.

Sumber: freepik.com

Kemasan alami adalah kemasan makanan yang terbuat dari bahan dari alam, biasanya kemasan makanan ini tidak mengandung bahan kimia dan sangat mudah untuk didaur ulang.

Kemasan makanan alami ini juga termasuk kemasan yang murah dan sangat mudah didapatkan. Contoh kemasan alami seperti daun pisang, daun aren, bambu,  rotan, dan  kayu.

Bagi Sobat yang memiliki usaha rumahan dengan konsep zero-waste lifestyle (Gaya Hidup yang menerapkan 3R: Reduce, Reuse, Recycle) sangat cocok menggunakan kemasan alami ini, atau setidaknya perlu mempertimbangkannya.

Sobat PAYFAZZ, pada dasarnya semua jenis kemasan memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal menyesuaikan kebutuhan atau anggaran serta desain yang diinginkan. Nah, kira-kira jenis kemasan mana yang cocok untuk usaha rumahanmu?

Baca juga: Ini Keuntungan Belanja di PAYFAZZ Grosir yang Gak Diragukan Lagi!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *