By Ihsan Ihsan - July 10, 2021

4 Kebiasaan Kecil yang Bisa Bikin Tagihan Listrik Naik

4 Kebiasaan Kecil yang Bisa Bikin Tagihan Listrik Naik
  • Share

Setiap hari kita tidak bisa lepas dari penggunaan listrik, baik siang dan malam, listrik memang sudah jadi bagian dalam kehidupan. Saking terbiasanya, ada kalanya kita sembrono dan boros saat menggunakan listrik.

Pemakaian yang sembarangan inilah yang jadi alasan kenapa tagihan bulanan jadi membengkak. Mungkin kalian tidak sadar, ada beberapa kebiasaan yang dianggap remeh ternyata membuat tagihan listrik meningkat. Berikut adalah beberapa contohnya.

Tidak mencabut charger meski tidak dipakai

Siapa nih yang sering membiarkan kabel charger tetap tertancap di stop kontak meski sedang tidak dipakai? Kebiasaan ini memang remeh banget ya, bahkan dianggap praktis karena kita tidak perlu mencari charger lagi jika ingin mengisi daya. Namun ternyata kebiasaan ini justru memakan daya sebesar satu watt meski nggak digunakan. Jadi alangkah baiknya jika kalian selalu mencabut charger setelah selesai digunakan.

Terlalu sering membuka pintu kulkas

Lemari pendingin ternyata punya termometer suhu yang fungsinya untuk menjaga temperatur yang dibutuhkan. Oleh karena itu, saat membuka pintu kulkas, maka suhu akan meningkat secara drastis. Hal itu yang membuat mesin kulkas terus bekerja ekstra agar suhu tetap dingin, hal itu juga yang membuat listrik jadi boros. Jadi kalau kalian ingin hemat energi, lebih baik jangan sering-sering membuka kulkas ya.

Menggunakan AC dengan suhu sangat rendah

Saat tengah hari di musim kemarau, mungkin kalian merasa sangat kegerahan hingga ingin rasanya menikmati ruangan yang sangat dingin. Namun tau kah kamu jika menggunakan suhu sangat dingin pada AC juga bikin tagihan listrik melonjak? Karena semakin rendah suhu, semakin besar juga daya yang dibutuhkan oleh AC. Jadi sebaiknya kalian menggunakan suhu sekitar 21-22 derajat saja ya. Kalian bisa cek tagihan listrik di bulan berikutnya, kalian pasti bisa rasakan perbedaannya.

Membiarkan rice cooker selalu menyala

Setelah memasak menggunakan rice cooker, apa kamu biasanya membiarkannya tetap menyala demi menjaga suhu nasi tetap hangat? Kebiasaan ini juga bikin listrik boros. Terlebih rice cooker juga membutuhkan daya yang tinggi, jadi jika ingin tagihan bulan ini lebih hemat, kalian bisa mencabut colokan rice cooker setelah nasi matang.

Itulah beberapa kebiasaan kecil yang ternyata bikin boros listrik. Jika kalian bisa mengubah kebiasaan di atas, bisa dipastikan jika tagihan listrik bulan ini akan menyusut. Akan jadi kebahagiaan tersendiri jika kita berhasil mengurangi pemakaian daya listrik, kalian juga bisa membayar tagihan listrik di aplikasi Payfazz karena praktis dan mudah banget. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *