kurmahalawi

Kenali 5 Jenis Kurma yang cocok dijadikan sebagai Hidangan Berbuka

Info dan Tips

Saat bulan Ramadan, buah kurma hampir selalu ada di menu berbuka. Memang sejak zaman dahulu, kurma selalu dijadikan menu yang pas untuk berbuka, selain rasanya yang manis juga bisa mengganjal perut sebelum makan makanan berat. Bahkan masyarakat di Timur Tengah sudah menjadikan makanan manis ini sebagai hidangan pembuka sejak ribuan tahun yang lalu.

Pengertian secara umum, kurma merupakan tumbuhan palem (palma) atau dalam bahasa latinnya dikenal sebagai phoenix dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan. Kurma sering dijadikan oleh-oleh Lebaran bagi orang yang baru pulang ibadah Umroh.

Menurut para ilmuan, kurma terbagi menjadi beberapa 4 kategori yaitu imri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), dan tamr (matang dikeringan dengan bantuan matahari). Dari ke 4 kategori tersebut, buah Kurma yang paling cocok untuk dijadikan hidangan berbuka adalah rutab karena memang teksturnya dan rasa manisnya yang paling cocok di lidah masyarakat Tanah Air.

Nah sebagian orang awam mungkin tidak akan tahu jika sebenarnya kurma memiliki 10 jenis yang berbeda, dan 5 dari 10 kurma rutab yang ada akan kita bahas di artikel berikut. Yuk simak terus sampai bawah ya!

 

Kurma Thoory

kurmathory

Kurma Thoory atau biasa disebut kurma Thuri ini seringkali ditemukan di Tanah Air, karena sifatnya yang bertahan lama. Kurma yang pernah populer di negara Algeria ini memiliki warna sedikit cokelat kemerahan dan kulit yang cenderung keriput. Ciri utama dari kurma Thuri ini adalah dagingnya yang kering, saking keringnya bahkan kurma ini cukup sulit untuk dimakan. Namun, dari segi rasa terbilang cukup manis, sehingga mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.

 

Kurma Deglet Noor

kurmanugget

Kurma yang berwarna kuning keemasan ini adalah varietas unggul dan sangat terkenal di negaranya yakni Algeria, Amerika, Tunisia, dan Lybia. Nama dari kurma ini juga cukup unik, konon nama yang memiliki arti cahaya ini terinsipirasi dari sinar matahari (cerah). Bagi kamu yang tidak suka manis, kurma ini boleh jadi alternatif, karena rasanya tak begitu manis dan daginya pun juga terasa empuk. Jenis kurma ini sangat cocok jika disantap dengan es buah. Wah makin segar sepertinya..

 

Kurma Zaghzoul

kurmamerah

Kurma zaghzoul mungkin terdengar asing dari namanya, tetapi kamu jangan salah sangka dulu kalau kurma ini ternyata kurma eksklusif lho. “Kenapa Ekslusif?” Karena hanya orang tertentu saja yang bisa mencicipinya. Kalau di negara Arab sana, kurma ini hanya bisa dinikmati oleh para pemimpin kerajaan saja.

Kurma unik ini memiliki bentuk yang agak panjang dan lonjong, serta warna merah gelapnya yang sangat mencolok. Kalau kamu terbiasa makan makanan berkuah saat berbuka, seperti sayur sop, kamu bisa memadukannya dengan kurma zaghzoul ini, eits.. tapi jangan lupa direbus dahulu ya sebelum siap dihidangkan.

 

Kurma Ajwah

kurmaajwah

Di pasaran Asia, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah ini seringkali tumbuh di daerah yang kering dan panas seperti di kota Madinah, Saudi Arabia. Konon, menurut kepercayaan orang Arab dahulu, kurma Ajwah memiliki ketertarikan tersendiri karena menjadi kurma favoritnya Nabi Muhammad.

Dengan bentuk yang lebih kecil, juga warnanya yang agak sedikit hitam, kurma Ajwah terbilang lezat rasanya. Menurut ilmuan, kurma ini bisa menangkal racun dalam tubuh juga lho. Saat kamu sedang menyiapkan dessert (menu penutup) untuk berbuka, kamu boleh tambahkan kurma ini sebagai topping diatasnya, kalau kamu mau yang cairnya, kurma ajwah bisa di blender terlebih dahulu. “Soal rasa? Dijamin top deh..

 

Kurma Halawi

kurmahalawi

Kurma halawi atau yang berarti manis dalam bahasa Arab, memiliki rasa yang terbilang sangat manis jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Spesifik warna dari kurma ini adalah hitam yang agak pekat, dan isi dagingnya ini terbilang cukup tebal.

Jika kamu pernah memakan buah kurma, dan rasanya sangat manis kemungkinan besar kamu sedang memakan buah kurma halawi ini. Oh ya, berkat rasa manisnya, kurma halawi bisa juga dibuat menjadi jus lho, cocok banget kalau dijadikan minuman pelepas dahaga saat berbuka.

Nah sekian pembahasan tentang beberapa jenis kurma yang ada di seluruh dunia. Dimulai dari rasanya yang manis, sampai bentuknya yang bermacam-macam, kurma ini tetap menjadi hidangan favorit para kaum muslim saat hendak berbuka puasa.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, ada baiknya kamu titip kurma aja sama keluarga atau rekan terdekatmu yang ingin berangkat Umroh.

Supaya kamu tidak kehabisan pulsa, jangan lupa untuk telepon mereka sebelum berangkat ya biar tarifnya ngga mahal.

Shares
Share This