tips-menjadi-debitur-yang-baik

Kenapa Kamu Harus Jadi Peminjam yang Baik?

Info dan Tips

Halo Sobat PAYFAZZ, apa kabarnya hari ini? Ada yang tahu gak nih di PAYFAZZ sekarang lagi ramai soal apa?

Wah betul sekali!

Kredit PAYFAZZ!

Saat ini PAYFAZZ sedang membuka kesempatan bagi para Sobat PAYFAZZ yang ingin mengajukan kredit. Pengajuan kredit sudah dibuka dari awal September dan akan ditutup pada akhir bulan September ini.

Jadi buat kalian yang belum daftar, ayo segera lengkapi persyaratannya dan daftarkan diri kalian!

Nah, berhubung kalian lagi baca artikel ini, ada beberapa hal yang perlu kalian pahami, resapi dan renungkan terkait Kredit PAYFAZZ. Kira – kira apa saja ya hal yang harus dipahami tentang Kredit PAYFAZZ?

Yuk cek penjelasan berikut!

Sobat PAYFAZZ selaku debitur, atau pihak yang melakukan pinjaman sejumlah uang kepada sebuah instansi atau lembaga keuangan, mempunyai kewajiban untuk mengisi formulir pendaftaran sebagai proses untuk pengajuan kredit.

Hal – hal apa saja sih yang biasanya kurang jadi perhatian para Debitur atau peminjam kredit?

1) Pengisian data diri

Salah satu proses yang harus kamu lewati adalah pengisian data diri ke pihak yang meminjamkan mu kredit.

Hal ini harus kamu lalui ya, dan pastikan semua kolom data diri kamu isi dengan benar karena pihak pemberi pinjaman akan mencoba mengenalmu dari data tersebut.

2) Membaca, mematuhi, dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku

Setiap pemberi pinjaman akan mengeluarkan Syarat dan Ketentuan yang biasa disingkat S&K, nah jika kamu akan mengajukan kredit silahkan baca dan pahami apa saja S&K yang dikeluarkan oleh pihak pemberi pinjaman ya Sob!

3) Pastikan kamu mempunyai riwayat kredit yang baik dengan Bank

Pihak pemberi pinjaman manapun pastinya akan mengorek – ngorek riwayatmu sebagai nasabah. Mereka akan mencari tahu apakah debitur tersebut layak diberi pinjaman.

Hal ini karena pemberi pinjaman ingin para debitur yang diberikan pinjaman bias menggunakan uang pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

4) Ajukan nominal kredit yang sesuai dengan kemampuanmu

Pikirkan hal ini. Kamu akan memerlukan uang tambahan dari pinjaman sebesar Rp 2.000.000, penghasilan tetapmu Rp 3.000.000 per bulan, dan kamu punya usaha tambahan yang bisa memberikan penghasilan sampai Rp 1.000.000 per bulan.

Kamu butuh menyisihkan uang untuk keperluan hidup selama 1 bulan dan keperluan lainnya. Nah kalau sudah begitu kamu mesti pintar – pintar mengatur duit ya.

Mengajukan kredit bukan berarti menambah uang pendapatanmu, tetapi kamu mempunyai kewajiban untuk mengemblikan uang yang kamu pinjam di akhir periode. Jadi, pastikan kamu mampu mengembalikan uang yang kamu pinjam tepat waktu tanpa mengganggu uang kebutuhan mu sehari – hari.

5) Kredit bukan berarti Anda bisa foya-foya

Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan kredit mereka dapat shopping, dan menggunaan uang. Nah, supaya kredit kalian cepat diterima makanya jadi Debitur atau peminjam yang baik ya.

Menjadi debitur yang baik itu tidak susah kok, kalian hanya perlu mematuhi peraturan yang telah dikeluarkan oleh pihak peminjam.

Dengan mematuhi peraturan yang ada, sudah akan sangat membantu kalian dalam mendapatkan kredit.

Berikut kiat – kiat dan tips supaya kredit kamu diterima alias menjadi debitur yang baik.

1) Jujur

Jujur adalah modal hidup, pernyataan tersebut sangat benar adanya. Dalam dunia kredit atau pinjam meminjam uang, modal jujur ini sangat perlu karena yang hal yang dipinjami adalah uang.

2) Jika kamu kredit di tempat lain pastikan jangan ada masalah

Pihak pemberi pinjaman tidak akan dengan mudah memberikan pinjaman. Pihak pemberi pinjaman akan mencari tahu dulu riwayat debitur/pihak yang mengajukan pinjaman.

Usahakan jika kamu akan meminjam dana, kamu tidak mempunyai masalah tunggakan atau telat bayar dengan pihak institusi pemberi pinjaman sebelumnya.

3) Pastikan kamu punya pendapatan yang pasti dan konsisten

Pihak pemberi pinjaman akan sangat memprioritaskan kamu yang punya riwayat baik sebagai debitur, dan juga mempunyai pendapatan yang tetap.

Pihak pemberi pinjaman juga tidak mau memberi resiko dengan meminjamkan dana ke debitur yang mempunyai kemungkinan pembayarannya nunggak.

4) Gunakan pinjaman atau kredit untuk kepentingan yang penting

Ingat bahwa kamu mengajukan pinjaman sebagai upaya untuk membantu modal usahamu atau membantu kebutuhan yang penting.

Jangan sekali – kali berani mengajukan pinjaman hanya karena kamu perlu membeli sesuatu yang tidak menjadi kebutuhan utama.

5) Membayar tepat waktu

Bayangkan seperti kamu meminjam sesuatu ke temanmu. Kamu dituntut untuk mengembalikan barang itu tepat waktu, bukan?

Nah, hal ini juga harus kamu aplikasikan saat meminjam dana ke pihak institusi keuangan atau lembaga yang memberikan pinjaman.

Usahakan kamu mengembalikan pinjaman tepat waktu dan jangan sampai telat berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan. Jika kamu telat, bukan hanya ada denda yang akan kamu dapat, tapi riwayat kamu sebagai debitur juga akan menjadi buruk dimata pihak pemberi pinjaman.

Bagaimana Sobat PAYFAZZ? Sudah mengerti kan bahwa proses pengajuan kredit panjang, tetapi proses pengajuan kredit dan mendapatkan kredit itu mudah jika kita mau mematuhi peraturan dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi, buat kamu yang mau mengajukan kredit pahami dulu prosesnya ya, selamat mencoba Sob!

 

Shares
Share This