PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Pemakaian Lampu LED Bisa Menghemat Tagihan Listrik Lho!

By Ihsan Ihsan - September 14, 2021
pemakaian lampu led

Saat ini semakin banyak saja orang yang beralih menggunakan lampu LED. Meski harganya sedikit lebih mahal, namun tak bisa dipungkiri jika lampu LED memang lebih hemat daya listrik. Misalnya saja, satu rumah diganti dengan lampu tersebut, saat cek tagihan listrik pun pasti jumlahnya lebih sedikit dari tagihan sebelumnya.

Meskipun lampu hemat listrik, namun lampu LED juga sangat terang—bahkan lebih terang ketimbang bohlam. Mengapa bisa demikian? Dan kenapa penggunaan lampu LED bisa menghemat listrik? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Energi yang digunakan fokus untuk cahaya

Kita bandingkan lebih dulu dengan bola lampu atau bohlam yang menyala karena filamen yang terhubung antara dua kutub listik. Filamen ion bola lampu selain menghasilkan cahaya juga menimbulkan panas. Bahkan jika dibandingkan, rasio energi cahaya dan panas di sistem bohlam hampir setara. Sedangkan lampu LED, 95% energinya digunakan untuk memproduksi cahaya. Jadi, jangan heran kalau lampu LED lebih terang dan lebih hemat.

Nyaris tidak menghasilkan panas

Berbeda dengan bola lampu, neon sedikit lebih hemat energi. Metode neon agar bisa menyala adalah dengan adanya lompatan elektron dan lompatan tersebut terjadi antara dua filamen di ruang hampa. Butuh tegangan yang cukup tinggi dalam sekejap agar lompatan tersebut bisa terjadi. Namun jika dibandingkan dengan lampu LED, tentu lampu LED masih lebih unggul soal hemat energi. Hal itu karena LED terdiri dari kutub anoda dan katoda. Lompatan kedua kutub di ruang hampa itu yang membuatnya menyala. Dan nyaris tak ada panas yang ditimbulkan saat terjadinya lompatan.

Bekerja efisien

Seperti yang dibahas selumnya, lampu LED memang bekerja sesuai fungsinya. Lampu tersebut menghasilkan cahaya, dan hanya membuang sekitar 5% energi untuk panas. Tak hanya itu, lampu tersebut juga tidak menghasilkan infra merah dan ultraviolet, sehingga tidak membuat mata silau karena sinarnya lebih alami. Sinarnya juga lebih aman untuk mata dan kulit. Bahan materialnya juga tidak beracun, sehingga mudah didaur ulang.

Bukan hanya listrik yang bisa dihemat

Lebih hemat daya listrik mungkin adalah alasan utama menggunakan lampu LED. Namun masih ada segudang keunggulan lain saat menggunakan lampu tersebut, seperti tak perlu sering-sering membeli lampu lagi. Hal itu karena lampu LED sangat awet, bahkan ada yang memberikan garansi sampai bertahun-tahun. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun bisa digunakan hingga tahunan, menggunakan lampu LED tentu bisa dibilang bukan hanya menghemat listrik saja kan?

Itulah beberapa alasan kenapa menggunakan lampu LED bisa menghemat listrik. Hal kecil bisa memberikan perubahan yang cukup besar bagi tagihan listrik bulanan. Jangan lupa gunakan aplikasi Payfazz untuk mempermudah transaksi pembayaran listrikmu, karena jaman modern ini tiap transaksi bisa dilakukan dengan jari.

tips hemat listrik

Artikel Terkait