5 aktivitas puasa

Mungkin Kamu Tidak Sadar, tapi 5 Aktivitas ini Bikin Puasa Kamu terasa Lama lho!

Info dan Tips

Saat sedang suntuk dan ngantuk pas puasa biasanya kamu ngapain aja, Sob? Tidur – tiduran sampe bener – bener ketiduran? Atau nonton TV sampe sore? Hmm, pastinya aktivitas – aktivitas tersebut bisa membunuh waktu sampai waktu Azan Magrib tiba ya?

Selain itu, pernah ga sih kamu merasa kalau semua aktivitas yang kita lakukan itu malah akhirnya bikin jenuh dan terasa waktu menjelang Magrib sangat panjang. Ini wajar atau ada sesuatu yang kurang tepat untuk menunggu waktu Magrib. Nah untuk lebih jelasnya yuk coba kita perhatikan beberapa hal yang sepertinya bikin puasa kamu terasa lama.

Main Handphone seharian

main hape

Generasi jaman now memang udah susah banget jika harus jauh – jauh dari handphone. Hal ini terbukti dengan maraknya orang – orang lebih suka mendengarkan musik sambil mengutak – atik handphone dan browsing lewat sosial media ketika di tempat umum.

Fenomena itu memang tidak bisa dipungkiri lagi karena perubahan zaman yang terjadi. Namun, jika kamu rasakan, bermain handphone seharian saat bulan puasa akan membuat puasa kamu terasa lama lho. Kenapa? Hal ini karena kamu melakukan satu aktivitas yang sama dengan intensitas waktu yang lama. Sehingga secara tidak langsung badan kamu akan merasa jenuh dan akhirnya kamu merasa waktu berjalan sangat lama.

Solusinya adalah kamu bisa nih mulai mengurangi pemakaian handphone dalam jangka waktu lama saat puasa. Yuk nanti mulai dicoba ya!

Nonton sepanjang hari

nonton TV

Lihat video di YouTube dan nonton TV memang asik. Selain menambah wawasan dan informasi, melihat tayangan di media elektronik tersebut akan mampu membunuh waktu. Tayangan bergambar dan bergerak pastinya juga akan terasa dinamis sehingga kita akan merasa waktu berjalan sangat cepat.

Namun, jangan sampai aktivitas ini kamu lakukan setiap hari, karena justru hal ini akan membuatmu merasa jenuh. Kamu akan merasa lelah karena harus duduk atau berada pada posisi menatap layar. Mata dan badan mu akan merasa capek karena kamu tidak banyak bergerak.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah, coba kombinasikan beberapa aktivitas lain seperti bersih – bersih kamar atau jalan – jalan sekitar rumah untuk menetralkan rasa jenuh tadi.

Tidur – tiduran sampe tertidur

tidur tiduran

Memang benar kalau tidurnya orang puasa itu bisa menjadi pahala, tapi kalau seharian tidur siang sih sama aja mengundang penyakit. Fungsi tidur pada dasarnya adalah mengistirahatkan badan, sehingga inilah mengapa tidur malam mempunyai durasi waktu yang lebih lama yaitu 8-9 jam.

Sementara, lama tidur siang itu maksimal 1 jam, jika kamu tidur siang melebih 1 jam biasanya kepala akan terasa pusing dan badan malah terasa pegal. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya badan kamu bergerak dan melakukan aktivitas lain. So, sebagai solusi, kamu bisa mengurangi waktu tidur siang, melakukan gerakan – gerakan stretching ringan, atau melakukan kegiatan lain yang bisa membuat badan bugar.

Dengerin lagu sambil males – malesan

mendengarkan lagu

Pasang headset.

Putar playlist lagu favorit.

Males – malesan di sofa atau kasur.

3 hal di atas sepertinya terasa sangat nyaman ya, dan sangat memanjakan diri sendiri. Namun, kalau kamu melakukan hal di atas seharian pastinya akan menjadikan badan mu kurang gerak. Hal itu juga akan menyebabkan kamu merasa cepat dan mudah bosan. Alhasil, kamu pun akan merasa puasa satu hari seperti puasa 1 minggu.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut mudah banget kok. Caranya kamu cukup mengkombinasikan beberapa aktivitas yang bermanfaat. Lakukanlah aktivitas seperti hari – hari biasanya seperti membereskan kamar, bersih – bersih rumah dan lain – lain, maka dengan begitu waktu menjelang berbuka pun akan terasa cepat.

Gosip

gosip

Namanya gosipin orang, atau ngomongin orang itu gak ada faedah sama sekali. Selain itu cuma datengin dosa buat kita yang ngomongin orang, aktivitas nge-gosip juga bisa bikin puasa batal dan bikin capek.

Buat kamu yang kalau bulan puasa masih suka ngomongin keburukan,  atau kejelekan orang sebaiknya mulai dikontrol deh. Kalau bisa menjauh dan jangan kamu lakukan lagi karena hal itu cuma membawa pengaruh negatif.

Gitu aja Sob, mungkin buat kamu – kamu yang masih suka melakukan aktivitas – aktivitas di atas coba yuk berbenah diri dan kurang melakukan kegiatan di atas. Memanjakan diri boleh, namun jika berlebihan juga kurang baik dilakukan saat berpuasa.

Mari lakukan aktivitas yang membawa manfaat lebih saat berpuasa 🙂

Shares
Share This