naik-krl-dengan-thb-kmt

Naik KRL Lebih Nyaman Dengan Kartu Multi Trip dan Tiket Harian Berjamin!

Info dan Tips

Naik KRL bisa menggunakan kartu Tiket Harian Berjamin dan Kartu Multi Trip.

Tingkat kemacetan yang tinggi karena disebabkan volume kendaraan yang terus meningkat menyebabkan jalan protokol, jalan tol dan jalan kecil di kota Jakarta semakin tidak memadai untuk mengakomodir jumlah kendaraan roda empat dan dua.

Salah satu hal untuk mengurangi kemacetan tersebut adalah menggunkan alat transportasi umum. Alat transportasi umum menjadi sarana penting yang diminati banyak masyarakat Jakarta.

Alat transportasi umum yang biasa digunakan dan tersedia diantaranya adalah Angkutan Kota (Angkot), Ojek, Kopaja, Bajaj, dan yang menjadi primadona saat ini adalah Kereta Rel Listrik (KRL) atau disebut juga Commuter Line, dan juga Bus Transjakarta.

Untuk dapat menggunakan KRL dan Transjakarta kita perlu menggunakan kartu elektronik yang terhubung langsung dengan sistem di gate saat menempelkan kartu.

Kalian perlu mengenal dulu apa itu Tiket Harian Berjamin (TBH) dan Kartu Multi Trip (KMT). Kartu Tiket Harian Berjamin hanya dapat digunakan untuk satu kali perjalanan dan dapat dilakukan refund, sementara Kartu Multi Trip dapat isi ulang saldo dan bisa digunakan berkali – kali.

Perbedaan Tiket Harian Berjamin dan Kartu Multi Trip

Kasih gambar kartu

Kebijakan Penggunaan Tiket Harian Berjamin (THB) dan Kartu Multi Trip (KMT)

Kartu THB dan KMT adalah produk yang dihasilkan dengan kerjasama antara pihak Commuter Line dengan pihak Bank untuk membantu serta mempermuda transaksi pembyaran tiket KRL untuk masyarakat urban di Jakarta.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang menjadi kebijakan dalam penggunaan THB dan KMT, berikut penjelasannya

Kebijakan untuk Tiket Harian Berjamin (TBH)

  1. THB tidak berfungsi dan uang jaminan milik kamu tidak akan berlaku jika penumpang hanya tapping melalui pintu masuk / gate in dan idak keluar melalui pintu resmi.
  2. Penumpang tidak dapat menggunakan kembali tiket maupun mendapatkan pengembalian uang jaminan apabila tiket rusak dan tak dapat terbaca di sistem e-ticketing KRL
  3. Uang jaminan dan tarif dapat dikembalikan jika penumpang batal dalam melakukan perjalanan dan belum melakukan tapping masuk ke gate in
  4. Uang jaminan dikembalikan tanpa tarif jika penumpang batal melakukan perjalanan namun sudah terlanjur masuk ke gate in
  5. Penumpang dikenakan denda sebesar Rp 5.000 apabila melakukan perjalanan melebihi tujuan awal atau kurang bayar.
  6. Penumpang akan dikenakan suplisi senilai Rp 50 ribu yang menggunakan tiket kadaluarsa atau menggunakan fasilitas KRL tanpa tiket
  7. Pengisian tarif pada THB di pagi hari dapat digunakan sampai malam di hari yang sama. Hal ini dengan catatan, penumpang yang mengisi tarif di Stasiun Sudirman tidak bisa menggunakan tiketnya di Stasiun Karet.
  8. THB yang telah diisikan tarif tertentu tidak dapat digunakan untuk har berikutnya. Tetapi, kartu fisik THB masih dapat berfungsi untuk pengisian tarif baru. Dalam hal ini yang hangus hanya tarif yang dibeli.

Kebijakan untuk Kartu Multi Trip (KMT)

  1. Kartu KMT hanya dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas transportasi Commuter Line
  2. Kartu KMT dapat dipindah tangankan kepada yang bukan pemilik awal KMT tersebut
  3. Kartu KMT untuk Commuter Line tidak dapat digunakan untuk 2 orang dalam 1 kali tapping
  4. Masa berlaku KMT tidak ada atau dengan kata lain tidak dibatasi, dan saldo minimal Rp 13.000 yang tersisa di dalam KMT
  5. KMT yang hilang atau dicuri tidak dapat diblokir seperti kartu ATM. Segala sesuatu yang terjadi pada KTM adalah tanggungjawab dari pemilik kartu sendiri
  6. Penumpang yang tidak tapping di gate in maka saat tapping di gate out akan dikenakan tarif perjalanan tertinggi.
  7. Penumpang akan digunakan SUPLISI Rp 50.000,- apabila penumpang melakukan perjalanan dengan saldo yang lebih kecil dari saldo minimal di dalam kartu (Rp 13.000,-)
  8. Kartu tidak dapat digunakan dan penumpang harus membayar tarif tertinggi dan menyelesaikan pembayaran di loket dengan petugas apabila tidak/lupa tapping di gate out
  9. Jika penumpang melakukan perjalanan dan membatalkan perjalanan di stasiun asal dan keluar di stasiun asal dimana dia berada, maka penumpang dikenakan tarif terendah.
  10. Jika terdapat gangguan dalam waktu tertentu yang menyebabkan perjalanan KRL di suatu rel atau jalur atau lebih dibatalkan dan tidak sampai tujuan, maka perjalanan yang telah terrekam di sistem akan di batalkan di loket stasiun KRL Jabodetabek. Pengguna kartu KMT dibebaskan dari biaya/tarif saat itu yang berlaku.
  11. Dalam kondisi darurat (force majeure) seperti pemogokan kerja, kebakaran, kerusuhan massa, sabotase, bencana alam seperti gempa bumi dan banjir yang dibenarkan oleh pejabat yang berwenang, atau hal – hal yang diluar kuasa pihak terkait, maka tidak ada pihak dari manapun yang dapat dituntut dan mempunyai kewajiban memberi ganti rugi.
  12. Pengguna kartu tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku termasuk perubahan yang diberikan di luar syarat ketentuan oleh pihak PT.KAI Commuter Jabodetabek dalam bentuk & melalui sarana / media apapun.

Profil Tiket Harian Berjamin (THB)

Untuk cara mendapatkan kartu TBH kamu dapat membeli tersebut melalui loket – loket yang ada di stasiun – stasiun KRL di area Jabodetabek.

Untuk pertama kali menggunakan kartu TBH, maka kamu akan dikenakan tarif berikut,

  • Rp 13.000 (untuk 25 Km pertama)
  • Ada tambahan Rp 1000 untuk setiap 10 Km berikutnya

Sebagai contoh untuk mempermudahnya, adalah sebagai berikut

  • Jika kamu membeli kartu baru dan naik dari stasiun Jatinegara, dan berniat turun di stasiun Pasar Minggu, maka kamu cukup membayar Rp 13.000 (10.000 adalah biaya jaminan kartu dan 3.000 adalah ongkos tiket). Hal ini karena dari Jatinegara – Pasar Minggu masih dalam rentang 25 Km.
  • Jika kamu membeli kartu baru dan naik dari stasiun Jatinegara menuju Bogor, maka kamu akan dikenakan Rp 15.000 (10.000 adalah biaya jaminan kartu dan 5.000 adalah ongkos tiket). Hal ini karena jarak Jatinegara ke Bogor lebih dari 25 Km da nada tambahan 20 Km.

Setelah sampai di stasiun tujuan dan jika kamu menggunakan TBH maka kamu mempunyai 2 pilihan yang bisa kamu gunakan,

  • Opsi pertama melakukan refund Definisi refund sendiri adalah mengembalikan kartu TBH ke pihak penjaga loket ataupun melalui vending machine, dan menukarkannya dengan uang jaminan milikmu yang bernilai Rp 10.000

Langkah untuk melakukan refund dapat melalui loket. Silahkan kamu menemui petugas loket, memberikan kartu THB dan bilang saja kamu akan melakukan “refund” atau “mau menukar dengan uang jaminan.”

Untuk melakukan refund kartu THB di vending machine kamu bisa memasukkan kartu THB. Lalu setelah menu di layar vending machine menunjukkan menu : Ambil Jaminan

Setelah itu sejumlah uang jaminan (Rp 10.000) akan kamu terima.

  • Opsi kedua kamu bisa menunda refund, dimana uang jaminan kamu akan tetap mengendap, dan jika kamu berniat menggunakan KRL kembali dengan THB, maka kamu tinggal menukar kartu tersebut, membayar uang tarif tanpa membayar uang jaminan Rp 10.000 lagi.

Oh ya, batas melakukan refund sejak kartu digunakan adalah 1 minggu. Jadi kalau kamu malas mengantri karena lagi ramai, kamu bisa simpan dulu kartunya dan menunggu sampai antrean sepi saat ke stasiun kembali.

Kamu bisa melakukan refund di stasiun mana saja lho Sob, selama kartu THB masih dalam periode 1 minggu tersebut.

Untuk beberapa stasiun, sistem pembelian TBH sudah tidak melalui loket, melainkan menggunakan vending machine.

Penggunaan Vending Machine ini diperuntukkan supaya mengurangi antrean panjang dan juga mengenalkan masyarakat Indonesia dengan teknologi.

Isi Ulang Kartu THB

Untuk mengisi ulang Tiket Harian Berjamin kamu bisa lakukan lewat loket yang ada di stasiun – stasiun yang kamu datangi. Kamu juga bisa menggunakan vending machine untuk melakukan pembelian THB KRL.

Profil Kartu Multi Trip (KMT)

Cara Mendapatkan Kartu Multi Trip.

Kamu bisa mendapatkan Kartu Multi Trip (KMT) dengan beberapa cara, diantaranya adalah :

  • Di kantor – kantor Bank terkait yang mengeluarkan Kartu Multi Trip
  • Kamu juga bisa membeli kartu KMT di loket – loket stasiun – stasiun yang dilalui jalur KRL
  • Coba cek toko – toko franchise seperti Indomart dan Alfamart, biasanya mereka juga menjual kartu KMT lho
  • Kamu juga bisa cek toko – toko online sepert tokopedia, dan bukalapak. Banyak penjual yang menjual produk KMT.

Jenis – jenis Kartu Multi Trip

  • FLAZZ BCA

Jika kamu adalah salah satu nasabah untuk bank BCA kamu bisa menggunakan kartu FLAZZ untuk naik KRL.

Kamu bisa mendapatkan kartu FLAZZ di kantor – kantor cabang Bank BCA, gerai – gerai Indomart, alfmart, ataupun lewat toko online seperti tokopedia, atau bukalapak yang sudah banyak menjajakan produk KMT jenis FLAZZ.

  • BRIZZI BRI

Salah satu Bank BUMN yang juga meluncurkan KMT adalah BRI. Dengan memberikan nama BRIZZI, BRI turut berpartisipasi dalam memberikan kemudahan masyarakat urban di Jakarta untuk menikmati transportasi umum Kereta Rel Listrik atau KRL.

  • E-MONEY MANDIRI

E-money Mandiri merupakan produk keluaran Bank Mandiri. Sama dengan kartu FLAZZ, kamu dapat membeli kartu ini di kantor – kantor cabang Bank Mandiri, ataupun toko online seperti tokopedia dan bukalapak.

Kini juga sudah banyak para penjual online di Instagram yang menyediakan jasa penjualan KMT dengan custom design.

Tapi perlu perhatikan juga dan hati – hati penipuan ya, pintar – pintar memilih toko online yang menjual produk KMT ini.

  • TAPCASH BNI

BNI juga mengeluarkan produk KMT yang diberi nama Tapcash BNI. Produk ini juga mempunyai fungsi untuk menjadi alat pembayaran saat akan naik KRL.

Sama dengan kartu – kartu lainnya, pengguna Tapcash tidak hanya nasabah BNI, tapi juga dapat berupa non-nasabah BNI.

  • MEGA CASH

Bank MEGA juga turut andil dalam mengeluarkan produk KMT untuk masyarakat urban Jakarta. Dengan kartu Mega Cash yang dapat dibeli di loket – loket KRL, kamu sudah dapat mengantongi kartu multi trip ini.

Cara Isi Ulang Kartu Multi Trip

Apabila kamu menggunakan KMT kamu bisa melakukan isi ulang atau top up saldo dengan beberapa cara berikut ini

  • Melalui ATM BCA untuk KMT FLAZZ

Transaksi Isi Ulang (Top Up) dapat dilakukan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA tertentu, atau ATM Non Tunai (ANT) BCA.

Cara Transaksi Isi Ulang (Top Up) di EDC BCA:

  • Pilih menu Flazz, kemudian pilih menu Top Up.
  • Gesek Kartu Paspor BCA pada mesin EDC. Tekan “Enter”.
  • Masukkan nilai Top Up. Tekan “Enter”.
  • Masukkan PIN Kartu Paspor BCA. Tekan “Enter”.
  • Masukkan Kartu Flazz pada mesin EDC.
  • Apabila transaksi berhasil, saldo Kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil Kartu Flazz.

Cara Transaksi Isi Ulang (Top Up) di Mesin ATM atau ANT BCA:

  • Masukkan Kartu Paspor BCA ke mesin ATM / ANT BCA.
  • Masukkan PIN Kartu Paspor BCA.
  • Pilih menu Flazz. Pilih menu Top Up.
  • Masukkan nilai Top Up. Tekan “Benar”.
  • Tarik Kartu Paspor BCA dan masukkan Kartu Flazz ke mesin ATM / ANT BCA.
  • Tampil saldo awal dan nilai Top Up. Tekan “Benar”.
  • Masukkan PIN Kartu Paspor BCA*.
  • Apabila transaksi berhasil, saldo Kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil kembali Kartu Flazz.
  • *Konfirmasi PIN hanya terdapat di mesin ANT BCA

Cek Saldo Kartu Flazz

  • Pemegang Kartu dapat melakukan pengecekan saldo Kartu Flazz melalui EDC BCA, ATM BCA tertentu, ANT BCA, atau aplikasi BCA mobile

Cara cek saldo Kartu Flazz di EDC BCA :

  • Letakkan Kartu Flazz ke Reader.
  • Reader secara otomatis akan menampilkan saldo Kartu Flazz.
  • Cara cek saldo Kartu Flazz di mesin ATM BCA atau ANT BCA :
  • Masukkan Kartu Flazz ke mesin ATM atau ANT BCA.
  • Mesin ATM atau ANT BCA akan menampilkan saldo Kartu Flazz.
  • Tekan “Selesai” dan ambil Kartu Flazz.
  • Cara cek saldo Kartu Flazz di aplikasi BCA mobile :
  • Aktifkan aplikasi Near Field Communication (NFC) di mobile phone
  • Aktifkan BCA mobile
  • Pilih menu Info Saldo Flazz
  • Tempelkan Kartu Flazz di belakang mobile phone
  • Saldo Flazz akan tampil di layar mobile phone

Melalui Bank Mandiri untuk KMT e-money

Top saldo e-money lewat ATM Mandiri berlogo “e-money”

  • Kamu top up saldo dengan menggunakan kartu debet Mandiri
  • Masukkan kartu ATM dan input PIN seperti biasa
  • Masuk ke menu Uang Elektronik, lalu pilih Mandiri e-money
  • Lalu pilih menu Isi Ulang
  • Pilih nominal isi ulang yang tertera
  • Konfirmasi nominal yang sudah dipilih
  • Selanjutnya temple kartu e-money di bagian yang bertanda e-money (ini adalah bagian untuk scan kartu, fungsinya seperti scan barcode)
  • Jika transaksi kamu berhasil maka aka nada informasi transaksi telah berhasil dan struk akan keluar
  • Saldo mandiri e-money Anda telah bertambah dan silahkan dicek.
  • Struk pembayaran jangan dibuang, kemungkinan akan berguna sewaktu – waktu

Top Up dengan Aplikasi Android Mandiri e-money/menggunakan smartphone NFC

  • Buka aplikasi Mandiri di smartphone kamu
  • Tuliskan alamat email yang telah di daftarkan
  • Masukkan kode password
  • Tempelkan kartu e-money dibelakang ponsel
  • Setelah muncul layar isi ulang, pilih nominal isi ulang
  • Masukkan nomor kartu debet/pastikan nomor kartu telah terdaftar di 3D Secure Bank
  • Masukkan masa berlaku kartu
  • Masukkan CVV (Card Verification Value yang berjumlah 3 digit di belakang kartu mandiri)
  • Tekan kirim
  • Pengguna akan meneriman kode OTP ke nomor yang telah terdaftar ke Bank
  • Pengguna akan menerima konfirmasi pembayaran sukses
  • Jauhkan kartu e-money dari ponsel dan dekatkan kembali ke posisi NFC
  • Lalu setelah muncul konfirmasi transaksi berhasil, bank Mandiri akan mengirimkan email pembeitahuan kepada pengguna

Top up via Merchant ataiu gerai Minimarket

  • Kamu bisa mendatangi merchant ataupun gerai minimarket untuk melakukan pengisian ulang saldo KMT mu
  • Hubungi kasir di minimarketi terdekat untuk melakukan top up saldo

Top up dengan menggunakan Internet Banking Mandiri

  • Silahkan daftarkan diri kamu melalui e-money Mandiri di internet Banking Bank Mandiri
  • Jika sudah, maka pilih isi ulang untuk melakukan isi ulang. Tinggal masukkan nomor kartu dan jumlah nominal isi ulang

Melalui Bank BRI untuk KMT BRIZZI

Top up via ATM BRI

  • Pertama masukkan kartu debet BRI
  • Kemudian masukkan PIN ATM Anda
  • Setelah itu pilih meu lainnya
  • Kemudian pilih menu e-money
  • Pilih menu Top Up
  • Masukkan nominal yang akan dimasukkan ke Brizzi
  • Tekan YA
  • Lalu Letakkan kartu Brizzi BRI pada reader Brizzi yang tersedia
  • Akan tampil nomer Brizzi dan jumlah top up dan total saldo. Proses Transaksi, tekan YA

Melalui Bank BNI untuk Tapscash BNI

Top up saldo via ATM BNI

  • Masukkan kartu debet di ATM BNI
  • Pilih bahasa yang digunakan
  • Masukkan pin Kartu Debet
  • Pilih menu BNI Tapcash
  • Pilih menu isi ulang kartu BNI Tapcash
  • Tempelkan kartu pada reader ATM (stiker berlogo Tapcash)
  • Pilih nominal yang diinginkan
  • Pilih tabungan
  • Tempelkan kartu pada reader ATM
  • Transaksi sukses dilakukan
  • Apabila transaksi sukses dilakukan. Saldo terupdate dan struk transaksi akan keluar

Mesin EDC di kantor Cabang BNI atau Merchant Tapcash

  • Pilih menu BNI TapCash; Tekan Enter
  • Pilih Isi Ulang Kartu; Tekan Enter
  • Swipe Kartu Debit
  • Pilih Tabungan
  • Pilih Nominal yang diinginkan; Tekan Enter
  • Pilih Direct Top Up; Tekan Enter
  • Masukan PIN Kartu Debit; Tekan Enter
  • Tempelkan kartu pada reader
  • Transaksi sukses dilakukan
  • Apabila transaksi sukses dilakukan, Saldo terupdate dan struk transaksi akan keluar

SMS Banking

  • Pilih menu Pembelian
  • Pilih menu TapCash
  • Input 16 nomor kartu TapCash
  • Input Nominal Top Up
  • Pilih Proses
  • Input PIN Challenge dengan tepat
  • Mendapat SMS konfirmasi berhasil
  • Segera lakukan Update Balance

Internet Banking

  • Login ke BNI Internet Banking
  • Pilih menu Transaksi
  • Pilih menu Pembelian/Pembayaran
  • Pilih menu Pembelian
  • Pilih opsi TapCash
  • Pilih nominal Top Up dan input 16 digit No.TapCash
  • Input BNI e-Secure Response
  • Mendapat konfirmasi berhasil
  • Segera lakukan Update Balance

Mobile Banking

  • Login ke BNI Mobile Banking
  • Pilih menu Pembelian/Pembayaran
  • Pilih menu TapCash
  • Pilih nominal Top Up dan input 16 digit No.TapCash
  • Input password transaksi
  • Mendapat konfirmasi berhasil
  • Segera lakukan Update Balance

Loket – loket di Stasiun KRL

Untuk mengisi saldo KMT di loket – loket di stasiun kamu perlu

  • Hubungi petugas di loket
  • Infokan nominal yang akan kamu berikan
  • Berikan katu KMT milikmu
  • Ambil struk dan KMT mu kembali

Loket – loket di Halte Trans Jakarta

  • Hubungi petugas di loket
  • Infokan nominal yang akan kamu berikan
  • Berikan katu KMT milikmu
  • Ambil struk dan KMT mu kembali

 

 

Shares
Share This