PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

penipuan sim card

Pahami Modus – modus Penipuan SIM Card

Info dan Tips

SIM Card atau Kartu SIM dikenal sebagai kartu pintar yang menyimpan nomor untuk mendukung aktivitas komunikasi. Namun, ada bahaya yang mengintai ketika kita kurang perhatian terhadap SIM Card milik sendiri.

Akhir – akhir ini terdapat isu dan modus penipuan yang memanipulasi orang dengan penggunaan SIM Card atau Kartu SIM.

Pertanyaannya

  1. Mengapa dan bagaimana bisa hanya dengan sebuah kartu SIM dapat menimbulkan bahaya dan menipu banyak orang?
  2. Apa modus yang dilakukan oleh para oknum untuk menipu para konsumen?

Berikut penjelasan mengenai modus – modus penipuan menggunakan SIM Card:

SIM CARD SWAP

Ada istilah yang disebut SIM Card Swap, yaitu modus penipuan yang menduplikasi atau menggandakan kartu SIM seseorang.

Melalui modus penipuan ini, penipu akan menelpon operator terkait dengan mengaku sebagai pemilik nomor tersebut. Penipu akan meminta operator memblokir nomor tersebut dan meminta SIM Card baru dengan isi nomor yang sama.

Pastinya penipu tersebut telah mengumpulkan data terkait pemilik sim card sehingga dapat dengan mudah mempunyai akses data pribadi korban.

Untuk meminimalisir dan mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan diantaranya,

Jangan pernah membagikan nomor telepon Anda ke sosial media

Membagikan nomor telepon di sosial media kini menjadi hal yang berbahaya bagi siapapun. Melalui nomor telepon, para penipu akan mampu melihat celah untuk menghubungi Anda atau yang lebih parah memanipulasi pihak provider dengan mengaku – ngaku pemilik nomor telepon Anda.

Usahakan kamu membedakan nomor telepon yang terhubung dengan akun bank dan nomor telepon untuk berkomunikasi dan sosial media

Jika memang ada suatu pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk membagikan nomor telepon ke sosial media, maka usahakan Anda mempunyai nomor telepon lain yang tidak terhubung kea kun Bank.

Dengan kata lain Anda harus mempunyai dua nomor yang berbeda fungsi penggunaannya.

Jika kartu SIM mendadak tidak aktif silahkan hubungi operator

Apabila Anda pernah mengalami hal ini silahkan langsung menghubungi pihak operator atau provider untuk melakukan pengecekkan. Segala bentuk kejadian seperti ini harus segera dilakukan pengecekkan.

Pastikan kamu melakukan registrasi nomor SIM sendiri dengan memasukkan data valid sendiri

Pada dasarnya ini adalah langkah paling dasar yang harus kamu lakukan dari awal. Usahakan kamu melakukan registrasi nomor telepon sendiri. Apabila kamu tidak terbiasa melakukan registrasi nomor telepon, minta tolong ke kakak, adik, saudara terdekat untuk membantu.

Jangan biarkan registrasimu dilakukan oleh pihak konter karena ini sangat riskan sekali, apalagi jika kamu menginfokan data pribadi ke mereka.

Hati – hati saat menerima telepon masuk dari nomor tidak dikenal

Bukannya berniat untuk mencurigai namun kita harus waspada ketika ada nomor telepon tidak dikenal yang masuk. Ketika kamu angkat dan tidak ada jawaban langsung matikan. Jangan berikan jeda terlalu lama bagi untuk menerima telepon yang tidak ada respon suara. Segera matikan jika penelpon tidak merespon hal ini mungkin saja adalah cara untuk melacak data diri Anda

Jangan mudah percaya membagikan data rahasia ke siapapun

Password, PIN, Nama lengkap, Nama Ibu Kandung, Nomor telepon dan bahkan kode OTP adalah contoh data – data pribadi yang sangat sensitif. Jika ada pihak – pihak tidak dikenal yang menanyakan hal tersebut mohon diabaikan saja.

Pihak PAYFAZZ pun tidak akan menanyakan hal – hal tersebut ke para pengguna aplikasi PAYFAZZ.

Selain SIM Card Swap ada beberapa jenis penipuan yang memanfaatkan SIM Card diantaranya adalah,

Penipuan dengan modus upgrade ke SIM Card 4G

Pihak penipu akan menginformasikan ke pengguna kartu / operator tertentu untuk mengganti kartu SIM menjadi 4G. Biasanya para penipu akan menipu korban untuk melakukan konfirmasi melalui SMS ke nomor tertentu.

Abaikan jika mereka sudah mulai meminta kode dan identitas pribadi yang bersifat rahasia seperti kode PIN, Password, OTP, NIK KTP atau nama gadis Ibu Kandung.

Penipuan nomor SIM Card cantik lewat online

Pada dasarnya untuk kasus ini hampir sama seperti penipuan pada penjualan produk, namun yang membedakan adalah penipu meng-iming imingi korban dengan label “nomor SIM Card cantik” yang komposisi angkanya unik dan mudah dihapal. Nah, daripada kamu tertipu dengan hal – hal gini, nikmati dan gunakan saja nomor telepon yang kamu miliki sekarang

Untuk menjaga keamanan jangan membagikan data pribadi seperti kode password, PIN, OTP, dan data diri lain ya. Amankan akun PAYFAZZ mu denan melakukan verifikasi data PAYFAZZ di link berikut ya

Jangan lupa update aplikasi PAYFAZZ disini 

Shares
Share This