By Ihsan Ihsan - July 10, 2021

Peluang Bisnis yang Bisa Dilakukan dengan Modal Smartphone

Peluang Bisnis yang Bisa Dilakukan dengan Modal Smartphone
  • Share

Saat ingin membangun sebuah bisnis sering kali yang menjadi kendala adalah adanya dana sebagai modal. Padahal, modal dalam membangun sebuah bisnis bisa saja tidak melulu tentang uang yang berlimpah. Dengan peralatan dan juga modal yang sedikit, kamu juga bisa membuka peluang bisnis loh. Misalnya dengan modal smartphone yang kamu miliki saat ini.

Tidak percaya? Berikut ini beberapa peluang bisnis yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal smartphone.

Menjadi dropshipper atau reseller

Sekarang ini berdagang menjadi pekerjaan yang makin banyak diminati. Sayangnya sering kali kita cenderung berpikir kalau berdagang artinya harus membeli produk atau barang dalam jumlah tertentu terlebih dahulu. Padahal sekarang ini sudah ada opsi seperti dropshipper atau reseller loh. Dengan dua cara ini kamu tidak perlu bingung menyetok barang yang mana bisa membutuhkan cukup banyak dana.

Menjadi dropshipper atau reseller [source]

Yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier dengan harga termurah dan menyediakan layanan dropship atau reseller. Umumnya kemudian kamu akan diberikan katalog berisi foto dan juga harga. Tugasmu selanjutnya adalah mencari calon pembeli. Caranya? Pasang saja di status Whatsapp, akun media sosial atau melalui pesan berantai.

Berjualan barang second atau preloved

Baju yang sudah tak muat tapi sangat layak dipakai, barang kuno atau barang antik mulai memenuhi kamar atau rumah juga bisa jadi ladang bisnis loh. Kamu bisa menjual kembali barang-barang tersebut dengan bantuan smartphone saja.

Menjual barang preloved [source]

Pertama, kamu mungkin bisa mulai mencari barang-barang yang ingin kamu jual kembali. Lalu, foto dengan smartphone-mu. Ingin lebih cantik? Edit dan desain sedikit juga boleh. Kemudian baru deh kamu pasarkan melalu media sosial atau e-commerce. Laku satu dua di awal tak masalah, nanti juga akan tiba waktunya laku semua.

Menjadi agen pulsa, token listrik atau internet

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak butuh pulsa, kuota internet atau bahkan token listrik? Rasanya hal-hal ini sudah jadi kebutuhan penting karena mendukung kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Kamu jadi melihat adanya peluang usaha menjadi agen pulsa, token listrik atau kuota internet, bukan?

Menjual pulsa online [source]

Sudah banyak kok cara menjadi agen pulsa hingga token listrik. Ada yang menawarkan tanpa deposit, ada juga yang harus pakai deposit. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan ya. Enaknya menjadi agen-agen ini adalah komisi setiap transaksi, mungkin nilainya kecil namun berpotensi tinggi dalam kuantitas. Untuk tambah uang jajan, bisa kok.

Tawarkan diri jadi customer service atau admin

Teman-teman atau keluarga ada yang memiliki bisnis jual beli? Coba saja tawarkan diri untuk jadi customer service atau admin lapak jualan mereka. Kamu hanya butuh modal smartphone dan juga kelihaian dalam ngobrol. Modal tersebut akan membuat lapak jualanmu ramai, sehingga kamu bisa dapat komisi atau gaji juga.

Menjadi admin [source]

Sekarang ini ada juga pilihan menjadi customer service atau virtual assistant yang bisa dikerjakan di rumah dengan modal handphone juga. Pekerjaannya juga tak jauh beda, melayani konsumen dengan pertanyaan atau keluhan mereka hingga menggiring mereka untuk melakukan transaksi. Pekerjaan ini biasanya bisa ditemukan di portal penyedia lowongan-lowongan kerja terkini.

Jual jasa atau hal-hal yang bisa kamu lakukan

Setiap orang pasti memiliki hobi dan beruntunglah mereka yang bisa membuat hobi menjadi peluang usaha juga. Hobi biasanya ada yang membutuhkan modal, ada juga yang tidak, misalnya hobi menulis. Kamu bisa menjual jasa penulisan di portal-portal lowongan kerja.

Peluang Bisnis yang Bisa Dilakukan dengan Modal Smartphone
Menjual jasa [source]

Selain itu, bisa juga kamu menawarkan jasa seperti jasa jahit. Kamu tak perlu bingung menawarkan produk atau membeli produk terlebih dulu. Mungkin baiknya kamu membuat contoh sedikit, kemudian mulai pasarkan melalui pesan atau media sosial. Untuk peluang usaha seperti ini kamu bisa memulai dengan promosi potongan harga agar calon pembeli tertarik.

Setelah membaca pilihan peluang bisnis di atas, sudah mulai tertarik untuk memulai bisnis? Jangan mundur dulu karena terhalang modal sebab bisa saja bisnismu bisa dimulai dari modal sederhana seperti smartphone. Kamu cukup putar otak dan jadi kreatif agar bisnismu mulai dan berjalan dengan lancar. Kamu juga bisa membuka usaha melalui PAYFAZZ lho. Melalui aplikasinya, kamu bisa membuka usaha sendiri mulai dari penjualan pulsa dan PPOB hingga warung online. Tertarik?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *