Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Fitur

Lain dulu lain sekarang. Semua pasti setuju dong kalau zaman sekarang itu semakin sulit. Seperti misalnya, saat kita sedang butuh bahan pokok bulanan yang harganya kian hari semakin mahal, juga harga properti yang tidak lagi terjangkau seperti dahulu. Sampai akhirnya banyak generasi muda yang menunda cita-citanya hingga berlarut-larut dengan alasan tak kuat dari segi finansial.

Perkembangan teknologi yang kian pesat menuntut masyarakat untuk terus mengikuti perkembangannya, maka dari itu bagi kaum generasi muda ada baiknya bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mewujudkan inklusi finansial yang lebih baik. Nah supaya pengetahuanmu tentang keuangan semakin tajam, langsung aja yuk simak perbedaan transaksi keuangan zaman dulu dan sekarang dibawah ini.

Check this out!

 

1. Kirim Uang (Wesel x Transfer)

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Wesel (surat pos) merupakan sebuah kertas formulir yang berisi petunjuk untuk membayar sejumlah uang yang nantinya akan dikirim langsung ke alamat tujuan. Wesel berfungsi sebagai alat kredit atau pembayaran, dan pembayarannya dilakukan beberapa waktu setelah formulir wesel diperlihatkan kepada penjual. Selain itu, wesel juga bisa dijadikan sebagai alat bukti yang sah dalam perdagangan lho.

Berbeda dengan wesel, transfer merupakan pembayaran masa kini yang sudah beralih secara online melalui teller di bank atau mesin atm, sistem ini terbilang singkat prosesnya karena mereka hanya membutuhkan internet untuk mengirimnya, mau jauh ataupun dekat jadi gampang deh buat kirim-kirim uang. So, kamu lebih suka yang mana nih Sob?

 

2. Pinjaman (Pinjaman Offline x Pinjaman Online)

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Tidak sedikit orang pernah mengalami situasi keuangan yang buruk dan sulit, sehingga membuat mereka untuk mencari pinjaman ke beberapa orang terdekat, ataupun ke bank untuk menutupi kekurangannya saat itu. Tetapi ada juga sebagian orang yang memanfaatkan jasa pinjaman seperti pegadaian sebagai jalan alternatif, hanya saja untuk mendapatkan pinjaman di pegadaian tidaklah mudah, kamu harus mempunyai jaminan berupa benda bergerak yang mempunyai (nilai jual), contohnya adalah motor.

Sedangkan pinjaman online merupakan sistem pinjam meminjam yang sifatnya online, alias tidak harus repot-repot datang ke gerai seperti di pegadaian. Selain itu, syarat yang dibutuhkan untuk pinjaman online juga mudah, tidak seperti halnya di pegadaian yang harus mempunyai barang bergerak sebagai penjamin. Untuk pengajuan biasanya dibutuhkan dokumen seperti KK dan KTP, selebihnya tinggal menunggu proses sekitar 5-15 menit sampai uangnya cair deh. Gimana, mudah kan Sob?

 

3. Belanja (Toko Fisik x Toko Online)

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Belanja merupakan pemerolehan suatu barang yang didapat dari penjual dengan nominal harga tertentu, seperti misalnya ketika kamu lagi di pasar, kemudian bertemu dengan salah satu pedagang disana, sampai akhirnya barang yang ingin dibeli sudah ada di tanganmu, hal tersebutlah yang dinamakan belanja melalui toko fisik (bertatapan langsung dengan penjual). Keuntungan belanja di toko fisik diantaranya, kamu bisa menawar jika dirasa harganya terlalu mahal, dan kamu bisa mengetahui wujud barangnya secara langsung.

Lalu bagaimana dengan toko online, apakah berbeda? Tentu saja beda Sob, dari jenisnya saja sudah beda, kalau transaksi online biasanya dilakukan secara tidak langsung (alias melalui internet) sehingga kamu tidak dapat bertatap muka dengan penjual. Semua proses dari memilih barang, sampai proses check out pembayaran, kamu lakukan semuanya serba online. Mantap kan Sob? Eits.. tapi diingat ya, kalau belanja online kamu ngga akan bisa nawar Sob, karena harga yang tertera adalah harga nett (pas) yang sudah termasuk dengan pajak, tetapi tidak dengan ongkirnya (ongkos kirim).

 

4. Donasi (Donasi Kotak x Donasi Online)

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Donasi kotak merupakan suatu pemberian sumbangan yang diadakan oleh lembaga amal tertentu yang telah memiliki wewenang seperti misalnya rumah zakat, pemberian ini bersifat sukarela alias siapa saja yang melihat kotak donasi bisa mengisinya secara cuma-cuma.

Berbeda dengan donasi kotak, donasi online memiliki sifat universal (untuk siapa saja) yang memungkinkan penyumbang mensedekahkan dalam jumlah yang besar, kdonasi online juga mudah dan praktis, karena kamu tidak perlu mencari kotak lagi disaat ingin memberikan donasi. Oh ya, karena sifatnya online, sistem donasi online ini dijaga langsung oleh lembaga berbadan hukum lho, jadi dapat dipastikan uangmu aman kok.

 

5. Pembayaran (Cash x Cashless)

Perbedaan Transaksi Keuangan Dulu dan Sekarang

Bagi kamu yang sering melakukan transaksi jual beli setiap harinya pasti sudah sangat familiar dengan ungkapan pembayaran secara cash (tunai). Pembayaran cash artinya kamu membayar langsung dengan fisik (uang tunai) saat itu juga. Momentum ini lumrah terjadi seperti saat kamu sedang berbelanja di pasar atau toko kelontong dengan nominal transaksi yang tidak begitu besar.

Sedangkan cashless, pembayaran yang dilakukan secara non tunai. Secara harafiah, kata cashless berarti tanpa uang tunai, alias cara menggunakannya adalah melalui media elektronik seperti kartu debit atau dompet virtual.

Nah gimana Sobat kamu sudah faham kan perbedaanya? Untuk itu jangan sampai tertukar ya, apalagi kalo sedang transfer dana ke rekening yang berbeda, maka wajib diperhatikan nomor rekening tujuannya.

Shares
Share This