tips saat ada bom

Perhatikan Hal – hal Berikut Saat Terjadi Insiden Ledakan Bom

Info dan Tips

PAYFAZZ mengucapkan rasa belasungkawa dan turut berduka cita atas insiden pemboman yang terjadi di Sidoarjo dan Surabaya pada 13 – 14 Mei 2018”

Peristiwa ledakan Bom seolah menjadi peringatan bagi masyarakat Indonesia untuk saling menjaga, melindungi dan bahu – membahu. Peristiwa peledakan bom seringkali dikaitkan dengan isu agama dan etnis tertentu.

Namun sebagai warga Indonesia yang cerdas mari kita berpikir jernih bahwa peledakan bom tersebut dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha memecah belah Bhineka Tunggal Ika dengan mengadu domba masyarakat Indonesia.

Jika kita runut kembali beberapa peristiwa peledakan bom yang pernah terjadi di beberapa tahun belakang diantaranya Bom Sarinah di Jl. MH Thamrin di Jakarta pada Januari 2016, ledakan bom di Mapolresta Solo pada Juli 2016, teror Bom di Gereja Katolik di Medan pada 28 Agustus 2016 dan peledakan bom molotov di Singkawang pada November 2016.

Sepanjang tahun 2017 terdapat peledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Mei 2017. Terakhir pada Mei 2018 terjadi insiden peledakan Bom di kota Surabaya dan Sidoarjo.

Sebagai warga Indonesia yang cinta perdamaian, jangan sampai isu – isu yang muncul  menjadi faktor pemecah belah di antara kita. Berkaitan dengan hal tersebut, jika di daerah sekitarmu muncul isu ledakan bom atau peristiwa peledakan bom, mohon jangan panik dan silahkan baca beberapa tips dan hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampak buruk. Silahkan cek di penjelasan berikut,

Panik pasti, namun harus tetap tenang 

Rasa panik pasti muncul saat terjadi insiden tersebut, namun kita harus tetap waspada dan siaga. Jangan biarkan rasa panik dan takut malah mengacaukan pikiranmu. Tetap tenang, ambil nafas yang dalam lalu keluarkan perlahan.

Langkah paling masuk akal yang dapat kita lakukan adalah menjaga jarak dengan lingkungan yang terkena insiden dan tempat umum yang kemungkinan menjadi sasaran peledakan bom kembali. Intinya tetap waspada dan siaga.

Kabari sanak saudara terdekat dan hubungi keluarga yang berada di sekitar kota tempat kejadian

Pastikan kamu tetap saling berkabar dengan sanak saudara, teman dan keluarga besar. Saling memberikan kabar dan informasi tentang keadaanmu akan membuat perasaan mereka tenang. Setidaknya walaupun jarak kalian jauh dan beda kota, kalian paham bahwa mereka baik – baik saja.

Menjaga komunikasi ini juga sangat penting untuk mengetahui informasi terbaru tentang kondisi sekitar, sehingga kalian juga bisa tetap waspada.

Tinggal di rumah sementara waktu lebih aman

Tidak dapat dipungkiri peristiwa seperti itu susah untuk diprediksi, namun sebagai bentuk antisipasi dan waspada, kita bisa tinggal di rumah untuk sementara waktu. Kurangi untuk bepergian ke tempat umum, mungkin saja berita yang tersebar tidak benar, tapi tidak ada salahnya untuk mencari aman sementara waktu hingga suasana sudah mulai normal kembali.

Pastikan jika kamu hendak bepergian keluar, infokan posisimu kepada kerabat, teman dekat dan keluarga terdekat ya. Paling tidak, ada kerabat mu yang mengetahui keberadaanmu saat ini.

Tidak menyebarkan ketakutan dengan membagikan foto – foto korban dan berita HOAX di sosial media

Aktivitas menyebarkan foto – foto korban yang bersimpuh darah dan sebagainya bukanlah bentuk rasa belasungkawa. Hal tersebut malah menciptakan kesan kita tidak menghargai karena foto – foto tersebut hanya akan menimbulkan rasa mencekam dan sedih bagi pihak – pihak yang melihatnya.

Ketika kamu menerima informasi – informasi yang kebenarannya belum pasti, mohon untuk tidak menyebarkannya ke khalayak umum. Lebih baik pantau informasi terkini melalui Televisi, sosial media dan berita

Update berita melalui sosial media dan TV

Update berita melalui sosial media dan TV menjadi salah satu hal paling ampuh untuk menepis semua berita bohong atau HOAX. Melalui berita di TV dan sosial media resmi dari portal berita akan membuat kamu lebih merasa aman dan dapat lebih waspada.

Jika kamu tidak sempat menonton, pastikan kamu cukup membaca berita untuk mengetahui informasi terkini mengenai insiden atau peristiwa tersebut.

Sekian informasi yang berkaitan dengan hal – hal apa saja yang perlu dilakukan saat terjadi insiden ledakan Bom. Mari jadi Agen PAYFAZZ yang cerdas dengan tidak menghakimi pihak manapun, tetap saling menjaga, melindungi antar tetangga, dan tetap waspada di segala kondisi.

Shares
Share This