asuransi kesehatan

Pilih Asuransi Kesehatan mana? BPJS atau Asuransi Swasta?

Info dan Tips

BPJS Kesehatan merupakan produk asuransi kesehatan yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Keunggulan BPJS Kesehatan adalah premi yang murah dan manfaat tanggungan asuransi yang luas. Di samping BPJS Kesehatan, terdapat pula pilihan asuransi swasta seperti Prudential, Allianz, Manulife dan berbagai penyedia jasa asuransi lainnya.

Tentunya asuransi kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama dan wajib bagi kita semua karena biaya sakit yang mahal. Dengan adanya proteksi dari asuransi kesehatan, kita dapat berobat dengan layak menggunakan premi asuransi dan terhindar dari kesulitan ekonomi/bangkrut karena biaya kesehatan yang terlalu mahal.

Kita semua sepakat bahwa kita membutuhkan asuransi kesehatan untuk proteksi diri kita maupun keluarga kita di kala kita sakit dan membutuhkan biaya. Nah, sekarang timbul pertanyaan baru.

Asuransi kesehatan mana yang harus kita pilih? BPJS Kesehatan atau Asuransi Perusahaan Swasta? Untuk membuat pilihan yang baik, sebaiknya kita pahami dan kaji dengan seksama dulu mengenai BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta. Setelah kita memahami keduanya secara mendalam, maka kita bisa membuat pilihan yang terbaik 🙂

BPJS Kesehatan vs Asuransi Swasta
Untuk dapat memilih dengan baik dan tepat, mari kita pelajari terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan dari produk BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta.

asuransi kesehatan

Keunggulan BPJS:

  1. Tidak perlu pengecekan medis di awal
  2. Iuran premi yang relatif murah
  3. Manfaat tanggungan premi yang relatif luas
  4. Tidak ada batasan plafond asuransi
  5. Semua tagihan RS akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan asalkan kita mengikuti prosedur dan standar kelas yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan

Kelemahan BPJS: 

  1. Proses pengurusan cenderung lambat dan berbelit-belit sehingga tidak nyaman
  2. Antrian penggunaan BPJS sangat panjang terkadang tidak dibarengi dengan tenaga pelayanan yang berbanding lurus.
  3. Pilihan Rumah Sakit terbatas, biasanya dibatasi di dalam negeri
  4. Kapasitas Rumah Sakit untuk Pasien BPJS cenderung terbatas
  5. Rumah Sakit terkadang tidak mau menerima pasien BPJS jika kapasitas ruangannya sedang penuh

Asuransi kesehatan

Keunggulan Asuransi Swasta:

  1. Kecepatan dan kemudahan dalam proses pengurusan
  2. Fleksibilitas dalam pemilihan rumah sakit, baik di dalam negeri maupun luar negeri
  3. Kapasitas Rumah Sakit untuk Pasien Asuransi tidak terbatas
  4. Rumah Sakit cenderung lebih terbuka dalam menyambut pasien Asuransi Swasta dibanding pasien BPJS

Kelemahan Asuransi Swasta:

  1. Memerlukan pengecekan medis yang sangat ketat di awal sehingga banyak yang dianggap tidak layak
  2. Iuran premi yang cenderung mahal
  3. Manfaat tanggungan premi yang cenderung terbatas (tidak memfasilitasi perawatan kehamilan, rawat jalan, perawatan gigi dan perawatan optik)
  4. Ada batasan plafond asuransi yang menyebabkan tidak semua tagihan bisa dibayarkan, khususnya jika biaya pengobatan mahal. Hal ini sangat memberatkan karena kita justru menggunakan proteksi untuk biaya pengobatan yang mahal.

Itu merupakan gambaran kasar keunggulan dan kelemahan dari Produk BPJS Kesehatan dan Produk Asuransi Swasta. Perbandingan antara keduanya digambarkan dalam Tabel di bawah.

Nah, sekarang Sobat sudah paham kan perbedaan antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta, termasuk keunggulan dan kelemahan dari masing-masing produk. Sekarang, Sobat sudah bisa memilih dengan lebih baik, produk asuransi kesehatan mana yang lebih cocok untuk Sobat Payfazz sekalian 🙂

Untuk Sobat yang lebih menyukai produk BPJS Kesehatan dan sudah mendaftar BPJS, Sobat bisa membayar iuran BPJS bulanan sobat melalui Payfazz.

Pembayaran melalui Payfazz sangat mudah dengan biaya admin yang bersahabat sehingga akan sangat memudahkan kalian. Dengan Payfazz, iuran BPJS Sobat akan dapat dibayar hanya dengan beberapa klik di smartphone.

Melalui Payfazz, pembayaran iuran BPJS menjadi jauh lebih mudah. Bayar BPJS hanya dengan beberapa klik di smartphone. Selamat mendaftar BPJS Kesehatan dan membayar iurannya melalui PAYFAZZ

 

 

Shares
Share This