manfaat beraktivitas saat berpuasa

Puasa Tetap Beraktivitas? Siapa Takut?!

Info dan Tips

Hi, Sobat PAYFAZZ! Siapa yang kadang suka ngeluh berangkat kerja pas Puasa?

Atau ngerasa males banget memulai aktivitas?

Hmm sepertinya kamu harus mulai merubah kebiasaan itu Sob!  

Bagi umat muslim, bulan Ramadan menjadi momentum yang paling dinanti. Selain dikenal sebagai bulan yang penuh rahmat, Ramadan juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan produktivitas ‘lho.

Kebanyakan dari kita pasti merasa berat ketika harus bekerja dan beraktivitas selama bulan Ramadan. Tunggu dulu, ternyata telah banyak penelitian modern yang menyatakan bahwa puasa tidak hanya baik untuk mental, tapi juga kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, selama berpuasa tubuh kita akan diberikan kelonggaran dari sistem kerja tubuh  yang padat sehingga organ – organ tubuh akan mendapat waktu yang banyak untuk beristirahat.

Nah, selain itu beraktivitas saat puasa juga mempunyai sisi baik yang sebenarnya telah kita rasakan dan alami. Untuk memahami lebih lanjut apa saja manfaat puasa berikut ini adalah penjelasannya.

Yuk, simak secara seksama!

Waktu akan terasa cepat berlalu

puasa ramadan bersama payfazz

Saat puasa lebih enak kalau kita melakukan aktivitas di luar. Kenapa? Karena dengan beraktivitas maka tubuh kita akan tetap bergerak, dan otak kita pun akan tetap bekerja.  Nah situasi tersebut akan memberikan sugesti bagi tubuh bahwa waktu cepat berlalu.

Hal di atas dipicu juga dengan aktivitas fisik dan otak yang kita lakukan sehingga kita akan merasa beraktivitas seperti hari – hari biasa di luar bulan puasa.

Nah, kalau kamu puasa jangan malas – malasan di rumah ya. Tetap beraktivitas seperti biasa karena ini akan membuat puasa kamu terasa ringan dan santai.

Puasa itu menyehatkan

puasa ramadan bersama payfazz

Seperti layaknya moda restart maka fungsi puasa adalah menyegarkan lagi metabolisme tubuh. Organ dalam seperti usus, jantung, paru – paru serta hati akan mendapatkan waktu istirahat cukup selama berpuasa. Saat berpuasa dan tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke tubuh, maka proses metabolisme akan membakar lemak yang kemudian mengubah menjadi energi yang lebih efisien.

Selama berpuasa maka proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari dalam tubuh) akan terjadi. Maka proses ini sangat menguntungkan tubuh untuk lebih sehat. Selain itu liver akan memecah glukosa menjadi sumber energi dan inilah yang membuat orang mengalami penurunan berat badan setelah berpuasa.

Bisa memaknai kebersamaan dengan buka puasa bersama teman

puasa ramadan bersama payfazz

Momentum buka puasa saat bulan Ramadan bukan hanya acara rutinitas saja, namun lebih jauh maknanya, yakni menyambung silaturahmi sesama umat muslim. Kegiatan buka puasa nampaknya sudah menjadi ajang bagi generasi kekinian untuk menyambung tali silaturahmi.

Hal ini menjadikan makna kebersamaan saat buka puasa akan terasa, apalagi bagi mereka yang merantau dan jauh dari kampung halaman. Melalui momentum tersebut maka makna buka puasa bersama akan menjadi hangat dan bermakna.

Kamu tetap bisa melakukan hal positif walaupun sedang puasa

puasa ramadan bersama payfazz

Selain bekerja saat bulan Ramadan, kamu juga dapat melakukan hal positif lainnya seperti berolahraga kecil (jogging) di lingkungan sekitar rumah atau tetap menjalankan bisnis kamu berjualan online. Dalam hal ini, kamu bisa mengajak orang terdekatmu untuk beraktivitas seperti orang tua, atau sahabat.

Sekecil apapun aktivitasnya, lakukan saja, karena dengan begitu kamu akan tetap produktif dan tetap bisa melakukan hal positif yang bermanfaat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

puasa ramadan bersama payfazz

Selama berpuasa kita sangat dianjurkan untuk menahan emosi dan amarah. Hal ini lantaran saat berpuasa, apabila kita emosi dan marah maka adrenalin akan diproduksi dengan jumlah tinggi sehingga darah akan mengalami tekanan tinggi. Hormon steroid dalam tubuh akan memproduksi seretonin (hormon yang mendorong perasaan gembira). Apabila dalam keadaan marah, maka hormon seretonin tadi akan berkurang produksinya.

Nah, intinya kita harus tetap bahagia saat puasa supaya tetap sehat dan puasa juga lancar dan berkah ya Sob!

Dari semua penjelasan di atas, puasa bukan penghalang untuk tidak bekerja dan beraktivitas seperti biasa, melainkan dapat dijadikan sebagai motivasi dalam beribadah dan melakukan aktivitas lain ya. Selamat beraktivitas dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Tetap gunakan aplikasi PAYFAZZ saat bertransaksi di bulan Ramadan, agar perasaan senantiasa bahagia selalu 🙂

 

 

 

 

 

Shares
Share This