Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Tim Jagoanmu Siapa Sob?

Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Tim Jagoanmu Siapa Sob?

Info dan Tips

Hi Sobat! Gimana kabarmu hari ini Sob? Semoga makin semangat ya. Nah kali ini kita akan ngebahas pertandingan yang lagi hits nih, salah satu olahraga yang paling digandrungi pria kalo lagi ngumpul sama temen-temennya itu loh, hayo tebak apa? Yap, piala dunia.

Oh ya, ternyata piala dunia memilki cerita sejarah yang menarik lho, mulai berdiri sejak tahun 1930, cabang olahraga bergengsi ini terus berkembang semenjak diresmikannya oleh FIFA. Supaya rasa penasaran kamu terjawab tentang sejarah piala dunia, simak langsung aja yuk info lengkapnya dibawah. Check this out!

Piala dunia merupakan ajang sepakbola terbesar di seluruh dunia. Turnamen ini biasanya digelar setiap empat tahun sekali oleh FIFA (selaku badan sepakbola tertinggi di dunia). Piala dunia atau yang memiliki nama resmi FIFA World Cup, mengajak setiap negara untuk ikut berpartisipasi melalui tahap kualifikasi hingga putaran final untuk memperebutkan trofi emas juara dunia.

Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Tim Jagoanmu Siapa Sob?

Meski begitu, ternyata turnamen ini mempunyai sejarah yang cukup panjang lho, dan saking populernya piala dunia pernah mencatat rekor History of World Cup sebagai olahraga terpopuler dari tahun 1930 sampai saat ini (2018). Sungguh menakjubkan Sob!

 

Sejarah Piala Dunia (Pildun)

Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Tim Jagoanmu Siapa Sob?

Jauh sebelum piala dunia pertama diadakan pada tahun 1930, pertandingan sepakbola pertama kali sudah diadakan pada tahun 1872 lho. Saat itu, pemain inggris bertemu dengan kesebelasan Skotlandia yang terkenal dengan taktik bermainnya yang sangat baik, sampai akhirnya sepakbola mulai populer di belahan dunia saat memasuki tahun 1900-an.

Banyak sekali tim nasional dari berbagai negara yang mulai terbentuk semenjak ajang sepakbola pertama kali dimulai di kawasan Britania Raya (Inggris). Sepanjang waktu berjalan, akhirnya FIFA pun mulai terbentuk pada tanggal 22 Mei 1904 sekaligus menjadi otoritas sepakbola internasional.

 

Bagaimana FIFA terbentuk?

Kepopuleran sepakbola pada zaman dahulu membuat cabang olahraga ini masuk ke dalam daftar agenda Olimpiade, walau sebenarnya FIFA belum berencana untuk membentuk turnamen sendiri di luar Olimpiade, namun setelah tahu negara Belgia menjadi juara Olimpiade di tahun 1920, FIFA memutuskan untuk menyelenggarakan turnamen sepakbola sendiri, dan sampai akhirnya presiden FIFA saat itu, Jules Rimet membuat sistem kompetisi baru yang diberi nama FIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA.

 

Piala Dunia Pertama

Saat pertama kali piala dunia diadakan, Uruguay ditunjuk sebagai tuan rumah di penyelenggaraan turnamen Piala Dunia di tahun 1930. Meski sebelumnya sempat bermasalah, karena keterbatasannya transportasi saat itu yang menyebabkan negara bagian Eropa tak bisa ikut berpartisipasi, namun akhirnya piala dunia pertama berhasil diselenggarakan. Bertindak sebagai tuan rumah, Uruguay tercatat sebagai tim pertama yang berhasil mengalahkan Argentina di babak final saat itu.

Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Tim Jagoanmu Siapa Sob?
(ilustrasi wajah para pemain uruguay tahun 1930)

Setelah tahu banyaknya kontestan yang mengikuti piala dunia di tahun 1930, FIFA pun meresmikan untuk mengadakan turnamen sepakbola ini setiap empat tahun sekali. Timnas yang berpartisipasi dalam ajang berskala internasional ini mencapai 100 anggota per timnya dan sekaligus terdapat 200 negara yang bisa mengikuti sampai babak kualifikasi. Sampai saat ini, piala dunia tetap menjadi olahraga terpopuler.

Negara yang berhasil unggul dalam olahraga ini salah satunya adalah Brasil dan Argentina, karena timnas mereka pernah menjuarai piala dunia sebanyak 5 kali berturut-turut, keren banget kan Sob?

Nah kalo tim jagoan kamu siapa nih Sob? Jangan lupa untuk dukung terus tim jagoanmu, biar bisa dapet trofi emasnya, eits.. sebelum nonton sampai babak final, isi dulu paket data internetnya, supaya streaming tetap lancar.

Shares
Share This