PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

blog
payfazz

SMS, Layanan Perpesanan yang Sempat Merajai Dunia Telekomunikasi

Info dan Tips

SMS yang merupakan kependekan dari Short Message Service sempat menjadi salah satu portal pengiriman pesan melalui handphone paling fenomenal. Kala itu di tahun 90an, setelah era pager berakhir, fitur SMS mulai hadir bersamaan dengan hadirnya ponsel – ponsel monophonic, polyphonic hingga symbian.

Berdasarkan sejarah yang tercatat, SMS merupakan fitur yang yang dikembangkan oleh peneliti asal Prancis dan Jerman pada tahun 1984, yaitu Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert.

Menurut catatan sejarah pula, SMS pertama dikirimkan pada tahun 1992 oleh Neil Papworth kepada Richard Jarvis, yang merupakan pegawai Vodafone. Karena saat itu ponsel tidak dilengkapi dengan keyboard, maka Papworth mengetik pesan lewat komputer yang berisi pesan “Merry Christmas”

Versi awal ponsel GSM pada dasarnya hanya berfungsi untuk mengirimkan peringatan dari operator ke pengguna ponsel, namun seiring perkmbangan zaman, Nokia pertama kali membuat ponsel dengan fitur SMS pada tahun 1993.

Kini keberadaan SMS sebagai corong pengiriman pesan tidak sendiri, banyak fitur chatting lain yang mulai mendominasi di masyarakat seperti WhatsApp, LINE, WeChat dan lain sebagainya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan SMS sempat memberikan perubahan besar bagi peradaban manusia di bidang telekomunikasi. Selain untuk saling mengirim pesan, hadirnya SMS dijadikan sebagai alat untuk membantu aktivitas manusia di beberapa bidang dan sektor seperti berikut,

Penggunaan SMS untuk SMS Banking

Di sektor perbankan, SMS dijadikan sebagai salah satu media untuk melakukan transaksi keuangan. Fitur SMS Banking difungsikan untuk melakukan kegiatan transfer, cek saldo, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.

Meskipun SMS Banking seperti terdengar jadul (jaman dulu), namun penggunaan SMS Banking sangat membantu sekali bagi para nasabah yang tinggal di area rural dimana sinyal internet masih belum stabil.

Vote Penyanyi Idola kalian via SMS Vote

Gimana perasaan kamu sebagai fans pas tahu Ghea, Marion dan Jody Indonesian Idol 2018 tereliminasi? Sedih? Bete? Maklum lah.

Setiap musim, kontes menyanyi Indonesian Idol menyerap banyak perhatian masyarakat Indonesia. Tayangan pencarian bakat dalam bidang musik dan vokal ini telah memberikan warna sendiri untuk acara hiburan masyarakat tanah air.

Berbagai bibit – bibit penyanyi baru dari latar belakang berbeda – beda membuat masyarakat berbondong – bondong mendukung mereka. Hal ini menyebabkan aktifnya masyarakat untuk melakukan voting via SMS demi menyelamatkan idola mereka dari eliminasi.

Sistem voting yang menggunakan SMS ini menjadi salah satu pilihan yang digunakan dalam mendukung. Disini fungsi SMS menjadi platform untuk mendukung seseorang dengan cara vote sebanyak – banyaknya.

Pemberitahuan lewat SMS Notifikasi

Pernah dapat SMS dari operator? Nah biasanya pihak operator/provider juga menggunakan SMS sebagai portal untuk pemberitahuan.

Pemberitahuan yang ada dalam SMS biasanya berupa promo provider tertentu, acara atau event dari provider atau bahkan himbauan lain. Nah, inilah bentuk penggunaan SMS yang fungsinya sebagai SMS Notifikasi atau pemberitahuan.

Jadi peran SMS masih termasuk penting untuk hal ini.

Registrasi Ulang SIM Card lewat SMS

Wah, sebenarnya periode yang diberikan oleh Kominfo untuk registrasi ulang SIM Card sudah habis. Namun, jika kamu berniat untuk membeli nomor baru, kamu bisa langsung melakukan registrasi saat itu juga.

Salah satu fungsi SMS yang masih digunakan adalah registrasi ulang SIM Card dengan SMS. Ini membuktikan bahwa sebenarnya SMS masih sangat berfungsi dan berguna untuk beberapa kondisi. Jadi, jangan abaikan fungsi dari SMS ya.

Update status Facebook lewat SMS

Untuk anak zaman 2000an yang mengalami masa – masa awal penggunaan Facebook di Indonesia pasti tahu kan ada yang namanya fitur SMS Facebook. Fitur tersebut memungkinkan kamu mengupdate status dan mendapatkan notifikasi Facebook.

Jadi, dulu pas lagi hemat kuota internet, bisa pakai SMS Facebook untuk update status. Simpel dan cepat!

Nah, udah tahu kan beberapa fungsi SMS yang pada dasarnya sangat bersejarah di dunia telekomunikasi? Jadi jangan remehkan fungsi SMS ya Sob, siapa tahu kamu masih memerlukan SMS untuk menghubungi sanak saudara kamu.

Fungsi SMS ini pada umumnya sangat berjasa dalam pengembangan aplikasi chatting dan fitur – fitur komunikasi lain. Jadi sebelum kamu gak bisa SMS dan kehabisan pulsa, yuk isi ulang pulsa kamu di PAYFAZZ sekarang juga!

Shares
Share This