PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Tanggal Paling Pas untuk Membayar Tagihan Listrik

By Ihsan Ihsan - August 13, 2021
membayar tagihan listrik

Listrik prabayar memiliki begitu banyak kelebihan jika dibandingkan dengan listrik pascabayar. Pemakai listrik prabayar setidaknya tak perlu ribet memikirkan beli dan isi ulang token, dan juga tak perlu merasakan lampu tiba-tiba mati karena kehabisan pulsa. Pengguna listrik prabayar hanya perlu membayar tagihan yang muncul di awal bulan.

Jika kalian adalah pengguna listrik prabayar, kalian harus tertib membayar tagihan tiap bulannya ya. Jangan lupa selalu cek tagihan listrik dan jangan sampai terjadi keterlambatan, hal itu tentu saja demi menghindari denda atau sanksi lainnya. Apalagi di jaman sekarang membayar listrik tak perlu datang ke kantor PLN, atau antri di loket pembayaran. Kalian hanya perlu membuka hp, dan memanfaatkan aplikasi Payfazz. Untuk tanggal pembayaran sendiri, sebaiknya dilakukan di tanggal berapa sih?

Awal bulan, mulai tanggal 2 atau 3

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menjelaskan jika tagihan listrik biasanya baru bisa diakses pada tanggal 2 atau 3. Oleh sebab itu, pelanggan listrik prabayar sebaiknya memang segera melakukan pembayaran saat tagihan listrik baru keluar. Hal itu untuk meminimalisir kemungkinan lupa bayar tagihan, karena listrik prabayar tidak memiliki pengingat seperti halnya listrik pascabayar.

Tengah bulan, sebelum tanggal 20

Biasanya seseorang baru akan membayar segala macam tagihan saat sudah gajian. Sementara perusahaan memiliki kebijakan sendiri, kapan memberikan gaji untuk para pekerjanya. Ada yang awal bulan, ada pula yang akhir bulan. Jika kalian salah satu orang yang tidak gajian di awal bulan, kalian bisa menyesuaikan sendiri dengan menyisihkan sebagian dana pembayaran tagihan. Jika tidak memungkinkan membayar tagihan di awal bulan, tidak masalah. Masih aman membayar di tengah bulan, asal sebelum tanggal 20. Karena tanggal tersebut adalah batas akhir pembayaran listrik tiap bulan, jika tidak ingin didenda, silakan bayar sebelum tanggal tersebut.

Yang harus dilakukan jika belum bayar hingga tanggal 20?

Kadang seseorang mengalami hal yang diinginkan hingga terjadi masalah keterlambatan saat membayar tagihan listrik. Jika sudah lebih dari tanggal 20, apa yang harus dilakukan? Segera bayar! Meski sudah terlambat, hal itu tidak akan jadi masalah besar asal kalian membayar tagihan di dalam bulan yang sama. Pihak PLN tentu akan memberikan denda keterlambatan, senilai Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per bulan. Namun membayar denda masih lebih baik daripada kalian terus mengabaikan keterlambatan yang berujung pencabutan listrik, bukan?

Itulah beberapa tanggal yang cocok untuk membayar tagihan listrik. Selalu ingat untuk mendahulukan tagihan sebelum menggunakan anggaran untuk yang lain ya, jangan sampai telat.

tagihan listrik

Artikel Terkait