tips-aman-saat-beraktivitas-di-luar-rumah

Tips Aman Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Info dan Tips

Mimin masih turut berduka cita dengan almarhumah Warsilah. Korban jambret yang meninggal dunia pada 1 Juli 2018 pukul 08.00 pagi. ┬áKalau berbicara soal kejahatan sepertinya mengerikan dan ga ada habis – habisnya. Hal tersebut memicu kita untuk terus waspada apalagi jika hidup di kota besar.

Menjaga diri sudah menjadi keharusan bagi siapapun untuk terhindar dari segala bentuk kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri. Nah, pastinya Sobat PAYFAZZ sudah paham kan bahwa menjaga diri sendiri saat pergi keluar rumah adalah sebuah keharusan.

Untuk itu, coba kita ulas sedikit mengenai tips aman saat beraktivitas di luar rumah untuk menghindari copet dan jambret. Yuk baca sampai habis!

Dandan sederhana saat menggunakan transportasi umum

Jika kamu merupakan pengguna transportasi umum (ojek online, bus, kereta, angkot dan lain) mungkin kamu bisa menggunakan pakaian yang sederhana dan sesuai dengan acara yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu juga tidak menggunakan aksesoris berupa perhiasan mahal karena pasti ini akan mengundang jambret atau copet untuk bertindak.

Main Gadget di tempat umum bisa berbahaya!

Bagi kamu yang suka berbalas chat atau main sosial media di tempat umum seperti di angkot, bus, apalagi di atas ojek online, mungkin bisa mengurangi aktivitas tersebut ya. Hal ini bisa saja mengundang ketertarikan dari orang yang tidak bertanggung jawab untuk merampas barang milikmu.

Lebih baik kalian membaca buku atau ngobrol bareng teman. Mungkin tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memasang earphone dan mendengarkan musik dari handphone, tapi pastikan handphone mu masuk di dalam kantong celana supaya tidak terlihat.

Gunakan tas yang nyaman dan letakkan di bagian depan tubuhmu

Jika kamu sedang berjalan di Mall, jalanan yang ramai atau tempat publik yang banyak orang dan padat, pastikan kamu membawa tas yang mudah dibawa dan nyaman.

Untuk dari ukuran mungkin silahkan bawa yang enak dibawa untuk berjalan – jalan lama. Pastikan dapat memuat handphone, dompet dan peralatan penting lain yang kalian bawa keluar rumah. Letakkan tas ini di bagian depan atau bagian yang memudahkan kamu untuk mengawasinya.

Jika tidak membawa tas, pastikan handphone dan dompet dalam pengawasan

Apabila kamu tidak membawa tas, pastikan handphone dan dompet yang kamu bawa ada dalam pengawasan. Kamu mungkin bisa menggunakan headset sambil mendengarkan lagu, hal ini bisa menjadi indikator jika suara lagu menyala berarti handphone mu masih ada bersamamu.

Selain itu, kamu bisa gunakan dompet tipis yang dapat dimasukkan saku celana hingga dalam. Ini sangat praktis dan amat membantu lho!

Kabari orang rumah atau teman untuk menginformasikan keberadaanmu

Mungkin terdengar klasik bagi pemuda masa kini, namun tidak ada salahnya kamu memberikan kabar bagi orang rumah, orang tua atau bahkan sahabat keberadaanmu saat itu. Hal ini sebagai upaya wajib yang perlu dilakukan.

Jika sesuatu terjadi, paling tidak kamu memberikan info update tentang kemana kamu pergi saat tidak bersama sahabat terdekat dan keluarga.

Kurangi membawa uang cash terlalu banyak

Membawa uang cash terlalu banyak juga tidak bagus Sob, karena ini hanya akan memberikan perasaan was – was terus menerus. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan kartu ATM dan aplikasi keuangan. Hal ini selain mudah dan nyaman, juga aman dan praktis dalam pengaplikasiannya di kehidupan.

Pastinya dengan tidak membawa uang cash terlalu banyak akan lebih mudah ya. Transaksi keuangan atau belanja dapat dilakukan melalui kartu ATM atau aplikasi keuangan di handphone seperti aplikasi PAYFAZZ.

Nah, kalau kamu apakah punya tips dan trik sendiri untuk menghindari jambret dan copet? Yuk share disini juga!

Shares
Share This