PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Tips Hemat Listrik Ala Netizen yang Bisa Dicoba

By Ihsan Ihsan - September 20, 2021
tips hemat listrik

Listrik adalah salah satu elemen penting dan tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Segala aktivitas keseharian, semua memanfaatkan listrik. Pasti tak terbayangkan jika kehidupan manusia tanpa adanya daya. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tidak berlebihan dalam menggunakan listrik.

Hal ini bukan hanya agar tagihan bulanan tidak membengkak, namun untuk masa depan anak cucu kita kelak. Ketika kini kita boros listrik, bisa jadi di masa depan terjadi kelangkaan listrik. Agar hal itu tidak sampai terjadi, mulailah dengan berhemat. Tak sulit kok, berikut ini adalah cara sederhana berhemat listrik ala netizen.

Membuka jendela

Mengapa membuka jendela bisa membuat lebih hemat listrik? Gunanya adalah sebagai pengganti AC. Udara di siang hari kerap kali membuat udara gerah tak tertahankan. Namun penggunaan AC hanya akan membuat bengkak tagihan listrik. Oleh karena itu, lebih baik memanfaatkan jendela rumah untuk berhemat. Meski terlihat sepele, namun membuka jendela bermanfaat untuk membuat udara di rumah terasa lebih sejuk tanpa AC sekali pun.  Ada baiknya jika di sekitar rumah ditanami beberapa tanaman hijau, itu akan menambah keteduhan rumah kalian.

Matikan lampu di malam hari

Saat malam hari, kadang kita lupa atau bahkan membiarkan lampu menyala terus hingga pagi. Kebiasaan tersebut sebenarnya kurang baik, karena listrik tetap digunakan meski sebenarnya kita tidak memerlukannya. Padahal membiasakan diri mematikan lampu saat kita tidur bisa menghemat listrik hingga puluhan ribu. Apalagi jika seluruh lampu dimatikan. Saat kalian cek tagihan listrik di bulan depan, pasti sangat terasa bedanya. 

Cabut kabel yang tidak terpakai

Kabel charger adalah yang paling sering menempel begitu saja di stop kontak. Kalian mungkin salah satu orang yang tidak pernah mencabut kabel tersebut meski proses pengisian daya ponsel sudah selesai. Membiarkannya tertancap di stop kontak mungkin memang mempermudah kita saat akan mengisi daya, tak perlu lagi mencari-cari kabelnya. Namun, justru kebiasaan tersebut yang membuat boros listrik. Hal itu karena charger masih memakan daya listrik meski sebenarnya tidak digunakan. Jadi, biasakan segera mencabut kabel setelah selesai mengecas hp kalian ya.

Jangan menyalakan tv kalau tidak ingin nonton

Salah satu kebiasaan orang saat berada di rumah adalah menyalakan televisi, tapi malah duduk sambil main hp. Ada pula yang menyalakan tv, malah ditinggal tidur. Tak jarang tv dinyalakan hanya agar rumah tidak sepi saja, sama sekali tidak ada niatan untuk menontonnya. Hal itu tanpa sadar membuat tagihan listrik melonjak. Salah satu cara untuk mengurangi lonjakan tagihan listrik adalah dengan tidak menyalakan tv, jika tidak benar-benar ingin menontonnya.

Itulah beberapa cara sederhana ala netizen agar bisa berhemat listrik. Meski terlihat sepele, tapi bisa dicoba dan dibuktikan sendiri. Jangan lupa lakukan pembayaran rutin agar tidak sampai kena denda. Lebih praktisnya bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi Payfazz. Tak hanya menyelesaikan pembayaran, tapi juga bisa untuk pembelian token listrik.

tips hemat listrik

Artikel Terkait