By Payfazz - August 27, 2020

Mudah & Sederhana, Ini Tips Kelola Keuangan Warung Kamu!

Mudah & Sederhana, Ini Tips Kelola Keuangan Warung Kamu!
  • Share

Halo, Sobat PAYFAZZ!

Bagaimana keadaannya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya Sob.

Sebagai pelaku usaha, kamu harus mengetahui semua aktivitas yang terjadi dalam usaha warung kamu terutama soal pengelolaan keuangan. Memang, ada apa dengan pengelolaan keuangan warung?

Pengelolaan keuangan bisa sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha warung kamu lho. Sebab, dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar maka usaha warung kamu dapat bertahan lama Sob.

Sebaliknya, jika pengelolaan keuangan warung kamu kacau maka besar kemungkinan usaha warungmu tidak dapat bertahan lama, mengalami banyak masalah, hingga yang paling parah dapat menyebabkan kebangkrutan. Seram sekali, bukan?

Nah untuk itu, kamu harus mengetahui secara rinci cara kelola keuangan warung kamu Sob. Yuk, simak beberapa tips sederhana berikut ini: 

Rencanakan Alur Penggunaan dari Modal 

Merencanakan alur penggunaan modal usaha adalah tips paling utama dalam kelola keuangan warung agar modal yang kamu miliki dapat digunakan sebaik mungkin dalam mencapai keuntungan. 

Alur penggunaan modal yang bisa kamu rencanakan sebagai contoh adalah untuk modal stok barang, modal biaya operasional, atau modal biaya pegawai. 

Penggunaan modal juga harus diawasi agar kedepannya kamu dapat mengetahui dan mengevaluasi berapa modal yang terpakai serta untung atau rugi yang dihasilkan usaha warungmu Sob.

Pisahkan Keuangan Warung dan Keuangan Pribadi

Dalam mengelola usaha warung, kamu harus bisa memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi Sob.

Meskipun hal ini terasa sepele, namun hal ini bisa berdampak buruk pada usaha kamu jika tidak dilakukan.

Bahkan, keuangan usahamu dapat menjadi tidak stabil dan kamu akan selalu kekurangan modal sebab arus keuanganmu tidak lancar.

Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar usaha kamu dapay mengalami kebangkrutan Sob. 

Yuk selalu pisahkan keuangan usaha warungmu dari keuangan pribadimu Sob!

Pencatatan Transaksi Pemasukan dan Pengeluaran

Tips selanjutnya yaitu pencatatan semua transaksi pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di warung kamu.

Nantinya, catatan pemasukan dari hasil penjualan serta pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan warungmu bisa digunakan sebagai bahan evaluasi keuangan usahamu Sob.

Pencatatan transaksi yang rapi dan teliti juga akan semakin memudahkanmu dalam memikirkan dan menentukan langkah-langkah usaha selanjutnya untuk bisa lebih mengembangkan usaha warung yang kamu miliki Sob.

Pantau Jumlah Untung atau Rugi 

Memantau jumlah untung atau rugi adalah hal yang tidak boleh terlewatkan ketika kamu memiliki usaha warung Sob.

Sebab selain berkaitan dengan penggunaan modal, hal ini juga menentukan siasat untuk meminimalisir kerugian dan meningkatkan keuntungan.

Dari semua untung dan rugi yang telah dicatat, tentukan bagian mana yang menciptakan kerugian paling banyak dari usahamu.

Setelah itu, pikirkan dan lakukan strategi yang tepat untuk meminimalisir kerugian yang didapat pada bulan selanjutnya.

Perlu diingat juga nih ketika kamu mendapat kerugian, jangan mudah putus asa ya.

Namanya juga usaha, pasti ada untung dan juga rugi. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara kamu meminimalisir kerugian tersebut Sob!

Kelola Utang Piutang di Warung

Dalam suatu usaha tentu saja ada yang namanya utang piutang. Apalagi jika kamu membuka usaha warung  di sekitar kawasan padat penduduk, pastinya utang piutang ini akan sering terjadi.

Agar perkembangan usaha kamu menjadi lebih baik, hindari penumpukan piutang yang terlalu banyak ya. Bahkan, jika perlu kamu harus membatasi adanya utang di warungmu demi meminimalisir keuangan yang tidak stabil.

Oleh karena itu, pengelolaan utang piutang yang baik dan tepat adalah keharusan bagi usaha warung kamu Sob.

Pakai PAYFAZZ untuk Kelola Keuangan Warung? Bisa Kok! 

 Aplikasi PAYFAZZ juga dapat membantumu mengelola keuangan warung dengan manfaatkan menu Alat Warung lho. 

Melalui menu Alat Warung, kamu dapat mencatat transaksi pemasukan dari hasil penjualan, transaksi pengeluaran, melihat jumlah untung dan rugi, mengelola utang piutang, serta melihat laporan usaha warung. Semua fiturnya sangat memudahkan dalam menjalani usaha warungmu tentunya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk kelola keuangan warung dengan mudah dan sederhana.

Tetap terdepan dan semangat berjualan dengan informasi dari media sosial resmi PAYFAZZ bercentang biru di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube !

Artikel Terkait