By Ihsan Ihsan - July 1, 2021

Tips Agar Listrikmu Bisa Tetap Hemat

tips listrik hemat
  • Share

Kegiatan keseharian kita memang tak pernah lepas dari penggunaan listrik, mulai dari pekerjaan, aktivitas sehari-hari hingga hiburan, semua membutuhkan listrik. Namun saat tiba waktunya untuk pembayaran bulanan, tak sedikit yang mengeluh dengan jumlah tagihan yang membengkak.

Tenang, kalian tak sendiri. Karena di luaran sana juga banyak yang merasa demikian. Lantas, sampai kapan tagihan listrik selalu membludak? Sebenarnya hal itu ada di tangan kalian sendiri. Jika ingin berhemat, kalian biasa menyiasati penggunaan listrik sehari-hari. Dan beberapa hal kecil ini setidaknya bisa membantu kalian untuk mengurangi tagihan listrik bulanan.

Cabut kabel yang tidak terpakai

Beberapa di antara kalian pasti banyak yang punya kebiasaan menancapkan charger pada stop kontak selama 24 jam, atau tak pernah dicabut selama berhari-hari? Hal itu memang memudahkan kita saat ingin mengisi daya handphone, tapi jangan salah, kebiasaan tersebut ternyata tetap memakan daya listrik meskipun tidak tersambung pada ponsel. Jadi sebaiknya, kalian cabut steker saat tidak dipakai. Hal ini juga berlaku untuk alat elektronik lain, seperti televisi dan lainnya.

Matikan lampu dan elektronik saat malam

Saat malam, sangat dianjurkan untuk mematikan lampu dan elektronik. Mematikannya juga harus benar ya, seperti dibahas sebelumnya, steker kabel juga harus dilepas hingga penggunaan listrik tidak terus berjalan. Jika kalian memang tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap-gelapan, kalian bisa menyisakan lampu kamar untuk tetap menyala, namun pastikan jika lampu ruangan lain sudah dimatikan ya.

Beralih pada lampu LED hemat energi

Beruntungnya saat ini begitu banyak produk lampu LED yang hemat energi. Lampu tersebut biasanya memiliki harga yang lebih mahal, namun hal tersebut berbanding lurus dengan kualitas, karena umur lampu LED biasanya lebih panjang, sekitar 2000 hingga 20.000 jam. Tak hanya itu, lampu LED juga lebih hemat energi bahkan sampai 90% energi. Jika kalian sudah mengganti semua lampu yang ada di rumah, kalian bisa cek tagihan listrik di bulan berikutnya, pastinya akan lebih hemat. Kalian juga bisa bayar listrik melalui aplikasi Payfazz, yang praktis dan hanya bermodalkan hp saja.

Bijak menggunakan elektronik

Salah satu hal yang membuat tagihan listrik membengkak adalah karena kita yang kurang bijak saat menggunakannya. Misalnya saja, kita menyalakan tv meski sebenarnya tidak benar-benar ingin menontonnya. Kita menyalakan tv hanya agar rumah tidak terasa sepi, kebiasaan tersebut tentu akan meningkatkan pemakaian listrik. Jika ingin menghemat listrik, ada baiknya kita benar-benar bijak dalam menggunakan barang elektronik, gunakan seperlunya saja.

Itulah beberapa cara agar listrik bisa tetap hemat. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan yang pasti semoga tagihan listrik bulan depan bisa berkurang. Jangan lupa di Payfazz juga tersedia token listrik juga lho.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *