PROMO & BLOG

Update terus informasi mengenai promo serta artikel-artikel inspirasi dari PAYFAZZ. Jangan lewatkan juga penawaran menarik hingga program-program keagenan yang bisa kamu ikuti.

Info dan Tips

Tips Merawat AC Agar Tagihan Listrik Aman

By Ihsan Ihsan - August 1, 2021
tips merawat ac

Tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, mungkin berat jika tidak memiliki AC. Namun sayangnya, alat elektronik satu ini membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi. Ini yang selalu jadi problem utama saat cek tagihan listrik, sudah pasti membengkak.

Namun sebenarnya ada cara khusus yang bisa kita terapkan, yaitu dengan merawat AC dengan baik, agar tagihan listrik bisa dikendalikan. Loh, apa hubungannya merawat AC dengan tagihan listrik. Ternyata perawatan kita pada AC juga berpengaruh pada daya listrik yang digunakan loh, dan berikut ini ada beberapa tips merawat AC agar lebih hemat energi.

Bersihkan AC secara teratur

Tahukah kamu bahwa membersihkan AC secara teratur bisa menghemat pemakaian listrik pada AC rumah? Sebenarnya AC yang kotor akan membuat kinerja kompresor lebih keras, alhasil dia juga membutuhkan daya listrik yang lebih besar pula. Maka dari itu, kalian harus rutin membersihkannya secara menyeluruh, setidaknya tiga bulan sekali.

Jangan menyalakan AC yang baru dimatikan

Karena memiliki tombol remot yang mudah digunakan, kita jadi sering mematikan dan menyalakan AC sesuka hati. Padahal hal ini sangat fatal akibatnya. Jika kita menekan tombol off pada AC, kemudian kembali menekan tombol on, hal ini bikin kompresor bermasalah. Dan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin juga jauh lebih besar, daripada saat AC sudah menyala. Jadi, kesimpulannya, bukan hanya hati perempuan yang tidak boleh dipermainkan, remot AC juga demikian. Selain bikin cepat rusak, juga akan membuat listrik boros.

Jaga kebersihan ruangan ber-AC

Yang perlu diketahui, bukan hanya AC yang perlu dijaga kebersihannya, melainkan seluruh ruangan juga. Mengapa demikian? Hal itu karena debu di sekitar bisa mempengaruhi filter AC. Jika ruangan ber-AC kotor, maka filter AC juga lebih cepat kotor, dan ini berdampak pada kompresornya. Jadi sebaiknya kalian harus rajin membersihkan ruangan ber-AC.

Tutup gorden saat menyalakan AC

Ada yang bilang jika cahaya matahari adalah musuh bagi AC. Mungkin beberapa orang menganggap itu cuma mitos, tapi ternyata memang benar adanya. Sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kinerja AC, bahkan merusak mesinnya. Makanya kalian jangan sampai lupa menutup gorden saat menyalakan AC.

Itulah beberapa tips merawat AC sekaligus menghemat daya listrik. Semoga tips di atas bermanfaat, dan tagihan listrik bulan depan bisa dikendalikan. Jangan lupa pakai Payfazz untuk transaksi pembayaran kalian yang lebih mudah dan praktis. Token listrik juga bisa dibeli dengan mudah lho melalui aplikasi ini.

tips hemat listrik

Artikel Terkait