Tips Mudik Aman menjelang Lebaran

Tips Mudik Aman menjelang Lebaran

Info dan Tips

Hi, Sobat PAYFAZZ!

Tak terasan puasa telah berjalan 2 minggu dan sebentar lagi libur lebaran akan tiba. Rencana mudik ke kampung halaman beberapa saat lagi akan terealisasi. Bagi sebagian orang yang memiliki kendaraan pribadi, mudik mungkin akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan yang menggunakan kendaraan umum.

Namun untuk beberapa alasan, mudik menggunakan kendaraan umum juga kerap jadi primadona pemudik pada umumnya. Salah satunya ialah tak perlu lelah mengendarai kendaraan sendiri sampai tujuan, kamu hanya tinggal duduk manis dan menikmati pemandangan sekitar.

Hanya saja, jika mudik menggunakan kendaraan umum bukan berarti kamu harus pergi bersama orang tak dikenal, hal tersebut mengingatkan kamu untuk tetap waspada dan menjaga diri serta barang yang dibawa. Nah agar mudik kamu tetap terasa aman dan nyaman, ada baiknya kamu bisa menerapkan tips mudik aman berikut. Yuk dibaca sampai bawah ya!

Membuat Perencanaan yang Matang

3 Destinasi Wajib Bekasi yang Patut Dikunjungi Bareng Orang Tersayang

Selain tiket yang biasanya harus dipesan dari jauh hari, persiapan lain, salah satunya ialah rencana perjalanan. Rencana ini sangat mempengaruhi barang yang akan dibawa.

Waktu tempuh perjalanan mudik hingga berapa lamanya kamu di kampung halaman juga turut dipertimbangkan.

Selain soal pakaian, perencanaan soal oleh-oleh yang akan dibawa dari kampung halaman juga sangat berpengaruh. Perencanaan yang matang ini bertujuan untuk meringankan barang yang akan kita bawa saat mudik, mengingat kapasitas dalam kendaraan pun pasti terbatas dan harus berbagi tempat ke pemudik yang lain.

Jika kamu ingin membawa kardus, jangan lupa untuk memberinya tanda seperti label agar tidak tertukar dengan yang lain.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

3 Destinasi Wajib Bekasi yang Patut Dikunjungi Bareng Orang Tersayang

Saat mudik tak perlu membawa uang dalam jumlah besar. Cukup perhitungkan sesuai dengan kebutuhan kamu selama diperjalanan dan ketika di tujuan. Oh ya, sediakan juga uang kecil untuk kebutuhan sederhana seperti membeli camilan atau ke toilet yang berada di rest area.

Jika kamu mendadak membutuhkan uang dalam jumlah yang besar, kamu bisa menarik dananya melalui ATM terdekat. Ketika saat menyimpan uang tersebut, kamu bisa menyimpannya di tempat yang berbeda-beda namun tetap mudah dijangkau, misal: kantong saku, kantong celana, kantong jaket.

Jangan Berpenampilan Mencolok

3 Destinasi Wajib Bekasi yang Patut Dikunjungi Bareng Orang Tersayang

Penampilan mencolok dan menggunakan akesoris yang berlebihan dapat mengundang kejahatan disekitar. Gunakan perhiasan dengan harga yang seminimal mungkin. Perhatikan juga dari cara berdandan, usahakan tidak begitu berlebihan karena bisa memancing pandangan orang yang melihatnya.

Hal ini perlu dilakukan karena ketika mudik sudah pasti kamu sedang berada di kawasan orang lain, yang sejatinya kita tidak tahu lingkungan disana seperti apa.

Jaga Diri

3 Destinasi Wajib Bekasi yang Patut Dikunjungi Bareng Orang Tersayang

Kunci utama mudik adalah menjaga diri dan tetap waspada. Kamu perlu berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Tak perlu tertarik dengan tawaran apapun yang diberikan oleh orang sekitar, terlebih jika itu adalah makanan, karena kita tidak akan tahu isi yang sebenarnya apa. Cara termudah untuk menghadapinya adalah dengan menghindar, dan usahakan santap makanan yang sudah kita bawa dari rumah saja.

Persiapan fisik saat mudik juga diperlukan, pastikan kamu telah beristirahat sebelum berangkat mudik. Apalagi kalau mudiknya malam hari, tentu tenaga yang harus dikeluarkan juga akan lebih banyak.

Jauhi Tempat Sepi

3 Destinasi Wajib Bekasi yang Patut Dikunjungi Bareng Orang Tersayang

Ada kalanya kamu transit ke suatu tempat saat mudik, atau kamu harus menunggu teman anda di suatu tempat pemberhentian. Jangan sekali-kali kamu mendekati tempat yang sepi alias tidak dijangkau orang banyak, karena hal tersebut dapat memicu penjahat untuk melancarkan aksinya. Carilah tempat yang aman jika kamu ingin berhenti di suatu tempat, setidaknya ada pos penjagaan sekitar agar makin aman.

Sekian tips yang bisa kamu terapkan saat akan mudik lebaran nanti, lebih baik kita cari aman saja sebelum hal yang tak terduga itu terjadi. Oh ya, sebelum meninggalkan rumah saat mudik nanti, yuk bayar tagihan PLN  dulu di PAYFAZZ agar tidak terjadi mati listrik saat ditinggal mudik. Jangan lupa gunakan kode promo DISKONADMIN ya 🙂

Selamat libur Lebaran Sobat!

Shares
Share This