Mau Mulai Usaha Warung? Ini Tips Memulainya untuk Pemula!

Halo, Sobat PAYFAZZ!

Di masa pandemi seperti saat ini banyak di antara kita yang ingin memulai berbagai macam usaha demi mencukupi segala kebutuhan hidup.

Usaha warung rumahan dapat menjadi peluang yang tepat karena usaha ini tidak ada matinya dan dibutuhkan masyarakat setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok. 

Dalam memulai usaha warung ini, modal memang penting. Karena dari modal kita dapat memasok barang yang akan dijual. Namun, bukan hanya modal yang perlu kita siapkan tetapi juga mental serta strategi saat memulai usaha juga harus dipikirkan Sob. 

Nah, penasaran apa saja yang harus dipikirkan untuk memulai usaha warung buat kamu yang masih pemula? Yuk simak beberapa tipsnya berikut:

Pemilihan Lokasi

Lokasi menjadi faktor penting atau malah bisa dibilang faktor utama yang menentukan kesuksesan usaha warung kamu Sob. Jika memungkinkan, coba pilih lokasi yang ramai dan juga strategis. 

Lokasi yang ramai tentunya berpeluang untuk menjaring banyak pembeli sedangkan strategis yang dimaksud adalah lokasi yang tidak jauh dari keramaian dan sering dilewati banyak orang.

Contohnya seperti di pasar tradisional, kawasan padat pemukiman, dan daerah kost-kost an atau kontrakan Sob. 

Pemilihan Jenis Produk yang Akan Dijual

Kebutuhan pembeli semakin beragam, oleh karena itu kamu harus perhatikan produk seperti apa yang akan warungmu sediakan. Pemilihan produk juga akan membuat pembeli berpeluang menjadi pelanggan setia di warungmu Sob.

Sebab mereka akan selalu datang ke warungmu untuk membeli produk yang mereka butuhkan. Selain itu, keberagaman produk juga perlu dilakukan lho, apalagi saat ini kebutuhan pelanggan bukan hanya sembako, namun juga pulsa atau token listrik yang kini sudah jadi kebutuhan utama mereka.

Jadi dengan menjual produk yang beraneka ragam akan menjadi nilai tambah untuk usaha warungmu. Untuk menunjang kemudahan dalam berusaha warung sebagai pemula, kamu dapat menggunakan aplikasi PAYFAZZ.

Terdapat menu Shopfazz yang bisa kamu gunakan untuk belanja kebutuhan warung mulai dari sembako sampai aksesori dan juga pakaian Sob. Shopfazz juga mendukung pengiriman ke seluruh Indonesia lho sehingga barang yang kamu pesan akan langsung sampai ke warungmu!

Ramah Terhadap Pembeli

Bersikap ramah terhadap pembeli merupakan hal yang sangat penting untuk menjalin hubungan antara penjual dan pembeli yang baik dengan mereka. Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu informasi lebih dalam mengenai pengembangan warung dari sisi pandang mereka Sob.

Mulai dari kritik dan saran untuk warungmu hingga barang apa yang mereka butuhkan namun belum tersedia di warungmu, bisa kamu dapatkan hanya dari bersikap ramah lho. Kumpulkan semua kritik dan saran yang kamu dapat dari pembeli untuk diterapkan di warungmu ya Sob!

Pasang Harga yang Bersaing 

Harga produk sembako yang dijual tentu beraneka ragam. Biasanya ada beberapa produk yang harganya stabil, seperti harga sabun, pasta gigi, dan sebagainya.

Namun ada juga harga beberapa produk yang selalu naik dan terkadang juga turun harganya, seperti harga sembako utama seperti beras, minyak, telur dan sebagainya. Sebagai pemilik usaha warung, kamu harus rajin memantau harga Sob.

Hindari kerugian yang terjadi karena harga yang dipatok terlalu murah padahal harga di pasaran sudah naik. Atau sebaliknya, kamu mematok harga terlalu mahal tetapi harga di pasaran atau di warung sebelah jauh lebih murah daripada warungmu.

Mengelola Keuangan Warung dengan Baik

Mengelola keuangan warung adalah salah satu syarat juga untuk mensukseskan usaha warung kamu Sob. Kamu harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran agar bisa melihat arus keuangan di warungmu.

Satu hal penting lagi Sob. Jangan lupa juga untuk mengelola utang piutang pelanggan di warung kamu agar semua tercatat dengan baik. Sebab, utang piutang bisa menjadi permasalahan yang menjauhkanmu dengan keuntungan menjalani usaha warung Sob.

Ciptakan Warung dengan Teknologi Digital

Meski baru pemula, warung kamu tidak boleh ketinggalan zaman Sob terutama di era digitalisasi saat ini. Sebagai pengusaha, kamu harus bisa memanfaatkan teknologi yang memudahkanmu dalam menjalankan usaha warung. 

Mencatat penjualan, mengatur harga jual, mengelola utang piutang pelanggan, serta memantau keuntungan yang didapat dalam laporan penjualan di warung terasa seperti pekerjaan yang menyulitkan

Jangan khawatir, semua kegiatan itu bisa dengan mudah kamu lakukan melalui menu Alat Warung di aplikasi PAYFAZZ. Lewat fitur Kasir Warung dan fitur Catat Utang, kamu bisa mengelola semua kegiatan jualan usaha warung mulai dari pencatatan penjualan, atur harga jual hingga pengelolaan utang piutang pelanggan dengan mudah Sob.

Nah, itulah tips untuk kamu yang ingin memulai usaha warung sebagai pemula Sob. Meski begitu, tips di atas juga sangat bermanfaat bagi kamu yang sudah menjalankan usaha warung selama beberapa waktu lho. Jadi, yuk terus #DukungUsahaLebihUntung bersama PAYFAZZ!

Jangan lupa terus update aplikasi PAYFAZZ mu agar tidak ketinggalan info serta promo terbaru ya!

Tetap terdepan dan semangat berjualan dengan informasi dari media sosial resmi PAYFAZZ bercentang biru di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube !

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Artikel Terkait

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!