https://www.payfazz.com/blog/tips-pinjaman-online-yang-aman

4 Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Cepat

Pinjaman online yang aman memang semakin populer dan digemari masyarakat. Pinjaman online (pinjol) ini sangat membantu masyarakat karena bisa memberikan pinjaman dengan cepat dan mudah.

Namun, ada juga pinjaman online ilegal yang meresahkan karena beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apakah kamu sudah pernah melakukan pinjaman secara online? Atau kamu mau mengajukan pinjaman?

Sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui 4 tips untuk mengajukan pinjaman online yang aman dan cepat berikut ini agar tidak terjebak pinjol ilegal.

Baca juga: Tips Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Pilih Perusahaan Pinjaman Online yang Aman dan Sudah Terdaftar di OJK

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih perusahaan pemberi pinjaman yang sudah terdaftar di OJK.

Perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK akan mematuhi regulasi yang sudah diatur. Regulasi yang sudah dibuat oleh OJK memberikan perlindungan untuk konsumen. Dengan begitu, kamu akan lebih aman, Sob!

Agar kamu tahu apakah perusahaan yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK, kunjungilah situs web OJK. Di sana, kamu bisa melihat daftar perusahaan pemberi pinjaman yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Pastikan Perusahaan Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu perlu memastikan bahwa perusahaan yang kamu pilih memiliki alamat kantor yang jelas. OJK mewajibkan perusahaan pinjaman memiliki alamat kantor yang mudah ditemukan.

Cobalah cek apakah alamat kantor tersebut benar. Jangan sampai kamu memilih perusahaan dengan alamat palsu, ya.

Kamu bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi Google Maps untuk melihat lokasinya. Jika memungkinkan, cobalah untuk memastikan letak kantor fisik perusahaan secara langsung.

Ketahui Apa Saja Data yang Diminta

OJK telah membatasi data yang boleh diakses oleh perusahaan pemberi pinjaman online. Hal ini bertujuan untuk melindungi data pribadimu sebagai konsumen.

Aplikasi pemberi pinjaman hanya boleh mengakses 3 hal, yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi. Dalam bahasa Inggris, tiga hal ini disebut camera, microphone, dan location (CAMILAN). OJK juga melarang perusahaan pinjaman online untuk menyebarluaskan data konsumennya.

Jadi, pastikan data yang diminta oleh aplikasi pinjaman pilihanmu tidak lebih dari itu, ya.

Baca juga: Istilah dalam Mengajukan Pinjaman Online

Cari Tahu Bunga Pinjaman Online yang Harus Dibayar

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa mengembalikan pinjaman tersebut. Salah satunya adalah dengan mencari tahu besar bunga pinjaman yang harus kamu bayar.

Pastikan perusahaan yang kamu pilih memberikan bunga yang masuk akal, ya Sob! Jangan sampai bunganya terlalu tinggi sehingga kamu tidak bisa melunasi pinjaman.

Kamu perlu tahu, nih. Perusahaan pemberi pinjaman hanya boleh memberikan bunga maksimal 0,8% per hari. Selain itu, bunga pinjaman tidak boleh lebih dari 100% dari nilai pinjaman jika diakumulasi.

Baca juga: 5 Kemudahan Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Secara Online

Salah satu perusahan pinjaman online yang aman adalah P2P Lending Modal Rakyat. Sebagai penyedia pinjaman, Modal Rakyat sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Karena itulah, Modal Rakyat akan patuh terhadap peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat karena prosesnya bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit. Bunga pinjamannya pun kompetitif dan disesuaikan dengan kemampuanmu. Kamu bisa klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

Sobat PAYFAZZ, itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih pinjaman online yang aman dan cepat. Dengan panduan ini, kamu punya rambu-rambu yang jelas dalam memilih pinjaman secara online sesuai dengan kebutuhanmu.

Selamat mencoba!

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Artikel Terkait

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!