tips tetap hemat menjelang lebaran

Tips Tetap Hemat Menjelang Lebaran

Info dan Tips

Hi Sob, wah Lebaran sebentar lagi dan hanya tinggal menghitung hari nih. Gimana, sudah mempersiapkan kebutuhan Lebaran? Kalau belum yuk siapkan kebutuhan seperlunya saja. Seringkali kita gelap mata dan menjadi lupa diri saat THR sudah turun. Uang THR kita gunakan untuk membeli perabotan rumah, atau bahkan pakaian yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Seringkali yang terjadi adalah terjadinya pemborosan yang mengakibatkan kita kurang bisa kontrol uang belanja dan berujung penyesalan. Untuk itu yuk coba kita kontrol pengeluaran saat Hari Raya Lebaran. Begini tips tetap hemat menjelang Lebaran,

Tulis Kebutuhan Penting dan Evaluasi Kembali

Sebagai seorang yang telah bekerja, menulis kebutuhan adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan. Hal ini lantaran kita perlu untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang kita perlukan selama 1 bulan ke depan.

Selama Ramadan dan menjelang Lebaran, pastikan kita tetap menulis apa saja kebutuhan yang menjadi prioritas utama. Jangan sampai, karena kita tidak fokus dengan kebutuhan utama, kita malah membeli produk yang tidak penting sehingga menimbulkan pemborosan.

Setelah kita menulis kebutuhan penting menjelang lebaran, alangkah baiknya untuk membaca ulang dan mengevaluasi lagi apakah barang – barang tersebut penting. Sebagai referensi mungkin kebutuhan primer yang bisa kamu utamakan adalah kebutuhan bulanan (untuk mandi, mencuci dan makan), lalu kebutuhan untuk pembayaran tagihan dan sebagainya, terakhir uang tak terduga yang bisa kamu gunakan saat penting misalnya sumbangan untuk acara kondangan dan lain – lain.

Budget yang ada jangan dihabiskan

Menghabiskan budget belanja adalah aktivitas yang sama sekali tidak bijak. Inilah gunanya menuliskan kebutuhan yang diperlukan untuk Lebaran sehingga kita bisa tahu berapa budget yang diperlukan.

Menghabiskan budget yang kita punya untuk Lebaran sah – sah saja ketika kita sudah menyisihkan budget untuk menabung dan keperluan seperti pembayaran tagihan dan lain – lain. Selain itu, dengan tidak menghabiskan budget yang ada kamu bisa sekaligus mengalokasikan budget tersebut untuk keperluan lain atau bahkan di tabung.

Harus bisa menabung

Menabung ibarat aktivitas suci yang selalu penuh godaan misalnya belanja dan makan di luar. Hal yang harus kamu pastikan adalah tujuan kamu menabung dan pastikan ke dirimu bahwa dengan menabung kamu akan menjadi pribadi yang lebih bahagia.

Usahakan kamu menyiapkan budget untuk menabung selama Ramadan dan menjelang Ramadan. Hal ini dilakukan supaya kamu tetap mempunyai kontrol atas pemasukan yang kamu terima.

Jangan tergiur dengan diskon besar – besaran

Tidak dapat dipungkiri bahwa diskon besar – besaran akan selalu muncul di momen – momen emas seperti hari Raya. Banyak toko online dan toko – toko di pusat perbelanjaan menawarkan promo dengan diskon 50 – 80 % atau bahkan promo Buy 1 Get 1 untuk menarik perhatian konsumen.

Memang, ini merupakan momen membahagiakan bagi para konsumen untuk dapat menikmati produk dengan diskon yang menggiurkan. Namun, sebagai konsumen, kita juga harus tetap pilah – pilih dan bijak dalam menyikapi diskon yang ditawarkan. Jangan sampai dengan banyaknya diskon tersebut, malah membuat kita “kalap” dalam berbelanja.

Hindari terlalu sering mengunjungi pusat perbelanjaan 

Jalan – jalan saat ngabuburit adalah aktivitas yang menyenangkan. Apalagi menghabiskan waktu ngabuburit ke pusat perbelanjaan, yah walaupun tidak belanja kita bisa cuci mata untuk menyegarkan diri. Nah, tapi tetap mawas diri ya karena kemungkinan dengan hanya berjalan – jalan saja, maka nafsu kamu untuk belanja akan muncul dan tidak terkontrol dengan baik.

Mungkin cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi aktivitas mengunjungi pusat perbelanjaan secara intens. Mungkin kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan – jalan ke taman atau tinggal dirumah dan mengunjungi sanak saudara.

Sedekahkan sebagian penghasilan yang didapat

Selama Ramadan dan menjelang Lebaran, pastikan kamu juga menyisihkan waktu untuk melakukan sedekah. Aktivitas sedekah ini bisa menjadi ajang untuk mengontrol pemborosan. Melakukan sedekah kamu akan menyadari bahwa aktivitas berbagi bisa lebih penting untuk dilakukan dibandingkan dengan berbelanja terus menerus.

Gimana Sob? Masih merasa boros? Cobain tips – tips di atas yuk supaya Lebaran senang, dan habis Lebaran pun tetap senang. Eh tunggu, paket internet mu masih banyak untuk dapat info dan tips menarik dari PAYFAZZ? Kalo tinggal dikit, isi ulang dulu paket data mu di aplikasi keuangan PAYFAZZ!

Shares
Share This