Trik Ampuh Optimalisasi Pelayanan terhadap Pelanggan

Trik Ampuh Optimalisasi Pelayanan terhadap Pelanggan

Info dan Tips

Tentu sudah tidak asing di telinga akan istilah ‘pelanggan adalah raja’ oleh para pelaku usaha, baik itu para produsen barang ataupun penyedia jasa, semuanya akan saling berlomba untuk memuaskan para pelanggannya. Kondisi inilah yang secara tidak langsung mendorong para pegiat usaha untuk semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan produk terbaik untuk pelanggan.

Sebab, apabila mereka lengah dalam persaingan yang ada saat ini, tidak menutup kemungkinan pelanggan yang dimiliki juga akan hilang satu-persatu dan efeknya akan berpaling ke toko lain yang menawarkan pelayanan yang lebih menarik.

Nah, untuk menghindari kemungkinan tersebut diatas, pada artikel ini akan kita berikan beberapa trik mudah optimalisasi pelayanan terhadap pelanggan. Mau tahu apa saja? Cek dibawah yuk!

 

Check this out!

 

Sambut dengan Senyuman

Bukan tidak mungkin, terkadang sebagian besar pelaku usaha melupakan arti sebuah senyuman kepada konsumennya. Padahal, konsumen yang datang ke tempatmu itu bukan hanya membutuhkan produk atau jasa yang di tawarkan, namun sebuah pelayanan terbaik juga menjadi hak itu mereka untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, jangan pernah mengecewakan konsumen dengan tidak memberikan senyuman ya Sob!

 

Pahami kebiasaan Pelanggan

Ternyata saling memahami itu bukan hanya kepada pasangan, namun juga terhadap pelanggan yang kamu miliki. Setiap konsumen pasti akan merasa senang apabila nama dan kebiasaannya diingat oleh para pelaku usaha, tidak ada salahnya sebagai seorang pengusaha mencatat nama para konsumen dan barang yang biasa dipesannya. Dengan begitu, sembari mereka belanja, kamu juga bisa menyebut nama panggilannya dan mengajak ngobrol layaknya seorang ‘teman’.

 

Jangan Abaikan Sopan Santun

Kepuasan tentu menjadi hal yang diinginkan oleh para konsumen, dan begitu juga menjadi aset yang harus dimiliki oleh perusahaan guna membangun kepercayaan para konsumen. Tidak heran bila, konsumen kita merasa puas dengan barang apa yang kita jual, maka mereka juga tak sungkan mempromosikan barang yang dijual ke banyak orang, hal ini bisa disebut juga sebagai (word of mouth).

 

Tingkatkan Interaksi Pelanggan

Ibarat teman, seorang konsumen ternyata juga memerlukan interaksi yang menarik dari para pelaku usaha lho. Hal ini cukup penting dilakukan guna membangun kepercayaan dari para pelanggan dan juga dapat melatih pendengaran kamu atas klarifikasi atau komplen dari pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan mereka tak akan sungkan untuk kembali berbelanja produk yang kamu jual.

Oke mungkin sekian dulu pembahasan tentang pelayanan terhadap pelanggan, untuk itu mari kita evaluasi kembali cara pelayanan kita terhadap konsumen yang kita layani, semakin baik yang dilakukan, maka feedback yang diberikan dari pelanggan akan baik juga.

Setuju ngga Sob?

Shares
Share This