Waspada Penipuan dari Kode OTP, Ini Langkah Pencegahannya!

Jaga Kerahasiaan Kode OTP Kamu dengan Langkah Berikut!

Halo Sobat PAYFAZZ!

Apakah kamu pernah mendapatkan SMS berisi 6 digit angka saat hendak log-in akun atau transaksi online? Jika iya, itu adalah angka dari kode OTP (One-Time Password).

Tapi apakah kamu menyadari betapa pentingnya OTP ini dalam pengamanan akun kamu? Yuk pahami penggunaan kode OTP ini untuk kepentingan keamanan akun kamu.

Apa itu kode OTP?

Kode OTP (One-Time Password) adalah kata sandi sekali pakai yang digunakan pada saat masuk ke beberapa aplikasi, surel, atau saat konfirmasi transaksi pada aplikasi keuangan digital.

Kode OTP berupa kombinasi digit angka yang bersifat rahasia dan unik yang dikirimkan kepada pengguna akun digital oleh bank, aplikasi, operator atau perusahaan penyedia jasa terkait yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat.

Kode OTP ini sendiri memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah:

  • menjaga keamanan akun saat melakukan transaksi atau perubahan data di akun digital kamu,
  • menggantikan password saat terkadang kita lupa, dan
  • mengkonfirmasi bahwa benar yang mencoba masuk ke dalam aplikasi atau bertransaksi di aplikasi adalah kamu.

Mengapa menjaga kerahasiaan kode OTP itu penting?

Meski kode OTP tujuannya adalah untuk pengamanan akun, seringkali ada pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kode ini untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Ibarat kunci rahasia, kode OTP tidak boleh diberitahukan kepada orang lain bahkan ke orang yang mengaku pihak bank, aplikasi, operator, atau pihak perusahaan penyedia jasa terkait. 

Dengan memberikan kode OTP kepada orang lain, kamu telah memberikan hak akses kepada orang lain tersebut Sob, termasuk tidak terbatasnya hak akses untuk transfer uang dari rekening kamu. Ngeri banget kan?

Lantas, bagaimana mengetahui bahwa akun kita sedang coba diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggungjawab?

Salah satu cara untuk mengetahui adanya upaya pengambilalihan akun kita adalah ada pihak yang mencoba meminta kode OTP yang dikirimkan ke handphone kamu dengan alasan apapun dan mengatasnamakan siapapun. 

Berikutnya jika ada notifikasi kode OTP masuk ke akun kamu saat kamu tidak melakukan permintaan kode OTP apapun maka sedang terjadi percobaan pengambilalihan akun kamu Sob.

Langkah apa yang harus dilakukan jika kita menemukan dugaan percobaan pengambilalihan akun?

Jika kamu menemukan adanya dugaan percobaan pengambilalihan akun, maka berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Jangan pernah sekali-kali berikan kode OTP kepada siapapun, bahkan kepada pihak yang mengaku pihak perusahaan terkait.
  • Segera ganti password akun kamu. Usahakan dengan kombinasi yang tidak mudah ditebak.
  • Segera laporkan ke pihak perusahaan terkait. Untuk pelaporan ke PAYFAZZ kamu bisa melaporkan melalui jalur berikut ya:
  • PENTING! PAYFAZZ tidak bertanggungjawab atas segala tindak kejahatan yang terjadi akibat dari pelaporan melalui jalur PAYFAZZ yang tidak resmi atau palsu ( atau jalur lain selain jalur di atas).

Yuk sama-sama kita menjaga keamanan akun kita supaya kamu bisa aman berjualan dan bertransaksi bersama PAYFAZZ!

Baca juga:

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Artikel Terkait

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!