Yuk Intip 5 Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Saat Nyepi di Bali!

Yuk Intip 5 Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Saat Nyepi di Bali!

Hi Sobat PAYFAZZ!

Siapa yang tidak kenal dengan Nyepi? Nyepi adalah satu dari sekian banyak kegiatan daerah yang rutin setiap 1 tahun sekali dilaksanakan oleh masyarakat Bali.

Kegiatan ini menjadi contoh bahwa negara Indonesia memiliki keberagaman budaya yang mampu menjadi daya tarik orang asing.

Hari raya Nyepi biasanya berlangsung setiap bulan Maret, namun tanggalnya bergantung pada kalender yang rilis setiap tahunnya. Kalau di tahun 2019 ini, hari raya Nyepi jatuh tepat di tanggal 7 Maret, yang artinya akan berlangsung hingga keesokan harinya (8 Maret 2019).

Seperti yang diketahui, setiap perayaan Nyepi biasanya masyarakat Bali tidak melakukan kegiatan di luar rumah dengan tujuan agar Nyepi bisa berjalan dengan khusyuk. Walaupun begitu, kamu tetap bisa melaksanakan kegiatan lainnya di dalam rumah kok.

Nah, kira-kira apa aja sih kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Nyepi di Bali? Ayo simak artikel berikut sampai bawah.

Mengikuti Pawai Ogoh-Ogoh

Sehari sebelum kegiatan Nyepi dimulai, biasanya umat Hindu di Bali melaksanakan upacara Ngrupuk. Kalau menurut sesepuh di Bali, kegiatan ini bertujuan mengusir Buta Kala yang disimbolkan sebagai bentuk kejahatan.

Ogoh-ogoh sendiri merupakan patung yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala, yang berarti (Bhu) kekuatan alam semesta dan (Kala) waktu yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Kamu dapat mengikuti festival Ogoh-ogoh ini di kawasan Ubud, Bali. Bisa terbayang betapa ramainya lautan manusia saat diadakannya festival ini. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga wisatawan asing ikut menyaksikannya. Sungguh menarik kan Sob?

Menonton Upacara Melasti

Tidak kalah seru dengan festival ogoh-ogoh, upacara Melasti juga kerap dilakukan oleh masyarakat di Bali saat Nyepi. Upacara ini biasa dilakukan dua hari sebelum nyepi dilaksanakan. Biasanya, kaum perempuan di Bali akan mengarak sesajian dan sarana sembahyang lainnya menuju pantai.

Salah satu pantai yang biasa dijadikan pusat acara diantaranya, Pantai Candidasa, Pantai Klotok di kawasan utara Bali. Wah menarik sekali ya Sob!

Nobar Film bareng Keluarga

Hayo siapa disini yang gemar nonton film? Nah, saat hari raya Nyepi di Bali, kamu juga diperbolehkan lho untuk menonton film, asalkan di dalam rumah atau hotel ya.

Walau saat nyepi, suasana terlihat gelap, namun sambungan listrik dan internet masih tetap bisa digunakan oleh masyarakat di Bali. Supaya waktu saat Nyepi jadi lebih bermanfaat, kamu bisa memanfaatkannya dengan berkumpul bersama keluarga atau teman kamu. Seru banget kan?

Menyaksikan Tradisi Omed-omedan setelah Nyepi

Ternyata Bali juga memiliki tradisi unik yang mengajak para pemuda-pemudi disana untuk saling berkolaborasi. Tradisi omed-omedan ini biasa diikuti oleh laki-laki dan perempuan desa berusia 17 sampai 30 tahun, nantinya mereka akan dibagi menjadi 2 kelompok.

Orang paling depan (yang diarak) akan saling tarik-tarikan tangan sambil disiram air. Walaupun begitu, tradisi ini mempunyai tujuan yang positif lho, contohnya untuk memperkuat rasa asah, asih dan asuh antar warga di Bali.

Supaya tradisi ini berjalan lancar, warga Banjar Kaja, Desa Sesetan Bali biasanya mengadakan prosesi adat terlebih dahulu. Nah gimana, tertarik buat ikutan Sob?

Transaksi Produk Digital lewat Aplikasi

Salah satu kegiatan anti mainstream yang mungkin belum pernah dilakukan saat Nyepi yaitu Transaksi Produk Digital.

Nah, sambil menikmati suasana Nyepi di rumah, kamu juga bisa cobain transaksi lewat aplikasi atau kamu juga bisa bantu teman-temanmu yang sedang kehabisan pulsa dan paket data. Dapat dipastikan saat Nyepi berlangsung, toko-toko kelontong pasti banyak yang tutup. Saat inilah, kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan berjualan.

Tidak perlu keluar rumah, cukup sambil tiduran, kamu bisa proses pesanan temanmu langsung lewat aplikasi. Menarik banget kan?

Jadi gimana, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat hari raya Nyepi di Bali sedang berlangsung. Kira-kira kegiatan apa nih yang jadi favorit kamu di atas?

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

Related Article

Raih Pendapatan 8 Juta per bulan dan Cashback ratusan ribu!