Usaha

Jadikan Ide Bisnis ini sebagai Usaha Sampingan, Yuk!

By Payfazz - September 20, 2021

Halo Sobat Sukses! 

Kamu sibuk dengan pekerjaan, tapi ingin punya penghasilan tambahan? Bisa banget, Sob! Apalagi dengan situasi yang mengharuskan kita untuk #dirumahaja, banyak waktu yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Yuk, simak ide-ide bisnis berikut ini!

1. Dropshipper

Usaha yang satu ini populer banget, Sob! Soalnya, tidak butuh modal besar untuk melakukannya. Kegiatan bisnis dropshipper adalah mencari penyedia suatu jenis barang untuk dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi agar dapat memperoleh keuntungan. Penyedia barang itu sendiri dapat kamu temukan di e-commerce. Supaya bisnis ini berhasil, kamu butuh strategi pemasaran yang menarik dan lebih rapi. Karena kalau tidak, produk yang kamu jual akan sama saja dengan barang grosiran yang dijual oleh supplier. Sebelum memulai bisnis ini, tentukan dulu jenis barang yang ingin kamu jual, kompetitor, dan terutama, supplier barangnya ya!

Sumber gambar: Tech In Asia

2. Jasa

Jenis bisnis jasa sangatlah luas. Untuk menentukan bisnis jasa yang cocok, kamu bisa mulai dengan mengenal keahlian dan passion kamu. Tidak harus terpaku dengan latar belakang pendidikan formal. Keahlian juga dapat berasal dari kursus atau hobi. Beberapa bidang yang dapat kamu pertimbangkan adalah: mengajar, make up, service alat elektronik, dan freelancer. Kalau kamu sibuk bekerja hari Senin-Jumat, akhir minggu dapat dijadikan pilihan untuk mengerjakan bisnis yang kamu geluti.

Baca juga: Bisnis Makanan Dari Rumah Aja? Siapa Takut!

3. Thrift shopping

Bisnis yang satu ini juga populer, Sob! Tapi memang, harus dipikirkan keberlanjutannya. Bisnis ini adalah menjual barang-barang bekas dengan kondisi layak pakai. Banyak loh, yang menjual pakaian hingga barang-barang lainnya, seperti sepeda dan peralatan rumah tangga. Sebelum memulai usaha thrift shopping, kamu wajib mengorganisir seluruh barang yang kamu punya untuk dijual. Tidak hanya kuantitas, kualitas barang juga harus kamu perhatikan. Daripada barang numpuk di rumah, mending dijual aja kan, supaya menghasilkan!

Sumber gambar: The Everygirl

4. Sewa

Selain dropshipper dan thrift shop, bisnis sewa juga semakin populer. Hal ini dikarenakan, banyak kegiatan yang hanya membutuhkan barang satu kali pakai. Misalnya, baju pesta untuk nikahan, serta sepatu atau properti untuk pemotretan. Keperluan semacam ini hanya dibutuhkan sekali, sehingga orang berpikir dua kali untuk membeli barang tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa menjadi penyedia barang-barang tersebut dengan sistem sewa. Kamu bisa menentukan waktu sewa barang dan harga yang sesuai dengan barang yang dipinjam. Tapi, sama seperti thrift shopping, kamu harus memastikan kualitas barang yang kamu sewakan selalu terjamin! Perawatan dan kebersihan adalah hal esensial yang harus selalu kamu utamakan.

Gimana? Kamu tertarik nyobain bisnis yang mana, nih? 

Kamu nggak butuh takut waktu kamu akan tersita banyak karena mengurus bisnis, belum lagi pengelolaan dan pencatatannya. Sekarang, ada PAYFAZZ BUKU yang siap menemani kamu untuk mengatur keuangan bisnis!