Tips Kelola Keuangan Untuk Generasi Sandwich

By Ihsan Ihsan - October 6, 2021

Apakah kamu sedang bertanggung jawab atas keuangan dari tiga generasi, dirimu, orang tuamu dan keluarga kecilmu sendiri? Jika iya, maka kamu termasuk dalam golongan generasi sandwich. Mereka yang berada dalam golongan ini biasanya bekerja lebih keras karena harus memenuhi kebutuhan finansial banyak pihak. Sebagian ada yang terbebani dengan titel ini, menjalani dengan berat hati tapi ada juga yang tidak memiliki pilihan lain lagi. Apapun itu, salut untuk dirimu yang termasuk generasi sandwich.

Tak hanya mesti kerja keras dan cerdas agar dapat menghasilkan uang yang lebih banyak, kamu juga perlu tahu cara mengelola uang yang baik. Sebab seberapa banyak pendapatmu jika tidak dikelola dengan baik akhirnya akan boncos juga. Tidak ingin dong yang seperti itu terjadi? Maka lakukan beberapa tips ini.

Mengetahui aset dan utang

Sebelum mengatur keuangan, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa aset dan utang yang dimiliki. Dengan mengetahui keduanya, kamu bisa menyelesaikan utang terlebih dahulu. Sehingga di kemudian hari ini tidak menjadi tambahan beban pikiran. Selain itu, kamu juga mesti paham apa saja aset yang dimiliki, harus dipertahankan atau dilepaskan. Dengan adanya aset, kamu bisa merasa sedikit aman.

Menentukan prioritas keuangan

Karena ada dua generasi lain yang mesti kamu tanggung, maka kamu perlu tahu apa saja kebutuhan utama mereka. Misalnya, untuk orang tua kamu perlu mempersiapkan dana pensiun atau asuransi kesehatan selain itu ada biaya pendidikan sekolah untuk anak. Dengan menentukan prioritas, kamu bisa menentukan juga jumlah yang mesti kamu masukkan ke dalam pos tersebut.

Tetap punya dana darurat

Menyiapkan dana darurat wajib dilakukan apalagi untuk kamu generasi sandwich. Sebab selain untuk kebutuhanmu dan keluargamu, kamu juga harus bersiap untuk hal darurat yang mungkin terjadi pada orang tuamu. Untuk menyisihkan dana darurat, kamu perlu menganggarkan dari sebagian kecil pendapatanmu. Jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan jumlah kepala yang kamu tanggung. Simpan dana darurat di tabungan yang tak terlalu mudah dijangkau namun bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Menyisihkan pendapatan untuk investasi

Jadi generasi sandwich juga bisa kok punya pos investasi. Sama seperti dana darurat, dana investasi bisa kamu ambil dari pendapatan setiap bulannya. Namun untuk dana investasi biasanya bisa langsung dirupakan produk investasi, seperti emas, saham atau reksadana. Pilih saja produk investasi yang sesuai dengan kemampuan dan cocok dengan profil keuanganmu.

Berhemat dengan tinggal satu atap

Jika nyaman dan diperlukan, tinggal satu atap bisa menjadi salah satu tips untuk berhemat dalam hal keuangan. Tentu saja, ini telah melewati pertimbangan faktor kenyamanan semua pihak. Dengan tinggal satu atap, kamu bisa melakukan penghematan seperti biaya belanja bulanan, tagihan listrik sampai internet. Selain itu, kamu juga bisa berhemat biaya transportasi. Intinya, pertimbangkan untuk tinggal satu atap demi menekan biaya pengeluaran rutin.

Terus terang tentang kondisi keuangan

Generasi sandwich bisa dibilang memiliki beban yang berat sehingga bisa rawan stres dan menyebabkan kacau dalam keuangan. Oleh karena itu, penting untuk berterus terang tentang kondisi keuanganmu pada mereka yang menjadi tanggunganmu. Tujuannya adalah agar tidak ada salah paham dan timbul pengertian pada situasi yang ada.

Pertimbangkan untuk punya bisnis sampingan

Kalau pekerjaan utama cukup untuk memenuhi kebutuhan prioritas saja, kamu perlu mulai mempertimbangkan untuk punya bisnis sampingan. Pilih bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah tanpa terikat waktu, tapi tetap membawa hasil yang lumayan untuk pemasukan. Misalnya dengan menjadi agen PAYFAZZ Master. Ini adalah bisnis sampingan yang berkaitan dengan pembayaran tagihan dan pembelian pulsa, paket data hingga token PLN. Bisnis ini mudah dijalankan tapi dibutuhkan oleh semua orang sehingga pasti menguntungkan.

Menjadi generasi sandwich memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti tidak ada cara yang nyaman untuk menjalaninya. Dengan mengetahui tips-tips di atas, semoga kamu yang sedang menjadi generasi sandwich bisa mengatur keuangan jadi lebih baik. Sehingga semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan optimal.