Trik Emak-Emak Untuk Hemat Biaya Tagihan Listrik

By Ihsan Ihsan - October 5, 2021

Dalam setiap rumah tangga, yang biasanya memegang kendali akan keuangan adalah istri atau ibu. Tidak heran kalau mereka sering disebut dengan menteri keuangan, bendahara atau dompetnya keluarga. Istri atau ibu, sering juga disebut emak-emak, tentu memiliki trik berbeda-beda dalam mengatur biaya bulanan termasuk juga untuk kebutuhan listrik. Tujuannya pastilah sama, ingin bisa hemat biaya tagihan listrik tapi kebutuhan listrik tetap terpenuhi. Memang bisa?

Bisa kok kalau kamu melakukan beberapa trik emak-emak untuk hemat biaya tagihan listrik berikut ini. Coba deh mulai praktekkan, siapa tahu bulan depan tagihan listrikmu tak lagi membengkak.

Mengubah cara pakai rice cooker

Suami dan anak lebih suka nasi hangat saat makan? Wah apakah artinya rice cooker harus menyala seharian? Tidak loh. Ada trik mengubah cara pakai rice cooker ala emak-emak yang bisa kamu praktekkan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menyalakan rice cooker seharian atau dalam jangka waktu lama sehingga menghabiskan listrik yang banyak. Caranya adalah:

  • Merendam beras semalaman sebelum dimasak

Tujuan merendam beras ini ternyata tak hanya membuat nasi jadi pulen tapi juga bikin beras jadi mengembang. Sehingga nanti ketika dinanak menggunakan rice cooker tidak butuh waktu yang terlalu lama. Hemat waktu, hemat listrik juga.

  • Pakai air panas untuk menanak

Dengan menggunakan air panas untuk menanak nasi, beban rice cooker akan berkurang. Sehingga energi yang dibutuhkan lebih sedikit dan listrik yang dipakai pun tak perlu banyak. Coba deh ganti air biasa dengan air panas saat kamu akan memasak nasi.

  • Membersihkan rice cooker secara rutin

Ternyata membersihkan secara rutin tak hanya membuat nasi tidak gampang bau tapi juga menghemat listrik. Dengan piranti yang bersih, rice cooker bisa bekerja lebih efisien dan tidak ngoyo. Berbeda dengan rice cooker yang tungku dan tutupnya sudah kotor atau penuh dengan kerak atau uap nasi.

Mengganti lampu dengan LED

Coba sekarang kamu hitung, ada berapa lampu yang ada di rumah? Kalikan dengan daya yang dipakai, wah ternyata banyak juga ya. Lampu memang terlihat kecil, sepele tapi memakan daya listrik yang cukup lumayan. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengganti lampu dengan LED. Sebab ada beberapa kelebihan seperti:

  • Lebih hemat energi karena panasnya lebih rendah
  • Ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri
  • Lebih hemat dan tahan lama dari lampu halogen

Menggunakan AC lebih bijak

Di beberapa daerah, siang hari memang terasa lebih panas sehingga butuh AC saat beraktivitas. Sayangnya ternyata selama ini kita memakai AC dengan cara yang tidak bijak. Padahal ini bisa bikin tagihan listrik membengkak loh. Coba deh mulai kebiasaan ini:

  • Tidak meninggalkan AC menyala ketika tidak ada orang
  • Mulai menggunakan fitur pengatur waktu
  • Membersihkan AC secara rutin
  • Tidak terlalu sering menggunakan suhu tinggi saat tidak terlalu dibutuhkan
  • Mengganti filter AC secara rutin

Itu dia beberapa cara agar tagihan listrik di rumah bisa lebih hemat. Cara-cara ini biasa dilakukan oleh para emak-emak tapi bisa juga kok kamu praktekkan di rumah. Selain itu, jangan lupa juga untuk cek tagihan listrik secara berkala agar tahu berapa pengeluaran rata-rata untuk listrik. Atau berapa token PLN yang mesti kamu beli setiap bulannya.