Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Peluang usaha kadang bisa muncul dari mana saja, termasuk salah satunya adalah melalui digital alias online. Sekarang ini begitu banyak yang

Peluang usaha kadang bisa muncul dari mana saja, termasuk salah satunya adalah melalui digital alias online. Sekarang ini begitu banyak yang bisa dilakukan di platform digital dan bisa membawa keuntungan secara finansial. Usahanya sendiri tidak terbatas pada jualan saja lho tapi hal-hal lain yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya.

Hal yang menjadi pertanyaan selanjutnya tentu saja adalah bisnis online seperti apa yang bisa dilakukan. Memilih bisnis yang tepat tergantung juga kepada kita yang akan melakukan, tak hanya dilihat dari minat tapi juga modal serta model bisnisnya seperti apa.

Enaknya bisnis berbasis online adalah karena fleksibilitas, tak hanya dari sisi modal tapi juga pengerjaan. Bahkan untuk beberapa jenis usaha bisa dilakukan dari rumah dengan berbekal smartphone di tangan. Lalu jenis bisnis berbasis online apa saja yang populer di 2021 ini? Cari tahu lewat ulasan berikut.

Peluang Usaha Jual Beli Pulsa Secara Online

Bisnis jual beli pulsa memang sangat banyak yang melakukannya, karena kesempatan untuk terjualnya pun juga sangat besar. Peluang usaha ini bisa kamu jalankan dari mana saja, bahkan bisa juga secara online. Tentu saja, pelanggan mentransfer sejumlah uang untuk bisa mendapatkan pulsa darimu.

Peluang usaha jual pulsa online
Jual pulsa online

Namun, bisa juga kamu pasarkan pada orang sekitar seperti teman, tetangga, dan keluarga. Selain itu juga bisa ditambah dengan bisnis paket data internet yang juga sangat laris. Bisnis ini tak kan pernah ada matinya, karena hampir setiap lapisan masyarakat membutuhkan pulsa dan internet.

Payfazz adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berjualan pulsa. Caranya sendiri sangat mudah, cukup download aplikasinya kemudian daftar. Setelah itu kamu tinggal isi saldo dan bisa mulai berjualan pulsamu sendiri. Tak hanya pulsa, di aplikasi Payfazz juga tersedia paket data lho.

Membuka Jualan Makanan Ringan

Contoh Peluang usaha satu ini tak kan pernah sepi oleh para pembeli, karena setiap orang membutuhkan camilan untuk menemani waktu bekerja maupun waktu santai mereka. Jadi, tingkat keberhasilannya pun cukup besar dan kamu bisa meraup keuntungan yang banyak.

Peluang usaha berjualan makanan ringan
Bisnis makanan ringan

Bahkan peluang usaha makanan ini sangat cocok jika kamu tak memiliki modal besar, karena kamu bisa membeli camilan kiloan dan melakukan re-pack dengan bungkus yang sudah kamu siapkan. Hingga kini sudah ada bungkus makanan ringan dengan berat 150 gr, 250 gr, 500 gr dan lain-lain.

Ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan jika ingin membuka peluang usaha satu ini. Dengan memperhatikan tips di bawah, maka kemungkinan usaha makanan ringan yang kamu geluti akan selalu diminati oleh orang banyak, berikut ini tipsnya:

  • Mencari supplier makanan ringan yang sudah terkenal dan terpercaya.
  • Memastikan bahwa setiap makanan yang dijual belum habis masa kadaluarsanya.
  • Membungkus camilan tersebut dengan semenarik mungkin, bila perlu buat nama toko online-mu sendiri di bungkus tersebut agar semakin terlihat profesional.
  • Selalu berikan pelayanan terbaik kepada pembeli, dan jangan emosi apabila ada komplain terjadi. Sikapi semuanya dengan kepala dingin agar penilaian tokomu semakin baik.

Nah, jika kamu bingung cara membuat atau membangun toko online, maka Payfazz bisa jadi jawaban kegundahanmu. Pasalnya dalam aplikasi Payfazz ada fitur bernama Alat Warung. Di sini kamu bisa melakukan apapun terkait mengelola warung online milikmu. Mulai dari mencatat utang, kasir warung, atur harga jual, hingga mendeteksi agen terdekat untuk keperluan stok barang. Semuanya berada di dalam satu aplikasi yang menyenangkan ini.

PPOB yang Menawarkan Keuntungan Menggiurkan

Tak hanya pulsa, PPOB adalah bisnis online yang cukup menggiurkan untuk ditekuni. Alasan utamanya tentu karena kemudahannya serta hampir semua orang punya kebutuhan untuk membayar tagihannya, entah itu listrik, air, internet, TV kabel, dan lain sebagainya. PPOB juga bisa melayani tagihan cicilan misalnya bahkan untuk membayar BPJS. Dengan segala kemudahan dan keuntungannya, bisnis PPOB ini bisa dibilang peluang usaha 2021 paling diminati.

Peluang bisnis pembayaran PPOB
Pembayaran PPOB Payfazz

Tentang aplikasi yang bisa mengakomodir pembayaran PPOB, tentu saja Payfazz juga bisa melakukannya. Di sini tersedia hampir semua tagihan, mulai dari PDAM, PGN (Perusahaan Gas Negara), Telkom, multifinance, BPJS, hingga TV berlangganan. Caranya pun sangat mudah, cukup masuk aplikasinya, scroll bagian Pascabayar, lalu tinggal pilih tagihan yang ingin dibayar. Begitu cepat dan mudah.

Menjalankan Bisnis Dropship

Di era serba digital saat ini peluang usaha online paling mudah dijalankan ialah sebagai dropshipper. Kamu tak perlu melakukan pengiriman barang maupun stok produk, beda halnya dengan reseller. Dropship bisa dijalankan tanpa modal sama sekali, asalkan kamu bisa memilih supplier yang tepat.

peluang usaha dropship
Usaha dropship

Memulai bisnis dropship pun bisa dengan produk apa saja, mulai dari pakaian, buku, produk kerajinan, hijab, sepatu dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mencari mana produk yang cocok untuk kamu jual, dan sesuaikan dengan target pasar yang ada di sekitarmu.

Meski tanpa modal sekalipun, peluang usaha ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan saja. Agar bisnis dropship dapat berjalan lancar, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan ketika menjalankannya seperti misalnya saja:

  • Mencari supplier terpercaya, karena jika tidak terpercaya dikhawatirkan kamu akan ditipu dan supplier tersebut bisa saja membawa kabur semua uang yang kamu setorkan.
  • Memiliki rekening pribadi untuk melakukan transaksi.
  • Rajin memposting produk dan ramah terhadap setiap pertanyaan yang diajukan pembeli.
  • Jangan ambil keuntungan terlalu banyak di awal-awal, karena kamu masih baru sekali merintis bisnisnya. Ambil keuntungan secukupnya, karena kamu juga harus bersaing dengan produk-produk lain di luar sana.

Peluang Usaha Membuat Cerpen Digital

Bagi kamu yang suka bercerita melalui tulisan, mungkin ada satu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Hal ini tak lain adalah membuat cerpen novel yang ditayangkan secara online. Ada banyak platform untuk menaruh novel atau cerpen. Bahkan kalau mau kita juga bisa meletakkannya di web atau blog milik kita.

peluang usaha membuat cerpen online
Membuat cerpen

Kemudian langkah untuk mendapatkan keuntungannya ada beberapa jalan. Misalnya dengan mengikutkan tulisan kita ke berbagai kompetisi online, atau bisa juga dimasukkan ke dalam platform lain yang sistemnya komisi. Bagi yang punya begitu banyak inspirasi soal cerita, peluang usaha ini bisa coba dijalani. Setidaknya sebagai hobi.

Membuka Kursus Secara Online

Kursus online bisa dilakukan dengan mudah, apalagi saat pandemi sekarang. Jika kamu punya keahlian di bidang pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris, Jepang, matematika dan sejenisnya, maka bisa mencoba membuka peluang usaha ini. Kamu hanya butuh gadget dan juga jaringan stabil untuk memulainya.

peluang usaha kursus online
Kursus online

Tapi bukan hanya dalam bidang pelajaran saja, nyatanya saat ini banyak pula yang membuka kursus di bidang lain seperti menjahit, merajut, desain dan sebagainya. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan apa yang kamu kuasai.

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat sebuah kerajinan tangan bukan hal mudah, itulah kenapa setiap karya seni hasil buatan tangan selalu dihargai mahal. Karena dalam prosesnya sendiri tidak segampang yang dipikirkan oleh banyak orang. Maka dari itu, peluang usaha ini bisa juga kamu jadikan sebagai kesempatan.

Usaha kerajinan tangan

Terutama jika kamu memang senang membuat kerajinan dari bahan tertentu, jangan hanya dinikmati saja dan cobalah untuk memasarkannya secara online. Pastinya tidak mudah mencari pembeli, tapi jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menyerah.

Peluang usaha rumahan ini bisa dibuat dari bahan apa saja seperti botol plastik, kain perca, ban bekas, dan barang-barang lain yang sekiranya tidak terpakai. Memulainya juga bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim, asalkan kamu fokus dalam menjalankannya.

Membuka Catering

Memiliki hobi masak dan bisa menghidangkan makanan yang lezat? Mungkin bisnis satu ini bisa jadi solusi untuk masalah keuanganmu. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai peluang usaha bagi orang lain. Sebab, pastinya kamu akan membutuhkan sejumlah bantuan untuk menyelesaikannya.

peluang usaha membuka catering
Usaha katering

Sebagai langkah awal tak perlu banyak merekrut pegawai, cukup dengan meminta bantuan dari orang sekitar saja. Barulah jika sudah berkembang dan memiliki banyak pesanan, kamu bisa mempertimbangkan untuk merekrut banyak pegawai.

Ada kiat-kiat khusus agar peluang usaha catering yang kamu jalani bisa laris dan dipesan oleh banyak orang. Apalagi di eranya media sosial saat ini di mana menjangkau target pasar semakin mudah. Berikut adalah kiat khusus untuk kamu jalani:

  • Melakukan riset pasar terlebih dahulu.
  • Menentukan jenis catering apa yang akan kamu buat.
  • Rajin melakukan interaksi di media sosial.
  • Memberikan hidangan terbaik dengan bahan berkualitas.
  • Menjaga ke-higienisan dari makanan tersebut.

Mencoba Sebagai Penulis Artikel

Menjadi seorang penulis bukan hal mudah, apalagi jika sebelumnya tak ada pengalaman sama sekali. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencoba peluang usaha satu ini. Kamu bisa tetap mencobanya asal mau belajar baik secara otodidak maupun langsung dari ahlinya.

peluang usaha penulis artikel
Penulis artikel

Hampir setiap harinya lowongan untuk penulis artikel baik SEO maupun non SEO selalu ada. Sehingga kamu bisa menjadikan hal ini kesempatan untuk bisa menambah penghasilan. Tapi tentu saja sebelum itu kamu harus belajar dulu tentang tata cara penulisan yang baik dan benar.

Karena belajar menulis artikel yang rapi dan relevan tidak bisa instan. Ada serangkaian proses yang mesti dijalani. Jika sudah menjadi seorang profesional, barulah kamu bisa mengembangkan bisnis ini dan mencari sebanyak mungkin klien.

Terjun di Makanan Sehat yang Sedang Populer

Selain catering, kamu juga bisa mencoba peluang usaha makanan sehat yang mana sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Khususnya para karyawan kantor atau ibu-ibu rumah tangga yang tak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Bisnis makanan sehat

Ada beragam jenis makanan sehat yang dapat kamu kreasikan mulai dari bahan makanan organik, snack sehat, sushi fruits, pumpkin cookies hingga makanan untuk vegetarian dan makanan untuk diet. Kamu bisa pilih mana saja yang sesuai dengan keahlian.

Untuk mulai mengembangkan sebuah bisnis, memang kamu harus menguasai ilmunya. Tapi sebelum menjalani peluang usaha ini, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan yakni:

  • Memperhatikan kualitas dari bahan-bahan yang dipakai.
  • Mempelajari tentang hitungan kalori dan gizi pada setiap makanan.
  • Menyediakan jasa pesan antar sehingga dapat memudahkan konsumen.
  • Sering-sering meng-update media sosial dan memberikan testimoni agar banyak yang tertarik serta percaya untuk memesan makananmu.

Menggeluti Bidang Tanaman Hias

Seperti yang terjadi saat pandemi saat ini, tanaman hias begitu banyak peminatnya di kalangan masyarakat. Bahkan untuk harganya sendiri bisa mencapai jutaan untuk satu tanaman saja. Peluang usaha ini sangat cocok bagi para pecinta tanaman yang bingung mau membuka bisnis apa.

Usaha tanaman hias

Baru-baru ini heboh tanaman janda bolong dan juga keladi yang harganya melonjak naik di pasaran. Bahkan untuk janda bolong ini pernah dijual dengan harga 85 ribu untuk yang paling kecil dan 15 jutaan untuk yang sudah bagus. Sangat fantastis, bukan?

Memulai usaha tanaman dari nol mungkin akan sangat sulit, sehingga kamu harus melakukan beberapa langkah di bawah ini supaya usahamu semakin berkembang dan semakin maju antara lain seperti:

  • Menyiapkan modal cukup untuk membeli tanaman dan segala pernak perniknya.
  • Membuat akun media sosial untuk promosi.
  • Melakukan riset pasar tentang tanaman apa saja yang sedang diminati.
  • Memberikan harga masuk akal dan tidak terlalu mahal.

Membuka Reseller Pakaian

Peluang usaha reseller membuat kamu harus menyetok dan mengirimkan barang kepada konsumen, beda halnya dengan bisnis dropship. Meski begitu banyak sekali yang berminat dengan usaha minim modal satu ini karena keuntungannya juga tidak main-main.

Reseller pakaian

Kebanyakan untuk reseller sendiri yang dijual ialah produk-produk seperti pakaian, perabotan, kosmetik, sandal sepatu dan sejenisnya yang peluang untuk terjualnya sangat besar. Agar bisnis reseller-mu bisa lebih berkembang, kamu bisa menjalankan beberapa step di bawah ini seperti:

  • Memanfaatkan media sosial Instagram, Facebook hingga website dengan baik.
  • Memperhitungkan harga jual di pasaran.
  • Pilih supplier dari tangan pertama, di mana harga yang kamu dapat pastinya akan lebih murah.
  • Melayani calon pembeli dengan baik dan bersikap ramah.

Menggeluti Kue Basah dan Kue Kering Rumahan

Memiliki skill dalam dunia memasak kue bisa kamu manfaatkan untuk membuka peluang usaha kue basah dan kue kering rumahan. Bisnis ini cukup laris, apalagi untuk kue kering saat masa-masa lebaran akan tiba.

Bisnis kue Ramadan

Ada ragam jenis kue yang bisa dibuat seperti nastar, putri salju, kue kacang dan lain-lain. Jika tak memiliki resep lengkapnya, tentu tak perlu cemas, karena di internet selalu ada banyak tutorial yang bisa kamu ikuti. Tinggal pilih saja mana yang sekiranya paling mudah dilakukan.

Memulai peluang usaha kue tidak pernah mudah, butuh proses dan perjuangan yang tidak bisa instan. Adapun beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika ingin sukses memulai bisnis ini adalah:

  • Melakukan perencanaan dengan sangat matang.
  • Menawarkan kue ke toko atau warung terdekat untuk dipasarkan, tidak perlu membuat banyak di awal-awal, secukupnya saja.
  • Membuat sistem pemesanan yang jelas dan membuka orderan lewat online.
  • Pakai bahan-bahan berkualitas bagus dan jaga ke-higienisan dari kue yang dibuat.
  • Memberikan kemasan bagus dan menarik.
  • Selalu menghadirkan sesuatu yang kreatif dan inovatif dalam setiap kue yang dibuat.
  • Ambil keuntungan secara realistis.

Menjadi Blogger

Blogger saat ini bisa dijadikan sebagai profesi, di mana keuntungannya juga tidak bisa dibilang kecil. Apalagi jika blog tersebut sudah terdaftar adsense dan juga memiliki banyak pengunjung, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa brand demi mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Menjadi blogger

Jika produk dari brand tersebut terjual sangat banyak berkat postingan di blog-mu, maka kamu pun akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Tapi memang ada hal-hal yang mesti kamu siapkan jika ingin membuka peluang usaha sebagai blogger.

Beberapa kunci menjadi seorang blogger yang sukses dan harus kamu terapkan seperti, meningkatkan kemampuan menulis yang baik dan benar, konsisten meng-update konten, bergabung dengan komunitas blogger di media sosial hingga kreatif dalam menghadirkan konten yang menarik.

Bisa juga Menjadi YouTuber

Selain peluang usaha di atas, kamu juga bisa mencoba jadi seorang YouTuber. Apalagi jika kamu termasuk salah satu orang yang percaya diri berada di depan kamera. Penghasilan seorang YouTuber ini tidak bisa dibilang remeh, karena jika ditekuni dengan baik hasilnya pun sangat besar.

Menjadi blogger

Contoh saja seperti Atta Halilintar yang dinobatkan sebagai King of YouTube Asia Pasifik, di mana penghasilannya kini bisa ratusan juta hingga miliaran rupiah hanya dari konten yang ia update. Belum lagi jika menilik dari segala usaha di dunia nyata yang ia kembangkan.

Untuk menjadi seorang YouTuber, ada step by step yang mesti kamu jalani, terutama jika kamu ingin sukses dalam usaha ini. Berikut adalah langkah-langkah menjadi YouTuber terkenal:

  • Percaya diri adalah hal paling utama.
  • Tentukan konsep dari channel yang akan kamu kelola.
  • Daftarkan akunmu pada adsense.
  • Suguhkan konten menarik dan tentunya yang berkualitas.
  • Rajin meng-upload video.
  • Beli kebutuhan untuk syuting video.
  • Rajin melakukan promosi di akun media sosial milikmu.

Menawarkan Jasa Mengelola Media Sosial

Kebanyakan bisnis toko online yang sudah memiliki nama membutuhkan jasa untuk mengelola media sosial mereka. Oleh karenanya kamu bisa menawarkan hal ini dan membantu mengelola konten dalam media sosial tersebut. Penghasilan dari peluang usaha ini pun lumayan, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Mengelola media sosial

Ketika memulainya, kamu harus bisa menguasai skill komunikasi dengan warganet yang cukup bagus. Memberikan sapaan khusus pada calon customer hingga harus mampu membuat caption yang bisa mengundang banyak perhatian. Selain itu juga jangan lupa untuk mempelajari tentang perusahaan yang menjadi klien-mu.

Karena jika tidak mempelajari apa-apa tentang perusahaan hingga produk yang dijual, maka kamu akan kesulitan menjalankan bisnis satu ini. Kebingungan konten apa yang perlu dihadirkan dan bagaimana caranya berkomunikasi dengan para pengikut di media sosial tersebut.

Jadi, itulah 15 peluang usaha yang bisa kamu jalankan secara online yang beberapa juga bisa dilakukan secara offline. Dari sekian banyak yang sudah direkomendasikan, kira-kira mana yang paling membuatmu tertarik dan menghasilkan keuntungan besar? Yuk segera buka usahamu sendiri!